CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e692207eaab257ada14e51b/coc-regional--lokasi-wisata--gunung-kaba-curup-rejang-lebong-bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu


Gunung kaba adalah gunung berapi aktif yang terletak di kabupaten rejang lebong, Provinsi bengkulu,indonesia. Dari Kota curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km.

Mulanya, Lokasi disekitar Gunung Kaba merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia. Namun, kini kondisi daerah wisata ini mulai tidak dapat diandalkan sebagaimana tujuan awal dibuat, yakni untuk taman lindung bagi beberapa flora Sumatra, dengan status kawasan menjadi taman wisata alam.

Pada tahun 1999 TWA Bukit Kaba menjadi kawasan IBA (Importan Bird Area) Penting bagi burung.

Gunung dengan ketinggian 1.938 mdpl ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Puncak Gunung ini dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing berwarna hijau dan putih kecoklatan. Terdapat dua buah jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak.

Jalur pertama menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang penuh semak belukar dengan jurang di kanan-kirinya, sedangkan jalur yang lain telah dikeraskan dengan menggunakan aspal. Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak adalah 2-3 jam perjalanan.

Pos jaga Pendakian dikelola oleh Pokdarwis (KelompoK Sadar Wisata) Bukit kaba yang merupakan organisasi yang berdiri sejak tahun 2000 yang di kelola oleh warga desa Sumber Urib bekerjasama dengan BKSDA Bengkulu sebagai pemangku kawasan TWA.

Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu berencana akan membuka jalur pendakian baru Taman Wisata Alam Bukit Kaba di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Resor Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba I Wilayah Rejang Lebong, M Nurdin saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu mengatakan pembukaan jalur baru ini akan dilakukan dari kawasan Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang.

"Rencana pembukaan jalur baru ke kawasan TWA Bukit Kaba ini setelah ada pihak swasta yang mengajukan izin usaha jasa pariwisata yaitu pihak dari PT Bukit Bintang Jipang salah satu penyedia objek wisata alam di Kabupaten Rejang Lebong," katanya.

Dalam proses pembukaan jalur baru ini, katanya, tim dari BKSDA Bengkulu sudah melakukan survei dan pengukuran jalur baru menuju kawasan TWA Bukit Kaba termasuk ke puncak Bukit Kaba.

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan tim beberapa waktu lalu diketahui jika jalur ini merupakan jalur yang sudah ada sejak lama dan kerap digunakan masyarakat untuk keluar masuk kawasan TWA Bukit Kaba.

"Jalur ini ternyata memang sudah lama digunakan masyarakat untuk masuk ke TWA Bukit Kaba. Untuk jalur resmi masuk ke TWA Bukit Kaba saat ini hanya dari Desa Sumber Urip," katanya.

Dari survei lapangan, katanya, juga  diketahui jika jalur yang akan dibuka ini lebih landai dibandingkan jalur resmi di Desa Sumber Urip. Kemudian dari jalur baru yang pintu masuknya dari kawasan wisata Bukit Bintang Jipang ini jika ingin menuju danau kering cuma berjarak 2 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

"Dari Danau Kering ini jika kita akan ke kiri menuju puncak Bukit Kaba bisa ditempuh sekitar 2 jam. Kemudian jika ke kanan menuju ke Air Terjun Bidadari dengan jarak tempuh sekitar 2,7 KM dan ke kawah Bukit Hitam sekitar 3 KM," tambah dia.

Pada jalur baru ini jarak tempuhnya lebing singkat, juga ada beberapa potensi wisata yang bisa dikembangkan seperti Air Terjun Bidadari, danau kering, padang savana dan kawah Bukit Hitam masih ada beberapa air terjun lainnya.

Rencana pembukaan jalur baru ke TWA Bukit Kaba ini walaupun baru sebatas usulan, namun diperkirakan akan disetujui karena jalurnya sudah ada sehingga nantinya akan memudahkan pendataan pengunjung yang masuk ke kawasan TWA Bukit Kaba, demikian M Nurdin.

Jika anda berada di Kota Bengkulu dan akan menggunakan kendaraan umum, anda bisa menuju Terminal Panorama untuk mencari angkutan tujuan Kota Curup dengan ongkos sekitar Rp 20.000. Tiba di terminal kota curup anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kembali naik angkutan desa tujuan desa sumber bening dan berhenti di persimpangan jalan Bukit Kaba . Ongkosnya sekitar Rp 7.000 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar satu jam.

Dari sini ada beberapa alternatif transportasi yang bisa anda gunakan untuk melanjutkan perjalanan menuju Posko Pokdarwis (kelompok sadar wisata). Mulai pukul 08.00-16.00 wib anda bisa naik angdes dengan membayar ongkos Rp 5.000 atau naik ojek dengan ongkos Rp 15.000. Jika lewat dari jam tersebut maka angkutan sudah tidak ada lagi yang berarti mengharuskan anda berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar delapan Kilometer.

Tiba di posko pokdarwis anda dapat bermalam terlebih dahulu ataupun langsung memulai pendakian. Posko ini merupakan titik awal anda melakukan pendakian, disini pula anda harus melakukan registrasi sebelum mulai mendaki.

Rute menuju Bukit Kaba pun sudah terarah meliputi dua jalur, yakni yang pertama jalur tanah yang biasa digunakan untuk trekking dan kedua jalur aspal yang bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atau empat. Untuk itu kebanyakan mereka yang datang akan melalui jalur kedua yaitu jalur pintu rimba. Jalur ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak selama kurang lebih dua jam.

