CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68cbf988b3cb7e713f6787/coc-regional--lokasi-wisata--air-terjun-sengkuang-kabupaten-kepahyang-bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu


Wisata air di dalam negeri sungguh tidak ada tandingannya. Indonesia yang terkenal sebagai surga pariwisata baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing memang tak diragukan lagi keindahannya. Di Indonesia, banyak sekali kita temui destinasi wisata yang tak hanya menonjolkan keindahan nilai arsitekturnya namun juga menonjolkan keistimewaan alamnya. Hal ini dikarenakan negara kita Indonesia di dominasi oleh kekayaan lingkungan dan alam.

Berbicara soal wisata air di Indonesia mungkin ada beberapa referensi yang dapat kita kunjungi mulai dari danau, sungai, pantai, waduk bahkan air terjun. Mungkin sebagian besar orang memiliki rasa ingin tau yang berlebih mengenai air terjun. Sebenarnya, apa sih air terjun itu? Untuk travelers ketahui, air terjun sendiri merupakan arus air yang mengalir dari ketinggian menuju tempat yang lebih rendah. Biasanya air terjun mengalir melalui bebatuan yang telah mengalami proses erosi dan akhirnya jatuh ke bawah.

Di Indonesia, destinasi wisata yang menonjolkan sisi dari air terjun sendiri sangat banyak jumlahnya. Di Pulau Sumatera terdapat lebih dari 100 air terjun, di Pulau Jawa tedapat lebih banyak lagi yakni lebih dari 250 air terjun dan jumlah terbanyak terdapat di probinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berpindah ke bagian Pulau Kalimantan, disini terdapat lebih dari 60 air terjun. Sedangkan di Kepulauan Bali dan Sulawesi serta Papua jika ditotal terdapat lebih dari 100 air terjun. Hal ini menjadi fakta bahwa Indonesia tidak diragukan lagi kekayaan alamnya.

Bengkulu tidak kalah dengan provinsi lain mengenai objek wisata alamnya. Salah satunya ada Air Terjun Sengkuang di Kabupaten Kepahiang.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Objek wisata alam yang ada di Bengkulu antara lain, Air Terjun Sengkuang, Curug Embun, Air Terjun Kemumu, Pantai Panjang, Pantai Tapak Padri, Pantai Zakat, Pantai Linau, Pulau Tikus, Sungai Suci, dan lain lain. Nah kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang pengalaman saya dan keluarga saya ketika pergi ke salah satu objek wisata alam yang letaknya di daerah Kepahiang, yaitu Air Terjun Sengkuang.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Air Terjun dengan ketinggian sekitar 25 m ini biasa dikenal dengan Air Terjun Mandap Sari Sengkuang Kepahiang. Karena memiliki ketinggian sekitar 25 meter maka tak heran jika air dari air terjun ini sangat deras arusnya. Air Terjun Sengkuang dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup tinggi.

Lebih tepatnya air terjun ini diapit oleh 2 tebing yang melengkung. Disekitar air terjun juga masih terdapat hamparan layaknya hutan yang amat luas dengan pemandangan yang indah serta warna hijau yang terpancar dari pepohonan yang tumbuh disekitarnya.

Rencana liburan keluarga kami ini dilakukan secara tiba-tiba saja karena memang saat itu masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Jadi untuk menikmati waktu liburan tersebut, kami merencanakan untuk liburan ke objek wisata Air Terjun Sengkuang tersebut. Kami kesana.Sebelum hari H menuju sana, saya juga mencari tahu informasi perjalanan ke sana seperti lama waktu perjalanan kesana, dan akses menuju air terjun.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Jarak menuju air terjun dari Kota Bengkulu sejauh 48 kilometer. Lepas dari kota, kita akan melewati punggung bikin barisan tempat habitat puspa langka Rafflesia arnoldii dan bunga kibut (Amorphophalus Titanum) biasa mekar. Jalanan dengan medan berliku akan membuat kita bisa memandang jauh ke depan dari ketinggian. 

Lama waktu menuju kesana dari tempat tinggal saya ke air terjun Kepahiang berdasarkan google maps sekitar 1 jam 58 menit. Selain itu berdasarkan informasi yang didapat, akses menuju air terjun tidak terlalu sulit. Oke dengan mengetahui informasi tersebut, kami semakin bersemangat karena waktu yang gak terlalu lama dan akses juga nggak terlalu sulit. Selain itu, kami juga menyiapkan cemilan dan pakaian ganti jika kami mandi di Air Terjun Sengkuang.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Tiba di Kepahiang, kita langsung menjelajah perkebunan teh di Kecamatan Kabawetan, sejauh 5 kilometer perjalanan menuju Desa Mekar Sari. Pemandangan hijaunya perkebunan teh yang sudah ada sejak pendudukan Inggris di Bengkulu itu dipastikan akan memanjakan mata kita.

Di ujung Desa Mekar Sari, kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Medan menurun sejauh satu kilometer di sela kebun selada masyarakat menuntut kehati-hatian kita. Selain licin, jalanan menurun ini juga berada di sisi tebing curam, sangat rawan jika kita mengenakan alas kaki yang tidak pas.

Tiba di tepi air terjun, jajaran bebatuan besar dan derasnya air menjadi tantangan tersendiri. Namun, segarnya air terjun alami ini akan menjadi pengobat letih kita sepanjang perjalanan. 

