CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Guru Besar Unpad: Pil Kina atau Ekstrak Kina Terbukti sebagai Pencegah Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68d99e09b5ca272830c27d/guru-besar-unpad-pil-kina-atau-ekstrak-kina-terbukti-sebagai-pencegah-virus-corona

Guru Besar Unpad: Pil Kina atau Ekstrak Kina Terbukti sebagai Pencegah Virus Corona

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kloroquin fosfat yang terkandung dalam ekstrak kulit batang, cabang, dan ranting, pohon kina, terbukti sebagai obat dalam terapi penyembuhan pasien virus corona Covid-19 di Cina.

Kloroquin fosfat dalam pohon kina juga bermanfaat sebagai pencegah virus corona.

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Apt. Keri Lestari, MSi., mengatakan di Indonesia, perkebunan kina terdapat di Jawa Barat.

Selama ini, pohon kina diekstraksi dan dijadikan pil kina oleh Kimia Farma sebagai obat malaria.

"Hasil uji klinik sudah ada dan disampaikan dalam sebuah konferensi pada 15 Februari 2020, bahwa kloroquin bermanfaat untuk mencegah dan mengobati corona virus," kata Keri melalui ponsel, Rabu (11/3/2020).

WHO mencatat hingga Rabu (11/3/2020), corona virus Covid-19 telah menginfeksi 113.702 orang dan lebih dari separuhnya sembuh.

Ternyata, sejumlah penelitian dari pasien yang sembuh tersebut menunjukkan obat untuk terapi penyembuhan penyakit Covid-19 yang paling ampuh di antaranya adalah kloroquin fosfat, yakni zat yang terkandung dalam ekstrak kina, tumbuhan yang ada sejak puluhan tahun lalu di Jawa Barat.

Keri mengatakan pada 17 Februari 2020, Dewan Negara Cina dalam briefing-nya menyatakan kloroquin fosfat telah menunjukkan aktivitas yang nyata dengan tingkat keamanan yang dapat diterima dalam mengobati pneumonia pasien Covid-19, dalam uji klinis multisenter yang dilakukan di Cina.

Bahkan dalam studi in vitro baru-baru ini, katanya, kloroquin fosfat ditemukan dapat memblokir infeksi Covid-19 pada konsentrasi mikromolar rendah.

Studi yang dilansir US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan setidaknya 100 pasien berhasil disembuhkan.

“Kloroquin biasanya digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria dan berkhasiat sebagai agen anti-inflamasi untuk pengobatan rheumatoid arthritis dan lupus erythematosus. Penelitian mengungkapkan bahwa kloroquin juga memiliki potensi aktivitas antivirus spektrum luas dengan meningkatkan pH endosom yang diperlukan untuk fusi virus atau sel, serta mengganggu glikosilasi reseptor seluler SARS-CoV,” tuturnya.

Keri mengatakan sangat mungkin jika obat penawar corona virus Covid-19 ini diproduksi kembali di Bandung, Jawa Barat.

Selama ini, katanya, kloroquin diproduksi di pabrik milik Kimia Farma di Jalan Pajajaran, Kota Bandung. Sejak 2016, produksi ekstrak kina ini dipindah ke pabrik Kimia Farma di Banjaran, Kabupaten Bandung.

"Beruntunglah Jawa Barat, punya kebun kina di Bandung. Akan sangat mungkin jika produksi obat yang dinyatakan ampuh melawan virus corona ini, kembali diproduksi di Jawa Barat," katanya.

Ada kemungkinan yang sangat besar, katanya, penelitian lebih lanjut mengenai kloroquin fosfat atau ekstrak kina sebagai obat virus corona ini dilakukan kembali di Universitas Padjadjaran dan obatnya kembali diproduksi di Bandung.

"Kloroquin teh pil kina tea, yang sebetulnya di Jabar sudah ada, Kimia Farma yang buat. Kalau mau dikembangkan kembali sangat bisa. Kami sudah berkomunikasi dengan Kimia Farma, mereka sudah pertimbangkan untuk produksi kembali," katanya.

Aktivitas anti-virus dan anti-inflamasi kloroquin ini, katanya, dapat menjelaskan khasiatnya dalam menangani pasien dengan pneumonia Covid-19.

Keri menuturkan kloroquin adalah obat yang murah dan aman yang telah digunakan selama lebih dari 70 tahun.

Mengingat tuntutan klinis yang mendesak, klorokuin fosfat direkomendasikan untuk mengobati pneumonia terkait Covid-19 pada populasi yang lebih besar di masa depan.

Temuan kloroquin yang merupakan obat malaria sintetis bisa menjadi obat penawar virus corona, menjadi peluang bagi perkebunan kina sebagai sumbernya untuk kembali berkembang.