Sebelum mendaki, terlebih dahulu ada retribusi Rp 2.500 per orang yang harus dibayar di pos Pokdarwis. Di sini pula Anda bisa menyewa ojek seharga Rp80.000 untuk naik turun bukit, anggota Pokdarwis juga membuka katering makanan bungkus bagi Anda yang ingin berkemah.

Saat memulai pendakian anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau kebun sayur milik penduduk setempat serta melintasi sungai kecil yang airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Walaupun kondisi jalur yang anda lalui cukup terjal namun semua itu akan terbayar dengan suasana alam yang bisa anda rasakan. Saat melintasi vegetasi hutan hujan tropis yang rapat, anda akan dihadirkan dengan suasana hutan yang sejuk dan asri. Belum lagi suara kicauan burung yang akan senantiasa terdengar, dijamin akan membuat pendakian anda terasa menyenangkan. Jika beruntung, anda juga dapat melihat sekumpulan siamang dari atas pepohonan. Siamang ini tidak akan mengganggu, jadi anda tidak perlu khawatir.

Semakin keatas vegetasi pepohonan akan semakin merendah, itu berarti perjalanan anda sudah semakin dekat dengan lokasi camping tempat anda mendirikan tenda nantinya. Tempat itu ditandai dengan sebuah bangunan berbentuk kubah yang difungsikan sebagai tempat pemantauan aktivitas gunung berapi.

Disini terdapat sumber air yang bisa anda temukan beberapa meter dari sisi kanan dan kiri kubah. Pemandangan dari sini cukup terbuka luas. Jika malam cerah, anda bisa menikmati pemandangan langit cantik yang bertabur bintang. Dari kejauhan akan terlihat pula kerlip lampu Kota Curup. Dijamin akan membuat malam anda terasa damai dan menyenangkan. Satu lagi momen yang biasanya ditunggu setiap pendaki, yaitu menyaksikan panorama sunset dan sunrise yang tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Selanjutnya dari sini anda dapat hiking meneruskan perjalanan. Ada dua jalur yang bisa anda gunakan yaitu jalur ke kanan yang akan menuju ke puncak bukit dan tangga seribu. Disini anda dapat menikmati panorama kawah dari atas bukit. Jalur lainnya adalah ke kiri yang akan mengantar anda turun mendekati kawah hidup dan kawah mati. Jika anda menempuh jalur kiri sebaiknya siapkan masker karena bau belerang akan terasa sangat menyengat.

BENGKULU tak melulu soal pantai dengan pasir putihnya yang indah seperti di Pantai Panjang. Tahukah bahwa Bengkulu masih menyimpan sejuta pesona alam yang sayang jika dilewatkan? Seabrek pemandangan indah menanti dieksplorasi oleh wisatawan ketika mengunjungi Bengkulu.

Salah satu destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi adalah Bukit Kaba. Destinasi ini sebenarnya merupakan gunung berapi yang masih aktif dan masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam tempat konservasi bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Dengan ketinggian 1.937 mdpl, para wisatawan yang menyukai alam dan pendakian pasti akan menyukainya.

Bagi para pemula pun dapat dengan mudah mencapai puncak bukit ini. Dari atas bukit terlihat kawah hidup dan kawah mati. Terdapat sejumlah spot yang bisa digunakan untuk berswafoto dari atas bukit Kaba. Pemandangan lainnya adalah hutan tropis, perkebunan, dan camping ground. Bahkan, di atas bukit para wisatawan dapat menikmati matahari terbit ataupun matahari tenggelam sambil menyeruput secangkir kopi.

Kamus Wikipedia menyebutkan, Gunung Kaba atau yang lebih dikenal dengan Bukit Kaba adalah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Obyek wisata ini merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia. Kini status Bukit Kaba adalah kawasan taman wisata alam. Boleh dibilang, Gubung Kaba menyuguhkan pemandangan yang eksotis.

Puncak gunung ini dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing berwarna hijau dan putih kecoklatan. Untuk menempuh puncak, terdapat dua buah jalur yang dapat ditempuh. Jalur pertama menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang penuh semak belukar dengan jurang di kanan-kirinya, sedangkan jalur yang lain telah dikeraskan dengan menggunakan aspal.

Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak berkisar 2-3 jam perjalanan. Di Bukit Kaba, para sahabat traveler dan wisatawan bisa menikmati pesona alam yang indah yang mampu menghipnotis para pengunjung. Hamparan hijau bukit membuat yang melihat takjub dan serasa ingin terus menatap, bahkan ada keinginan memeluk alam bukit selamanya. Tak jarang, wisatawan yang menyukai alam pegunungan enggan berajak dari peraduan, karena ingin menikmati pesona alam bukit Kaba nan cantik ini. Apalagi pada saat libur akhir pekan, banyak wisatawan yang sengaja membuat tenda untuk menginap dan ingin menikmati keindahan alam disini.


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Gunung Kaba Curup Rejang Lebong Bengkulu

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kaba

https://m.antaranews.com/berita/9935...n-dibuka-bksda

https://ksmtour.com/informasi/tempat...ng-cantik.html

https://investor.id/lifestyle/menikm...ona-bukit-kaba
Diubah oleh zigzakzer


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di