CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e690349af7e93390f05c674/psi-protes-rencana-anies-naikan-sewa-teater-tim-100-persen

PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen

PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen

Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memprotes rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaikkan harga sewa gedung teater di Taman Ismail Marzuki (TIM). PSI mengingatkan bahwa keberadaan TIM harus mengedepankan aspek kebudayaan, bukan komersil

Kritik disampaikan Anggota Fraksi PSI Viani Limardi dalam Rapat Paripurna DPRD DKI mengenai Perda Retribusi, Rabu (11/3).

"Sebagai pengingat, Pak Gubernur dalam audiensi dengan Komisi X DPR RI pada 27 Februari 2020 yang secara tegas pernah mengatakan bahwa pengelolaan TIM tidak untuk kepentingan komersial dan akan lebih mengutamakan pemajuan kebudayaan," kata Viani.

PSI menemukan tarif sewa gedung teater TIM naik dua kali lipat dari tarif Perda sebelumnya, yakni Perda nomor 1 tahun 2015 tentang Retribusi Daerah.

Biaya sewa pemakaian gedung teater di hari biasa menurut Perda Nomor 1 Tahun 2015 sebesar Rp30 juta/hari. Sementara dalam rancangan perda baru mencapai Rp60 juta/hari.

"Tidak hanya itu, bahkan dalam raperda ini, tarif pemakaian gedung untuk akhir pekan juga dibedakan, lebih mahal sekitar 25 hingga 50 persen dari hari biasa," ungkap Viani.

"Contohnya, tarif akhir pekan untuk pemakaian gedung teater besar ditetapkan sebesar Rp75 juta/hari. Bukankah ini bentuk komersialisasi TIM?" tambahnya.

Ia juga mengingatkan tentang pengelolaan TIM yang kini sudah diserahkan kepada PT Jakarta Propertindo. Diatur dalam Pergub No 63 Tahun 2019.

Jakpro berhak dalam pengelolaan dan berwenang untuk menyewakan bagian-bagian, area-area, atau ruangan-ruangan yang ada di kawasan PKJ TIM selama 28 tahun.

"Sehingga, segala bentuk penyediaan fasilitas TIM tidak lagi diusahakan oleh Pemprov DKI Jakarta, tapi PT Jakpro. Jadi, Pemprov DKI Jakarta kehilangan legalitas untuk mengenakan tarif retribusi terhadap pemanfaatan TIM," tutup dia.

Anies tidak diam. Dia menjelaskan bahwa retribusi TIM yang rendah selama ini membuat pemakaian gedung tidak berkaitan dengan kesenian atau kebudayaan.

Mengenai potensi seniman sulit menyewa gedung teater lantaran biaya sewa dinaikkan, Anies berjanji bakal membuat mekanisme khusus. Namun, dia belum merinci mekanisme khusus yang dimaksud.

"Bagi seniman dan kegiatan seni akan dibuatkan mekanisme khusus sesuai dengan rekomendasi Dewan Kesenian Jakarta," tutup Anies.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...tim-100-persen

PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen

biarlah gambar ini mewakilkan kata2 ane emoticon-Leh Uga

Akibat kebodohan memilih pemimpinemoticon-Leh UgaPSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 2
Rejeki tidak kemana
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Munafik emang, bilangnya gak dikomersialisasikan
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


pemimpin rasa sales barang bre,murah kog tapi pake embel2 blablabla ttp aja jadi mahalemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan ivanind memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
lidah memang tak bertulang gaes
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 PersenPSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 PersenPSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan extreme78 memberi reputasi
PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
PSI numpang eksis muluemoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
PSI Protes Rencana Anies Naikan Sewa Teater TIM 100 Persen
profile-picture
Moses tambunan memberi reputasi
Jadi pekerja seni jangan cengeng.

Kalo ga mampu sewa TIM, ya udah dudukin trotoar aja pentas disana.

Trotoar jakarta sekarang multifungsi, udah bukan kaya di jaman gubernur penis tai.
profile-picture
Moses tambunan memberi reputasi
harap lapor yg lokasi bisa di cuan kan
siap di recokan wan ssgb emoticon-Wakaka
partai ini cuma ngurusin kebijakan anies
Quote:


Masalahnya burik nya gabener ini lezat banget kalo ga dihantam di depan umum emoticon-Leh Uga
Diubah oleh imba.ruiner
Hajar terus bleh...


emoticon-Wakaka
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
tuh gua bilang juga ape mendingan seniman yg jago jago akting nongkrongnye deket lampu merah , goceng , goban dapetlah bre daripade mahalan bayar nyewanye kaga ada penonton rugi bandar bre
Diubah oleh ThinSkunk
kadrun wa nabut
kata tinggal kata...klo salah yang ditata ulang kata-katanya...
mantapsss...

Gubenur Djakardah nehhh...
Ape lo, ape lo...
Ujung2nya soal cuan emoticon-Ngakak
cara gabener nyekik warganya...


nanti pakai alasan, jaman Pak dhe apa apa mahal...


Wkwkwkwkwkwk
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di