Sumber 👉 https://jabar.tribunnews.com/2020/03...orona?page=all

Alhamdulillah mulai ada titik terang emoticon-I Love Indonesia

Padahal berita di bulan Februari 2020 udah muncul nih 👉 Sebuah tim pakar Tiongkok mengonfirmasi bahwa berdasarkan hasil uji klinis, obat antimalaria, Chloroquine Phosphate (sejenis yang di Indonesia disebut pil kina), memiliki efek penyembuhan tertentu pada penyakit virus corona yang baru (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan oleh Sun Yanrong, wakil kepala Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional Tiongkok, di bawah Kementerian Sains dan Teknologi dalam konferensi pers yang disiarkan kantor berita Xinhua. (detik.news, 18/2/2020)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh satria.begeng
Halaman 1 dari 5
Jadi obatnya udah ada duluan daripada virusnya? Coba itu guru besar bikin positif dulu. Terus coba konsumsi aja obat itu. Biar kita lihat, hasilnya. Btw di sekolah ngarab udah pada narik2in wna nya buat pulang ke Arab. Khawatir kayany
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kabar yang cukup baguslah
profile-picture
profile-picture
mamatmetalpisan dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


Dibaca semua kaga? Kalo dibaca mestinya udah kaga usah nanya kaya gitu emoticon-Ngakak (S)

Dan kaga ada hubungannya ama yang kabur ke arap emoticon-Ngakak

Ternyata, sejumlah penelitian dari pasien yang sembuh tersebut menunjukkan obat untuk terapi penyembuhan penyakit Covid-19 yang paling ampuh di antaranya adalah kloroquin fosfat, yakni zat yang terkandung dalam ekstrak kina, tumbuhan yang ada sejak puluhan tahun lalu di Jawa Barat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dede4141 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh satria.begeng
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
jujur aja kaya yg kemarin surabaya jahe /empon-empon ada syarat ketentuan berlakunya.

intinya rajin mengkonsumsi bisa bikin imun meningkat, bkn tiba-tiba konsumsi jd "strong".

soal spesifik covid-19 sih blm terbukti, cuma kan gada salahnya konsumsi yg alami-alami scr rutin.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Dewan Negara Cina dalam briefing-nya menyatakan kloroquin fosfat telah menunjukkan aktivitas yang nyata dengan tingkat keamanan yang dapat diterima dalam mengobati pneumonia pasien Covid-19, dalam uji klinis multisenter yang dilakukan di Cina.

Nah kloroquin fosfat itu terdapat di Batang, Dahan dan Ranting pohon Kina emoticon-Cape d... (S)

Ngomong udah di baca tapi masih aja kaga nyambung emoticon-Ngakak

Ya ini kan baru ditemukan, kimia farma juga belum produksi lagi pilnya 😁
profile-picture
bayukuya1988 memberi reputasi
Quote:


kloroquin fosfat yang terkandung dalam pohon kina sangat efektif dalam pengobatan di China, tentu saja kloroquin fosfat bukan hanya terdapat atau diperoleh dari pohon kina saja, tapi kita patut bersyukur, kita punya obatnya emoticon-I Love Indonesia (S)
subannalloh emoticon-Nyepi
kalau emang ampuh, dalam hitungan hari pil kina dijamin raib dari pasaran, dan muncul lagi dgn harga tengkulak.
profile-picture
jokohadiningrat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Kalo di berita sih kemungkinan besar kimia farma akan produksi besar2an gan
Quote:


Semoga aja KF yg produksi dan didistribusikan dgn benar
profile-picture
jokohadiningrat memberi reputasi
Quote:


Kemungkinan KF karena dia BUMN
Sepertinya nanti bakal ada oknum yg menimbun
Quote:


Yg nyalahin siapa?
Justru lagi kondis begini banyak yg manfaatin situasi diatas penderitaan orang.
profile-picture
jokohadiningrat memberi reputasi
Jangan jangan ntar diakui ada dalam kitab si bungsu lagi kalo selama ini obat corona itu pil kina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
seriusan nih?bener2 pengujiannya?
Lah hrs ditest juga, setiap tubuh itu memiliki reaksi yg berbeda, cthnya yg jor-joran borong jahe merah, temulawak padahal konsumsi jamu aja gk pernah.
Inget lho ya, pencegah, bukan obat yg menyembuhkan
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


yap bre....jaga imun kita itu yg utama emoticon-Recommended Seller
Quote:


obat penyembuh gan dan udah di praktekin di cina tapi hanya sebagian doang masih perlu di riset lebih dalamemoticon-Recommended Seller
profile-picture
bayukuya1988 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di