CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68b9d9c0cad73fff495da7/keris-diponegoro-yang-dikembalikan-belanda-bukan-asli-seperti-apa-sih-yang-ori

Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?



Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?

Kedatangan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia pada 10 Maret 2020 kemarin, setidaknya membawa dua misi khusus, yaitu mengembalikan Keris Pangeran Diponegoro, dan meminta maaf atas Agresi Militer I dan II yang dilakukan Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?
Detik.com

Seperti diketahui, Pangeran Diponegoro adalah salah seorang Pejuang dan Pahlawan Kemerdekaan RI pada masa penjajahan Belanda.

Hal itu karena beliau yang mengomando masyarakat Jawa dari tahun 1825-1830, untuk menumpas penjajahan Hindia Belanda di tanah air, yang dikenal dengan Perang Jawa.

Perang ini tercatat sebagai perang yang banyak memakan korban jiwa, baik dari pihak pribumi maupun penjajah Belanda. Dari pihak Belanda, tidak kurang dari 15 ribu tentara tewas, dan kerugian materi lebih dari 20 juta gulden.

Karena itu, Pangeran Diponegoro adalah pejuang yang paling dicari oleh Belanda, sehingga akhirnya beliau berhasil ditangkap pada tahun 1830.

Nah dalam penangkapan itulah disita pula oleh Belanda beberapa properti Pangeran Diponegoro, yang di antaranya adalah Tombak, Pelana Kuda, dan Keris Pusaka yang selalu beliau bawa.

Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?
Liputan6.com

Keris Pusaka yang bernama/berjenis 'Naga Siluman' itu kemudian diserahkan oleh Kolonel J.B. Clerens kepada Raja Belanda Willem I, lalu disimpan di Koninkelijk Kabinet van Zelfzaamheden (KKVZ), dan terakhir tahun 1883 diserahkan ke Museum Volkenkunde, Leiden Belanda.

Beberapa properti Pangeran Diponegoro selain keris berhasil diidentifikasi dan sudah dikembalikan kepada pemerintah Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Namun untuk keris, baru sekarang dikembalikan. Dan ternyata keris itu menimbulkan keraguan beberapa pihak, apakah itu asli Keris Naga Siluman milik Pangeran Diponegoro?

Keraguan itu muncul karena keris yang diserahkan itu berbeda dengan ciri-ciri keris Naga Siluman yang umum dikenal. Sedangkan ciri keris hitam berlapis emas yang diserahkan Belanda itu diklaim adalah jenis keris Nagasasra.

Kedua jenis keris ini mempunyai rancang bangun (dhapur) yang berbeda.

Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?

Rancang bangun keris Naga Siluman, bentuk naganya hanya kelihatan pada bagian kepala memakai topong, sedikit bagian badan, lalu akan mulai samar dan hilang di area bungkul bawah, dan seterusnya hilang seluruhnya hingga bagian ekornya. Umumnya keris jenis ini punya 11 luk (lekuk).

Sedangkan keris Nagasasra, wujud naga terlihat utuh dari kepala hingga ekor. Kepala naga mengenakan mahkota, luk keris dalam bilangan ganjil antara 9, 11, atau 13 kelok.


Artinya, secara fisik keris yang diserahkan Belanda tersebut adalah jenis Nagasasra, bukan Naga Siluman. Inilah yang menimbulkan keraguan, terutama bagi yang mengerti tentang seluk beluk keris.

Setiap ukiran, bentuk, pola, ukuran (panjang dan lebar), dan jumlah lekuk pada keris mempunyai makna tersendiri. Jadi keris bukan dibuat sembarang.

Yang jadi pertanyaan, apakah bisa dipastikan bahwa keris yang disita Belanda waktu itu adalah jenis Naga Siluman? Tuh Pangeran Diponegoro punya banyak jenis keris, yang mungkin saja ketika ditangkap itu beliau membawa keris jenis Nagasasra itu.

