CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68fac328c99124ee64f2ce/coc-regional--lokasi-wisata--pantai-muara-kedurang-perpaduan-air-tawar-dan-asin

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin

Indonesia adalah negeri yang kaya. Tidak hanya kaya akan budayanya saja, melainkan juga kaya akan wisata alamnya. Banyak sekali tempat-tempat indah bermunculan satu-persatu, memghadirkan pesona yang sayang untuk anda lewatkan.

Semakin cepat informasi dan akses jalan yang semakin baik, membuat tempat wisata yang awalnya sepi menjadi ramai dikunjungi. Langsung menjadi viral lantaran bantuan media sosial yang seakan saling melengkapi satu sama lain.

Seperti halnya, saat anda mengunjungi Bengkulu. Dimana, kawasan ini terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya adalah Muara Kedurang yang saat ini cukup hits di kalangan wisatawan.

Jika anda sedang berada di Bengkulu Selatan, anda bisa berefresing sejenak ke Pantai Muara Kedurang. Lokasi Pantai Muara Kedurang tidak jauh dari pusat Kota Manna, ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan. Jika kesulitan menemukan lokasinya, anda cukup bertanya kepada warga sekitar, tentu akan diberi petunjuk arah ke Pantai Muara Kedurang. Namun, bagi anda yang sudah terbiasa dengan teknologi Android, cukup anda buka google map.

Objek wisata Pantai Muara Kedurang menjadi salah satu andalan destinasi wisata di Bengkulu Selatan, selain objek wisata Pantai Pasar Bawah yang terletak di Kota Manna. 

Bedanya, jika Pantai Pasar Bawah penuh dengan fasilitas umum untuk bersantai, jika di Pantai Muara Kedurang, anda akan lebih natural dengan sentuhan alam khas tropis. Pantai ini satu-satunya pantai yang dimana anda juga bisa menikmati juntaian air di bibir muara dipadu dengan pepohonan hijau. Keunikan lainnya dari Pantai Muara Kedurang adalah disini anda bisa melihat pertemuan antara air tawar (darat) dengan air laut.

Pantai Muara Kedurang kini menjadi incaran bagi para pengunjung tentunya para warga sekitar daerah Bengkulu Selatan. Bengkulu Selatan ini sendiri memang memiliki koleksi wisata alam berupa objek wiata pantai yang sangat indah. Salah satu keindahan objek wisatanya adalah Pantai Muara Kerudang.

Panorama dan pesona yang ditampilkan di pantai ini memang begitu indah. Air laut yang tenang dengan warna birunya yang menyejukkan mata. Ditambah dengan cerahnya langit dan berpadu dengan warna langit yang biru yang berhiaskan gerombolan awan putih yang berbentuk abstrak. Merupakan pemandangan yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang berkunjung ke lokasi ini. Kawasan dengan dikelilingi pepohonan hijau menambah kesejukan dan ketenangan. Debur ombak yang silih berganti menerpa tepian pantai sarat akan keindahan dan bagaikan melodi alam yang begitu menenangkan jiwa.

Di Pantai Muara Kedurang, anda juga bisa menikmati pemandian dengan kehijauan air tawar, atau sebaliknya, anda mandi di pantai dan kemudian berbilas di sungainya. Jika bosan di pantainya, anda bisa bersantai juga di sekitar kawasan pantai yang dibawah rindang pohon dan rerumputan.

Masyarakat sekitar menjadikan objek wisata Pantai Muara Kedurang sebagai tempat untuk berakhir pekan. Selain berfoto-foto, masyarakat juga bisa bersantai diatas bebatuan.

Keindahan ini akan mencapai puncaknya dimana saat hari menjelang petang. Kala matahari mulai terbenam di ufuk Barat dan semburat cahaya langit yang berwarnakan kuning kemerahan. Layaknya cermin, air laut pun akan terlihat memantulkan kembali cahaya matahari tersebut. Sungguh momen yang sangat indah dan akan sangat disayangkan jika melewati keindahan alam ini.

Sementara jika liburan Idul Fitri, Pantai Muara Kedurang menjadi salah satu alternatif tujuan pengunjung untuk berekreasi ataupun berswafoto bersama keluarga dan kekasihnya. Selamat mengunjungi.

"Pantainya natural, akan lebih bagus jika pemerintah mulai membangun fasilitas untuk memanjakan pengunjung, misal saja dibangun tempat khusus untuk kuliner dan juga tempat berbilas dan MCK, sehingga ada bentuk perhatian dari pemerintah, selama ini kawasan wisata itu difasilitasi secara swadaya oleh masyarakat sekitar," ungkap Erfina Murliati, gadis Pariwisata Bengkulu Selatan 2013.

