CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68d0ffa727687d080a130f/coc-regional--lokasi-wisata--objek-wisata-suban-air-panas-rejang-lebongbengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.



[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.

Jika anda sedang mudik atau sekedar lintas di Provinsi Bengkulu via Lubuk Linggau tembus ke Rejang Lebong, ada tempat menarik untuk di kunjungi.

Objek Wisata Suban Air Panas merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat Bengkulu. Tak hanya memancarkan aura keindahan dan kesejukan. Namun lokasi ini juga menyimpan cerita batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung nilai mistis. Suban Air Panas berada di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau dengan jarak tempuh sekitar 6 Km dari Kota Curup (Ibu kotakabupaten Rejang Lebong) atau sekitar 90 Km dari Provinsi Bengkulu

Lokasi Objek Wisata ini sendiri tidak jauh dari jalan raya lintas sumatra Lubuk Linggau-Curup. Dari depan jalan raya ada petunjuk nama. Masuk kira-kira 2 km maka anda masuk di portal depan dan cukup bayar Rp.5000,- lalu menurun ke parkiran menuju Suban Air Panas.

Masuk dari pintu depan, penulis bayar 10.000,-/orang. Dengan rombongan 5 orang yang terdiri dari 3 orang dewasa dan 2 anak-anak maka dikenakan total 40.000.

Setelah masuk anda pilih saja kolam air panas yang anda minati. Penyewaan pelampung, celana ganti, wc, tempat salin pakaian dan kantin serta mushola melengkapi fasilitas di lokasi.

Ada lagi kolam di lokasi paling atas. Anda harus kembali membayar Rp 5.000,- per orang sebab air terjun cabang dua ini dikelola secara pribadi oleh masyarakat yang tinggal di dekat area.

Di kolam pribadi ini yang paling seru. Selain luas dan ada pemandian khusus dewasa dengan kedalaman 1,5 meter, pada tepinya ada yang dangkal sehingga bisa juga untuk anak-anak.

Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik. Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas. Bentuk kolamnya memang sederhana, tetapi alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di kolam suban sangat alami.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.


Sumber air panas yang ada di kolam-kolam ini berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa-pipa atau bambu-bambu sehingga membentuk seperti pancuran. Di pemandian Air Panas Suban ini terdapat kolam renang yang cukup luas. Kolam renang ini terbagi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Disini juga tersedia penyewaan ban dan pelampung. Tidak jauh dari kolam renang yang luas ini, terdapat 3 buah kolam kecil yang berisi air panas alami.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.

Ditepi kolam banyak batu besar yang sudah berumur ribuan tahun. Tanaman juga bunga serta papan seluncur di kolam air panas pun siap menemani pengalaman exotis wisata anda.

jika anda penasaran untuk berwisata ke Objek Wisata Suban Air panas di Curup, maka Anda dapat mengunjungi:

1. Kolam renang air dingin/panas
2. Air terjun bercabang dua dan batu relief
3. Goa batu pemandian alami (air dingin)
4. Situs tri sakti
5. Situs alam batu menangis
6. Wahana permainan anak-anak (komedi putar dan kereta listrik)
7. Taman di dekat jembatan dengan bunga-bunga yang indah.
8. Kamar mandi air panas

Untuk panasnya kolam ini bisa dibilang tidak terlalu panas sehingga membuat Anda betah untuk berlama-lama berendam, hanya bagian-bagian tertentu dari sudut-sudut kolam ini yang memiliki suhu airnya yang cukup panas, karena berdekatan dengan sumber mata air panas. Berendam di dalam kolam air panas sungguh memberikan relaksasi yang luar biasa.

Setelah berendam tubuh Anda serasa segar kembali, letih dan capek pun hilang seketika. Objek wisata yang mulai dibuka untuk umum pada 1 November 1967 ini sangat diminati masyarakat karena menawarkan daya tarik tersendiri. Selain cocok untuk liburan keluarga, tempat ini juga cocok untuk sarana refreshing remaja dan anak-anak.

Kehangatan kolam air kolam renang akan membuat para traveller betah untuk berendam lebih lama. Selain untuk relaksasi ketika selesai berendam di air ini traveller akan merasa segar dan capek-capekpun hilang begitu saja.

Selain sumber mata air panas, di lokasi Suban Air Panas juga terdapat mata air pegunungan dari air terjun yang mempunyai ketinggian lebih dari 90 meter. Air terjun yang mengalir deras dari atas dan jatuh di bawah menghasilkan aliran sungai yang sejuk dan dingin. Menurut cerita rakyat setempa, di sekitar Suban Air Panas juga terdapat dua buah peninggalan Suku Rejang yang merupakan suku yang menghuni didaerah Suban.


