CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pajak Ditanggung Pemerintah, 6 Bulan Bakal Gajian Full!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68e40209b5ca6b0a53fd60/pajak-ditanggung-pemerintah-6-bulan-bakal-gajian-full

Pajak Ditanggung Pemerintah, 6 Bulan Bakal Gajian Full!

Pajak Ditanggung Pemerintah, 6 Bulan Bakal Gajian Full!

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merilis insentif pajak mulai pajak penghasilan (PPh) 21, 22, hingga 25. Pajak-pajak tersebut ditanggung pemerintah selama 6 bulan setelah diluncurkan, yang rencananya April mendatang.
PPh 21 merupakan pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apa pun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi subjek pajak dalam negeri.

"Ya pada dasarnya tadi disampaikan untuk paket-paket stimulus fiskal terdiri atas beberapa hal yang sudah saya sampaikan, tadi yang mencakup mengenai PPh Pasal 21 yang akan ditanggung oleh pemerintah untuk industri," kata dia di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

"Semua paket ini, Pak Menko (Perekonomian) tadi mengharapkan dilakukannya untuk jangka waktu 6 bulan," tambahnya.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan insentif tersebut akan diberikan selama 6 bulan. Setelah itu, akan dievaluasi kembali efektivitasnya.

"Jadi, begitu nanti kita bikin, nanti dalam 6 bulan kita review lagi efeknya seperti apa," tambahnya.

Insentif ini diberikan demi menjaga daya beli masyarakat di tengah gempuran virus Corona (COVID-19). Ekonomi diharapkan kembali bergairah dengan harapan perputaran uang di masyarakat bisa kembali kencang.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-32/PJ/2015, PPh 21 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah honorarium, tunjangan, dan pembayaran lainnya dengan nama dan dalam bentuk apa pun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi sebagai subjek pajak

Menurut UU Pajak Penghasilan (PPh) Nomor 36/ 2008, Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh Pasal 22) adalah bentuk pemotongan atau pemungutan pajak yang dilakukan satu pihak terhadap wajib pajak dan berkaitan dengan kegiatan perdagangan barang.

Sedangkan PPh Pasal 25 adalah wajib pajak baik orang pribadi maupun badan yang memiliki kegiatan usaha diwajibkan membayar angsuran Pajak Penghasilan setiap bulannya.


https://finance.detik.com/berita-eko...13.1541780864

NEGARA LAGI DEFISIT

ADA MAKSUD APA NIH?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 2
Kalau ini ane setuju bre. Penghasilan ane kalau di atas PTKP karena lemburan ga bakal kena potong pajak. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

demi menjaga daya beli masyarakat
Lihat 1 balasan
wah asik dong ga jadi dipotong pajak 6 bulan
Stimulan itu bray, biar aktifitas ekonomi tetap berjalan.
Pph 21 kena hampir 4juta. Harusnya lebih bayar, krn blm rubah data jd terhitung nihil. emoticon-Hammer
Mau rubah data lah, banyak x potongan pajaknya.
Diubah oleh entecavir
mantab.. jokowi memang luar biasa.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Ini jujur saya masih bingung pak, karena Pph 21 itu kan bisa dikreditkan ketika perhitungan Pph 25 untuk badan.

Kalau Pph 21 ditanggung pemerintah, lalu pekerja gajian full, lalu bagaimana pengusaha bisa mengkreditkan Pph 21 untuk dikreditkan di Pph 25?

Pengusaha jadinya bayar Pph 25 tanpa pengkreditan Pph 21 dong?
Diubah oleh juraganind0
Page one
Karena dampak ekonomi lesu makanya dibikin begitu emoticon-Ngacir2
Quote:


Ini pak.. emoticon-Malu (S)

Quote:


Tapi memeang untuk lebih jelasnya.. mesti nunggu aturan PMK terbit dulu.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
juraganind0 memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Lihat 1 balasan
Wow bakalan ditanggung pemerintah? gajian full emoticon-Matabelo
beneran ini ? apa cuma wacana aja?
Terima kasih, Pemerintah. emoticon-Shakehand2
yah lumayan lah 6 bulan emoticon-Imlek
mayan
mantap nih
emoticon-2 Jempol







emoticon-Ngakak (S)
Beneran kacau supply dan demand nya.
Hampir semua industri mengandalkan raw material dari Tiongkok.
Terutama elektronik dan tekstil.

Orderan ngedrop, ditambah raw material gak ada.
Belum lagi harus bayar THR.

Imo, keputusan penghapusan PPh dan penambahan cuti bersama adalah untuk merangsang kenaikan daya beli.
Tapi di sisi lain,
Aktivitas di luar rumah tidak direkomendasikan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Pastinya musim lebaran dan mudik kali ini akan akan menurun drastis, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
emoticon-Turut Berduka

Semoga segera ditemukan solusinya.
sembari vaksinnya diproduksi massal dan corona mereda, stimulan kayak gini emang perlu sih... biar ekonomi gak lesu" amat emoticon-2 Jempol
asik, ditunggu PMKnya
Quote:


Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan insentif tersebut akan diberikan selama 6 bulan. Setelah itu, akan dievaluasi kembali efektivitasnya.


"Jadi, begitu nanti kita bikin, nanti dalam 6 bulan kita review lagi efeknya seperti apa," tambahnya.


Insentif ini diberikan demi menjaga daya beli masyarakat di tengah gempuran virus Corona (COVID-19). Ekonomi diharapkan kembali bergairah dengan harapan perputaran uang di masyarakat bisa kembali kencang.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di