Erfina menambahkan, destinasi wisata di Bengkulu Selatan harus digarap secara serius, sehingga nanti akan terjadi integrasi pariwisata dengan kabupaten tetangga, misalnya Kaur. 

Di Kabupaten Kaur memiliki banyak potensi wisata alam dan bahari, jika objek wisata di Bengkulu Selatan ditata dengan baik, maka bisa menjadi saling menguntungkan, pengunjung dari kota yang ingin ke kaur pasti akan mampir sejenak di Pantai Muara Kedurang, maupun Pantai Pasar Bawah, ini namnya pariwisata terintegrasi, saling menunjang dan mendukung, kebanyakan pengunjung objek wisata ingin menghabiskan waktu sehari dengan mengunjungi beberapa objek wisata, ini tren kekinian, sebab pengunjung pasti ingin mengabadikan setiap momen kunjungannya, semakin banyak objek wisata yang dikunjungi, maka mereka akan semakin membantu mempromosikan wisata daerah melalui akun media sosialnya," imbuh Erfina, yang juga pernah aktif sebagai aktivis kampus di PMII.

Selain menyajikan panorama keindahan yang begitu eksotis, pantai ini juga memiliki keindahan lain yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Dimana pantai ini sendiri memiliki muara sungai. Perpaduan antara alam pantai dengan muara sungai inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk objek wisata ini. Di muara sungai ini juga para pengunjung dapat berenang bebas, karena di tempat ini juga telah dijadikan sebagai pemandian alam. Para pengunjung lokasi ini begitu terpesona dengan keindahan dan keunikan pantai ini.

Bagi anda yang masih belum mendengar nama ini, Pantai Muara Kedurang memiliki sebuah keunikan dimana kawasan ini mempunyai dua air sekaligus. Air tawar dan air laut yang tidak banyak dimiliki oleh kawasan lainnya. Selain pesona pantai anda juga akan disuguhkan dengan air terjun nan cantik jelita yang sumber airnya berasal dari Sungai Sebiris.

Ada air kolam alami yang terbentuk dari muara sungai. Air nya cukup bersih dengan pepohonan hijau yang menjulang yang membuat pemandangan menjadi sangat asri. Bercampur dengan pasir yang super lembut membuat air sungai ini tidak terlalu keruh.

Biasanya wisatawan dewasa memanfaatkannya untuk berenang dan melakukan clift jumping dari atas. Airnya cukup dingin namun menyegarkan. Cocok bagi anda yang berkunjung sekitar pukul 10 keatas. Dimana, sinar matahari belum terlalu terik dan masih ramah dengan kulit anda. Tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak pun juga berenang bersenang-senang di tempat ini. Mereka juga bisa menyewa ban yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Pantai ini memang terletak di hilir sungai kedurang. Jika dilihat dari lokasinya yang dekat dengan hilir sungai maka pantai ini bukan hanya sekedar pantai biasa. Di pantai ini para pengunjung dapat menyaksikan keindahan pantai yang berpadu dengan air terjun.

Air terjun yang berada di atas sungai kedurang ini sendir berasal dari aliran Sungai Sebiris  dan bermuara di Pantai Kedurang. Sebelum akhirnya mengalir ke laut, air sungai ini membentuk sebuah kubangan besar bagaikan kolam renang alami. ditepian kolam ini terdapat bebatuan alam yang menambah kelengkapankeindahan yang ditampilkan.

Para pengunjung dapat berenang di kolam ini dengan menggunakan ban yang dapat disewa. Selain itu para pengunjung juga terlihat asik berloncatan dari air terjun menuju ke dasar sungai. Sunagi ini juga memiliki air yang jernih dan menampilkan warna yang sedikit  kehijauan.

Bosan mandi di sungai, anda dapat pindah menuju ke air laut yang asin. Perpaduan antara air asin dan air sungai ini juga dapat dinikmati sekaligus di muara sungai. Air di muara sungai ini juga terbilang cukup dangkal sehingga sangat aman untuk anak-anak berenang di lokasi ini. Dimana air sungai ini akan langsung berpadu dengan air laut. Begitu mengagumkan dan sangat fantastis. Karena hal inilah mengapa pantai ini diberi nama dengan Pantai Muara Kedurang.

Tidak hanya sebagai kawasan pariwisata saja, Pantai Muara kendurang juga sebagai tempat mencari nafkah. Mereka selalu mengharapkan banjir bandang terjadi di kawasan ini dimana beberapa dari mereka bermatapencaharian sebagai pengumpul batu kali. Batu ini sangat besar seukuran kepala orang dewasa.