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.


Di lokasi ini juga terdapat air terjun yang indah dengan ketinggian + 90 m dengan air yang jernih dan dingin. Selain itu terdapat dua buah peningalan Suku Rejang yaitu Batu Megalitikum dengan lokasi berbeda. Batu pertama terdapat dibagian bawah. Batu megalitikum di lokasi pertama ini juga sering disebut dengan "Tri Sakti". Seratus meter dari lokasi pertama, terdapat pula satu lagi batu megalitikum yang dikenal dengan nama "batu menangis" atau "PutriSelangkah".

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.


Batu Tri Sakti memiliki cerita tentang tiga orang hebat yakni Sebei Teret, Sebei Tikis dan sebei Bitan yang hinga kini dipercayai dapat memberikan pertolongan kepada pengunjung. Bahkan hingga saat ini, masih ada beberapa warga yang meminta pertolongan dengan membawa beberapa sesajian ke tempat keramat itu. Sedangkan Batu Menangis atau sekarang disebut "Putri Selangkah", konon katanya dulu batu tersebut dijadikan tempat merenung dan menangis sang putriyang bernama Gemercik Emas yang tidak mau dijodohkan dengan Putra Gambir Melang yang merupakan putra Suku Rejang.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.


Disebut Putri Selangkah, karena dahulu setiap putri tersebut hendak pergi ke arah empat penjuru mata angin baru selangkah putri itu berjalan, kemudian langsung menghilang dan telah sampai di tempat tujuan. Dulu batu itu memang sering mengeluarkan air. Sebagian warga mempercayai, batu itu merupakan air mata Putri Selangkah. Hanya saja, saat ini batu itu sudah jarang mengeluarkan air. Air Putri Selangkah ini juga diyakini bisa melancarkan urusan jodoh. Anda biasa mengusapkan air dari batu itu ke alis mata.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Objek Wisata Suban Air Panas Rejang Lebong,Bengkulu.


Akses menuju Suban Air Panas tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Jalan Negara. Bila Anda memulai dari Kota Bengkulu jarak yang ditempuh sekitar 90 kilometer dan memakan waktu perjalanan lebih kurang 2 jam. Anda yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi membuat perjalanan liburan anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.
Untuk liburan keluarga sangat cocok. Selain disediakan tempat-tempat untuk duduk bersila dengan menggelar tikar [disediakan, sewa] juga banyak tempat duduk yang nyaman.

Bagi traveller yang suka sejarah, Suban Air Panas juga menyajikan itu. Suban Air Panas memiliki sejarah menarik bagi yang suka. Walaupun itu dianggap ‘mitos’ bagi sebagian orang, namun memang ada peninggalan batu yang dipercaya sebagai bukti sejarahnya. Silahkan berkunjung untuk mendalami lebih jauh.

Meliputi area seluas kurang lebih 30 hektar di tengah lanskap hijau yang indah, Pemandian Air Panas Suban adalah tempat yang tepat untuk melepaskan diri dari segala ketegangan pada hari yang ramai dan hanya menyerap kehangatan alam yang menenangkan. Air yang mengisi kolam diambil dari sejumlah mata air yang mengalir turun dari Bukit Kaba dan disalurkan melalui pipa bambu. Dengan petualangan trekking yang relatif singkat, Anda juga bisa mengunjungi dua air terjun yang tidak terlalu jauh dari mata air panas. Air terjun pertama setinggi 50 meter sementara yang kedua setinggi 15 meter. Selain percikan air mancur yang menyegarkan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan panorama air terjun yang menakjubkan dan suasana alam yang tenang.

Pemandian Air Panas Suban sangat cocok untuk liburan keluarga. Ada sejumlah kolam di sini dimana anak-anak dan orang dewasa dapat menikmati air hangat yang menyegarkan. Mata air panas yang berasal dari Bukit Kaba ini juga diyakini memiliki efek obat untuk penyakit kulit, rematik, dan otot tegang. Selain air panas, Anda dapat menikmati panorama air terjun.

Di area kolam, Anda akan melihat dua batu besar yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Yang pertama adalah Batu Tri Sakti yang konon dihuni oleh tiga roh besar yang melindungi mereka yang berkunjung ke mata air panas. Yang kedua adalah Batu Menangis yang konon kadang-kadang mengeluarkan air seolah-olah sedang menangis. Keberadaan Batu Menangis berkaitan dengan legenda seorang putri bernama Gemercik Emas yang selalu terisak-isak, karena ia menolak untuk menikah dengan seorang pangeran bernama Putra Gambir Melang.


Sumber : https://ksmtour.com/informasi/tempat...-bengkulu.html
Diubah oleh anok.lumang


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di