CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68ea5609b5ca28694d71df/coc-regional--lokasi-wisata--keindahan-alam-danau-nibung

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


Mukomuko merupakan sebuah kabupaten paling utara yang ada di Provinsi Bengkulu berbatasan dengan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat & Kabupaten Kerinci provinsi Jambi. Meski terbilang kabupaten Baru namun kini pemerintah Mukomuko sudah mulai giat mengembangkan beberapa pariwisata yang ada dikota Mukomuko. Salah satu objek wisata yang kini menjadi destinasi favorit warga Mukomuko adalah Danau Nibung.

Danau Nibung adalah sebuah danau air rawa yang berada tepat dijalur lintas pusat kota pemerintahan Mukomuko yang menghubungkan Desa Danau Nibung dengan desa SP 6. Untuk mencapai lokasi danau Nibung cukup mudah karena sudah bisa diakses oelh kendaraan roda dua maupun roda empat.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


Dari pusat pemerintahan Mukomuko hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan motor. Namun lokasi Danau Nibung sendiri posisinya berada dikawasan hutan lindung jadi kalian harus keluar jalan raya dan masuk kawasan hutan. Tak perlu khawatir, jalan atau akases kedalam menuju danau nibung sudah bagus dan dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja.

Kabupaten Mukomuko, Provinsi bengkulu, berencana melengkapi fasilitas di obyek wisata daerah tersebut.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun menara pandang untuk melengkapi fasilitas di objek wisata Danau Nibung.

“Salah satu fasilitas yang akan dibangun dalam objek wisata Danau Nibung pada 2020 yakni menara pandang untuk pengunjung yang ingin melihat secara langsung keindahan pemandangan Danau Nibung,”

Danau Nibung kini mulai menampakan keindahanya. Banyak fasilitas umum mulai dibangun oleh pemerintah setempat seperti MCK, area parkir, dinding pembatas, gazebo, spot foto keren, wahana air, kantin hingga tempat ibadah. Lokasinya yang sangat dekat dengan pusat pemerintahan Mukomuko inilah yang membuat Danau Nibung sering didatangi anak muda dan masyarakat sekitarnya terlebih hari libur dan sore hari.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat tahun ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) untuk sektor pariwisata sebesar Rp3,9 miliar, sebagian dana tersebut akan dipakai untuk membangun menara pandang.

Ia menyebutkan, dana yang dibutuhkan untuk kegiatan pembangun menara pandang di objek wisata Danau Nibung sekitar Rp500 juta.

“Rencana kita pembangunannya dalam waktu dekat ini, tetapi tetap kegiatan pembangunan fisik menara berpedoman pada aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah,”.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga saat ini sedang menyusun kerangka acuan kerja (KAK) kemudian membuat harga perkiraan sendiri (HPS) untuk kegiatan pembangunan menara pandang di Danau Nibung.

Setelah selesai membuat KAK dan HPS, selanjutnya Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga mengusulkan lelang paket kegiatan pembangunan menara pandang tersebut. Usulan disampaikan kepada pejabat pengadaan barang dan jasa pemerintah setempat.

Begitu banyak keindahan alam di Indonesia salah satunya adalah danau nibung. Danau yang terletak  di desa ujung pandang , kecamatan mukomuko utara kabupaten mukomuko,provinsi bengkulu ini memiliki kekayaan yang begitu melimpah.Danau nibung sangat nyaman dipandang dan akan membuat Anda betah berlama-lama.

Semakin hari masayarakat di luar kabupaten Mukomuko semakin mengenal objek wisata Danau Nibung yang saat ini sudah menjadi tujuan wisata wisatawan dari dalam kabupaten maupun dari luar kabupaten Mukomuko

Objek wisata yang hanya berjarak 5 Km dari pusat kota Mukomuko saat ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan. Berbagai fasilitas pendukung pun juga telah melengkapi keindahan wisata alam danau nibung.

Di objek wisata ini pengunjung disugukhan dengan pemandangan danau yang alami serta fasilitas pendukung seperti perahu dan jetski untuk berkeliling danau kemudian spot foto yang bermacam dengan gaya kekinian serta unik untuk memanjakan pengunjung.

Robianto salah satu pengunjung mengungkapkan kekagumannya dengan pemandangan alam yang disuguhkan diobjek wisata Danau Nibung ini, meskipun sudah pernah berkunjung namun dirinya merasa selalu ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

“Meskipun sudah pernah kesini namun kami tidak bosan untuk berkunjung lagi kesini karena semakin hari objek wisata ini semakin menarik saja untuk dikunjungi,” jelas Robianto

Ditambahkannya dengan fasilitas pendukung yang ada maka tidak salah bila Danau Nibung ini menjadi salah satu objek wisata andalan dari kabupaten Mukomuko.

“Selain itu kian hari semakin banyak fasilitas pendukung yang dibangun dilokasi wisata ini sehingga membuat para pengunjung semakin dimanja dengan fasilitas yang ada”tutup Robianto.