Objek wisata bahari ini juga sering diramaikan oleh para pengunjung yang sengaja datang untuk menghabiskan waktu berliburnya. Tak hanya pengunjung dari daerah sekitar saja adapula beberapa pengunjung yang memang sengaja datang ke daerah Bengkulu hanya untuk menyaksikan dan membuktikan sendiri keindahan alam yang disajikan di lokasi ini. Keunikan akan perpaduan antara air sungai dan air laut yang mungkin sangat jarang untuk ditemui. Namun sedikit disayangkan karena lokasi ini belum dikelola dengan baik sehingga untuk fasilitas sendiri belum terpenuhi secara maksimal.

Batu ini akan diangkut untuk pembangunan rumah warga. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik lain dari objek wisata ini. Menariknya, para warga disini sangat ramah dan bersahaja. Sehingga, anda tidak akan merasa asing dengan mereka. Bahkan bisa dikatakan mereka seperti saudara anda sendiri.

Pantai Muara Kedurang ini terletak di Jalur Simpang Tiga antara Kota Manna, Jalur Lintas Barat Sumatra serta wilayah Kedurang. Lokasi pantai juga tidak begitu jauh dari Pusat Kota Bengkulu hanya berjarak kurang lebih sekitar 25 km dengan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Pantai ini juga memiliki dua jalur masuk yang pertama di kawasan Desa Tanjung Aur Kecamatan Bunga Mas dan yang satu lagi berada di Desa Lubuk Ladung  Kecamatan Kedurang Ilir. Nah apabila anda melakukan perjalanan dari Kota Manna maka posisi pantai ini berada tepat sebelum Jembatan Kedurang yang berada di Desa Tanjung Aur Kecamatan Bunga Mas dan untuk jalur masuk yang kedua ini berada setelah jembatan yang merupakan Desa Lubuk Ladung.

Kawasan ini juga bisa anda manfaatkan untuk menikmati malam yang dingin. Disini, anda akan dimudahkan dengan berbagai macam kayu dan ranting yang berjatuhan. Sehingga, cukup mudah membuat api unggun di kala malam.

Pantai Muara Kedurang terletak di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Bunga Mas, Dan Desa Lubuk Ladung, Kecamatan Kedurang Ilir. Dengan kata lain, kawasan ini memang sebagai pembatas dua daerah yang berbeda.

Bila anda berasal dari luar pulau sumatera, anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan pesawat terlebih dahulu dan turun di Bandara Fatmawati Soekarno. Jarak yang ditempuh dari tempat ini kurang lebih 141 km atau estimasi waktunya kurang lebih 3 jam 12 menit. Melalui jalan lintas barat sumatera. Untuk harga tiket masuknya anda hanya akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah saja.

Bagi anda yang mengunjungi lokasi ini dengan membawa kendaraan pribadi maka kendaraan anda dapat diparkirkan di tanah milik warga sekitar karena memang kawasan wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai seperti area parkir. Dan hanya bermodalkan kurang lebih sekitar Rp 5.000 anda dapat dengan bebas menikmati keindahan Pantai Muara Kedurang.

Menikmati Pantai Muara Kandang dan Bengkulu memang membutuhkan waktu yang panjang. Bagi anda yang ingin berlama-lama disini, anda wajib menginap di berbagai penginapan yang sudah tersedia disini.

Salah satu rekomendasinya adalah Hotel Marina yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tanjung Mulia, Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Jarak menuju ke titik lokasi hanya 21 menit dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 17,2 kilometer.

Nah, berkunjung ke tempat ini memang tidak boleh sembarangan, anda juga harus melihat faktor cuaca yang kadang tidak bersahabat. Bila sudah mendung, alangkah baiknya menghentikan aktifitas mandi. Karena, kawasan ini tiba-tiba akan terjadi banjir kiriman yang membahayakan. Selain itu, lebih baik bila mempersiapkan semua perbekalan dari rumah, karena disini masih belum ramah untuk warung yang berdiri.

Pesona Bengkulu memang tiada duanya. Tidak kalah dengan pesona yang dihadirkan kota lainnya. Apalagi, Pantai Muara Kedurang ini bisa menjadi sebuah bukti bahwa Bengkulu wajib anda jadikan sebagai daftar kunjungan saat datang liburan atau cuti kerja. Jika mereka sudah, lalu kapan anda akan berkunjung ke tempat ini?



[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pantai Muara Kedurang Perpaduan Air Tawar dan Asin



Sumber : https://www.tempatwisata.pro/wisata/...Muara-Kedurang
Diubah oleh goeinevere


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di