CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Perhatikan Hal Hal Berikut Sebelum Mendirikan PT PMA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68db80b8408845ac455f60/perhatikan-hal-hal-berikut-sebelum-mendirikan-pt-pma

Perhatikan Hal Hal Berikut Sebelum Mendirikan PT PMA

Perhatikan Hal Hal Berikut Sebelum Mendirikan PT PMA
Dijabarkan dalam
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, mengenai  definisi penanaman modal adalah segala bentuk kegiatan menanam modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia.


Hal yang akan lebih diulas kali ini yaitu mengenai Penanaman Modal Asing atau PMA, dimana menurut UU Nomor 25 Tahun 2007Penanaman modal asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri.

Demi memperhatikan kepentingan nasional, Pemerintah memberi perlakuan yang sama bagi penanam modal baik itu penanam modal dari dalam negeri dan penanam modal asing, yang berbentuk badan usaha, badan hukum maupun berbentuk usaha perseorangan. Namun, ketentuan bagi pendirian PMA dalam Undang-Undang diharuskan dalam bentuk Perseroan Terbatas atau PT.

Perhatikan Hal Hal Berikut Sebelum Mendirikan PT PMA

Selain bentukan PMA, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pendiriannya diantaranya adalah Daftar Negatif Investasi atau DNI. Bersumber dari website BKPM, bahwa DNI adalah daftar sektor bisnis yang disusun pemerintah sebagai informasi bagi para calon investor tentang bisnis yang tidak diperbolehkan di Indonesia dan berbagai aturannya, terutama mengenai kepemilikan bersama.

Dibuatnya DNI bertujuan untuk melindungi ekonomi Indonesia, serta untuk memberikan peluang bisnis lebih kepada investor, dan merupakan hal penting bagi investor sebelum membuat perencanaan mendalam mengenai investasi di Indonesia. Pemerintah melalui kebijakan DNI ini memastikan bahwa sektor bisnis, yang terbuka untuk investasi, benar-benar bebas dari hambatan.

Pemerintah berencana akan mengeluarkan DNI terbaru dalam trimester awal 2020, kemudian hal terpenting yang perlu diketahui investor mengenai DNI Indonesia yang terbaru adalah tentang bidang usaha mana yang dibuka dengan persyaratan dan mana yang ditutup sepenuhnya.

Beberapa sektor bisnis yang benar-benar ditutup oleh pemerintah untuk investasi asing serta investasi dalam negeri adalah pertahanan nasional (produksi senjata, mesiu, alat peledak, dan peralatan perang), lingkungan atau kesehatan, pengelolaan terminal darat untuk penumpang, produksi minuman beralkohol, dan pembangunan kasino.

Perhatikan Hal Hal Berikut Sebelum Mendirikan PT PMA

Quote:

Selain DNI, hal yang perlu diperhatikan dalam pendirian PMA adalah tenaga kerja dimana perusahaan berhak menggunakan tenaga ahli warga negara asing untuk jabatan dan keahlian tertentu, namun harus mengutamakan tenaga kerja WNI. Perusahaan pun wajib meningkatkan kompetensi tenaga kerja warga negara Indonesia melalui pelatihan kerja.

Warga negara asing baik yang berstatus sebagai pemodal maupun tenaga kerja dalam sebuah PMA, memperoleh izin tinggal terbatas bagi penanam modal asing selama 2 (dua) tahun, yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi atas dasar rekomendasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Quote:


Sumur: Pendirian PT PMA di Indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di