Jaya Karsana, pemuda desa Kampung Bogor Kepahiang menceritakan, air terjun ini diberi nama Sengkuang karena dahulu di sekitar kawasan itu memang banyak tumbuh pohon sengkuang. Namun saat ini, sudah sangat sulit menemukan pohon yang kayunya dijadikan bahan korek api kayu tersebut.

Sengkuang oleh warga suku Rejang diartikan juga sebagai buah bengkuang yang banyak ditanam di Kecamatan Kabawetan Kepahiang. Wilayah yang dulunya pernah dibanjiri aliran lahar dingin dari Gunung Kaba itu memang dikenal subur dan cocok untuk tanaman bengkuang.

Posisi yang tersembunyi dan medan yang sulit menuju air terjun Sengkuang membuat kawasan ini belum begitu populer. Namun, pemerintah setempat sudah mulai membenahi infrastruktur, khususnya di jalan menuju Desa Mekar Sari. 

Yup, hari menuju ke Air Terjun Sengkuang telah tiba. Jam 6 pagi kami sudah siap, dan start kesana. Di perjalanan memang agak macet. Ya, biasanya hari raya besar jalan lintas pegunungan Kota Bengkulu - Kepahiang- Curup memang rame. Ada yang mau ke kota, ada yang mau ke daerah kampungnya.

Setelah perjalanan sekitar 1 setengah jam kami udah sampai di Kota Kepahiang. Kami berhenti sejenak di rumah makan padang untuk makan. Maklum, kami ada 2 mobil dan ada keluarga yang belum makan. Jadinya, biar kuat dan semangat kita harus makan dulu.

Selama perjalanan tersebut kita akan menghirup udara yang sangat segar dikarenakan kita akan melewati perkebunan teh. Perjalanan ini kita tempuh dengan melewati kecamatan Kebawetan. Setelah kita melewati perkebunan teh kita akan tiba di lokasi Air Terjun Sengkuang.

Kita dapat memarkirkan kendaraan kita terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Untuk travelers pecinta trekking pasti sangat senang melakukan perjalanan ini karena selama di perjalanan kita akan disuguhkan dengan hamparan pepohan nan luas. Kondisi jalan nya juga landai namun sedikit berbatu dan berbelok.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Suasana ini juga didukung dengan kesegaran udara di sekitar air terjun yang masih alami. Ketika pengunjung tiba pasti hal pertama yang tak pernah lupa untuk dilakukan yakni mengambil napas panjang untuk sekedar menghirup dan merasakan kesegaran udara di sekitar Air Terjun Sengkuang ini.

Udara di sekitarnya masih sangat segar, alami dan sejuk. Pesona air terjun ini sungguh sangat menyegarkan mata maka tak ayal jika banyak sekali pengunjung kini menyerbu tempat ini sekedar untuk melepas penat.
Makan sudah selesai, lanjut kami melakukan perjalanan lagi ke air terjun. Setengah jam mungkin sudah sampai di tujuan.Google maps sudah di set.

Kami melewati kebun teh Kabawetan. Ampun, di daerah kebun teh Kabawetan agak macet. Banyak orang yang sedang berwisata juga di sana. Setelah bermacet ria dan sudah hampir 40 menit perjalanan, akhirnya kami sampe di Air Terjun Sengkuang. Kami parkir dulu. Terus kami nanya lagi pada bapak tukang parkir untuk dimana letak air terjunnya.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Untuk sampai di Air Terjun Kepahiang, ternyata kita harus jalan dulu sekitar 1 km dari tempat parkir. Mobil nggak bisa masuk sampai air terjun karena jalannya berbatu, berbelok, dan pastinya sulit untuk masuk ke dalam. Kemudian 20 meter sebelum sampe ke air terjun kita harus melewati jalan tanah menurun dan sudah di buat seperti tangga.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Namun, kelelahan kami berjalan dari parkir ke air terjun terbayar sudah. Air terjun Sengkuang memang luar biasa. Air terjun nya memang tidak terlalu tinggi. Tapi lumayan deras airnya. Pastinya kami udah nggak sabaran untuk mandi dis ana. Tanpa berlama-lama, kami langsung menuju ke tempat air terjun.

Airnya dingin sekali dan jernih. Bersama keluarga kami menikmati main air. Tidak lupa kami mengambil beberapa jepret foto untuk dijadikan dokumentasi.

Ketika tiba di area Air Terjun Sengkuang rasa lelah travelers pasti terbayar dengan melihat air terjun yang indah ini. Air terjun ini memang dingin dan airnya jernih karena berasal dari pegunungan langsung. Di sekitar air terjun juga ada pondokan yang disediakan untuk para travelers untuk sekedar beristirahat dan bersantap sembari melihat air terjun dan merasakan segarnya udara disana. Traveler juga dapat membawa floaties untuk berenang disana.

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu

Mandi di Air Terjun Sengkuang bersama keluarga memang menyenangkan. Tapi lebih menyenangkan lagi dan pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan apabila kami bisa pergi bersama sama ke Dubai. Kami pengen sekali keluar negeri terutama ke Dubai, apalagi kami belum pernah pergi kesana.

Namun ada satu tips yang harus traveler ingat yakni usahakan jika iingin berkunjung ke air terjun ini sebaiknya datang ketika musim panas karena ketika musim hujan air yang mengalir akan keruh dan tidak sejernih pada biasanya.

Jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan ber- selfie ria ya traveler!


[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Air Terjun Sengkuang Kabupaten Kepahyang Bengkulu
Diubah oleh basingajo


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di