Keindahan alam Bengkulu Sumatera menjadi daya tarik sendiri bagi suatu daerah tak terkecuali di Kabupaten Mukomuko Bengkulu yang berbatasan langsung dengan propinsi Sumatera Barat. Di wilayah ini terdapat pesona alam yang sangat cocok untuk destinasi wisata, yaitu Danau Nibung. Danau yang terletak di Kelurahan Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko itu kini menjadi salah satu objek wisata kebanggaan masyarakat Mukomuko.

Danau Nibung sendiri adalah sebuah rawa yang berada tepat di jalan lintas pemerintahan Mukomuko. Untuk menuju danau tersebut cukup mudah. Karena Danau Nibung bisa di akses oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dari pusat pemerintahan sendiri bisa di tempuh dalam waktu setengah jam perjalanan.

Karena terletak di kawasan hutan lindung, sesampai disana traveller harus keluar dari jalan raya. Dan masuk ke hutan lindung dengan akses kedalam membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit perjalanan.

Setelah sampai di pinggiran Danau Nibung, traveller akan mengakui begitu nikmatnya keindahan alam Danau Nabung. Disini traveller dapat melepas penat dari pekerjaan dan kesibukan untuk menenagkan pikiran. Traveller juga bisa menyewa perahu dan menikmati berkeliling danau serta menemukan sensasi tersendiri di tengah Danau Nabung.

Selain menikmati pemandangan dan naik ke perahu, traveller juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas umum yang mulai di bangun oleh pemerintah setempat seperti area parkir, diding pembatas, gazebit, spot fiti, wahana air, warung dan tempat ibadah (mushola). Bahkan beberapa vila sudah mulai ada disekitar danau tersbut.. Lokasinya yang sangat dekat dengan pusat pemerintahan Mukomuko inilah yang membuat Danau Nibung sering didatangi anak muda dan masyarakat sekitarnya terlebih hari libur dan sore hari.

Pemerintah Kabupaten mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2020 ini berencana membangun pusat kuliner di kawasan objek wisata Danau Nibung, untuk memperkenalkan produk lokal sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata di daerah itu.

"Salah satu fasilitas yang akan dibangun di objek wisata Danau Nibung 2020 adalah pusat jajanan atau kuliner. Kami akan membangun tiga unit los untuk pedagang yang menjual kuliner dan produk lokal," kata Kepala Dinas Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Apriansyah melalui Kabid Pariwisata Yulia Reni di Mukomuko, dilansir Antara.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat tahun 2020 ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) untuk sektor pariwisata sebesar Rp3,8 miliar, sebagian dana tersebut akan dipakai untuk membangun pusat kuliner itu.

Ia menyebutkan dana sektor pariwisata di daerah ini yang dibutuhkan untuk kegiatan pembangun pusat kuliner berupa tiga unit los untuk pedagang di objek wisata danau nibung sekitar Rp600 juta.

Rencana pembangunannya dalam waktu dekat ini, tetapi tetap kegiatan pembangunan fisik menara tetap berpedoman dengan aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Ia mengatakan bahwa dana alokasi khusus sektor pariwisata sebesar Rp3,8 miliar tersebut tidak hanya untuk kegiatan pembangunan pusat kuliner saja tetapi juga menara pandang, pemasangan lampu taman, pembangunan gazebo, Landskap, lampu taman, tempat ibadah, los dagang dan juga sarana air bersih.

Panorama Alam perbukitan dengan dikelilingi oleh hutan tropis sebagai pemandangan utama danau ini. Selain aktifitas memancing, Anda juga dapat menyaksikan satwa liar, seperti burung. Bagi Anda pencinta “bird watching” dapat berburu foto disini. Walau danau ini ada ditengah rimba raya serta akses ke danau ini sangat sulit, tetapi tidak membuat beberapa wisatawan gentar justru semakin ingin melihat keindahan serta panorama danau ini.

Selain keindahan alam Anda juga akan di manjakan oleh keindahan air nya yang jernih dan bersih. Untuk menuju lokasi danau nibung akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Anda juga bisa menggunakan jalur udara dengan menggunakan pesawat Susi Air. Letaknya di Pusat Kota muko-muko di Kawasan Kantor Bupati, lokasi objek wisata ini mudah dijangkau dan hanya berjarak 6 km dari Kota muko-muko


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


Meski air danau nibung bewarna hitam karena bekas rawa namun keindahanya patut diacungin jempol. Bahkan beberapa villa sudah mulai ada disekitar danau ini. Untuk masuk kedanau nibung masih digratiskan jadi kita hanya bayar parkir saja sebesar 3000-5000 rupiah. Ajak keluargamu menikmati sore dan akhir pekan di danau nibung karena kesunyian dan suasana alam disekitar danau akan membuat kalian betah.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Keindahan Alam Danau Nibung



Sumber : https://backpackerjakarta.com/keinda...muko-bengkulu/
Diubah oleh hanszoe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di