Memang ada dokumen yang menyebutkan keris yang disita itu disebut Naga Siluman. Namun itu tidak bisa dipastikan, apakah itu 'jenis keris' atau 'nama keris'? Karena sebuah keris bisa saja diberi nama sama dengan jenis keris.

Terlepas dari kontronversi itu, setidaknya kita bisa berbangga karena beberapa benda peninggalan bersejarah bisa kembali ke tanah air, sebagai warisan leluhur bangsa.

Masalah keasliannya, biarlah para Empu dan Arkeolog yang bicara.(*)
****

Ref 1,
Ref 2, Ref 3, Ref 4 #507
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Aboeyy
Halaman 1 dari 8
Reserved
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Dites di lab jenis besinya kan bisa.. emoticon-Big Grin
Besi tahun 1800 an atau bukan.. emoticon-Big Grin

Siapa tahu besi made in China.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indra.blora dan 20 lainnya memberi reputasi
coba tanya si padli jon..si koplok kan suka koleksi keris..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hs2506j dan 8 lainnya memberi reputasi
Tanya pada titisanya Keris Diponegoro yang Dikembalikan Belanda Bukan Asli? Seperti Apa Sih yang Ori?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fgh127 dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Klo kapak maut naga geni 212 skrg di mana yah...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hannepin dan 3 lainnya memberi reputasi
mau buktiin asli apa nggak? tanya pemilik aslinya lah....

gitu aja repot.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evolution262 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anjirr desain keris dhapur keren bangett
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:


... Kemaren lihat terakhir dibawa pendekar 212 sableng demo inspektur vijay gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yah sesuai judul majalahnya gan... Misteri kalo si entuh titisan P. Diponegoro... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
highlander. dan ciptawan memberi reputasi

Update Info:

Budayawan Profesor Sardono W Kusumo turut andil pendapat perihal polemik keaslian keris milik Pangeran Diponegoro yang dikembalikan oleh Kerajaan Belanda. Sardono mengatakan, jika keris Diponegoro yang berada di Belanda didasarkan dari kesaksian Panglima Sentot Prawirodirjo, kesaksian itu layak diragukan.

Selengkapnya di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
jadi keris itu aslinya dulu milik siapa gan?
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Baru satu doang

Sedangkan ribuan senjata kuno era kerajaan majapahit dll masih disana emoticon-Marah

Belum pembakaran buku2 era Mataram yg dilakukan holland

Ajg emang emoticon-Marah

Menurut gw Yg paling penting itu tulisan sejarah awal berdirinya era jawa dwipa kuno yg pernah di tulis diponegoro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 9 lainnya memberi reputasi
Kalau saya pribadi lebih percaya dengan pernyataan Belanda kalau saat ini.

Sebab keris tersebut di Belanda disimpan di Museum Nasional Belanda sejak jaman penjajahan.
Disana sudah tercatat dg rapi, & sistematis, disertai bukti.

Apalagi itu seorang Raja Negara (Raja Belanda) yg menyerahkan langsung kepada Presiden Indonesia.
Itu resmi.

Masak iya antar negara saling ngibul planga plongo.
Kalau resmi artinya asli.

Kemudian tadi nonton di TV ahli waris Pangeran Diponegoro yg sekarang sudah generasi ke 7.

Dan beliau utk menyatakan asli atau enggak, malah nanya ke teman2 Paguyuban Diponegoro yg sama2 kolektor keris.

Itu artinya ahli waris generasi ke 7 itu juga nggak tahu keris kakek buyutnya bagaimana bentuknya.

Cuma dengar ceritanya ceritanya ceritanya.
Ceritanya naga siluman.
Naga silumannya bagaimana ya planga plongo.

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fgh127 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jaman belanda udah ada juga barang kw ya gan
'ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Sebenarnya pangeran Diponegoro punya banyak keris, tp yg selalu dibawa itu keris siluman. Dan ada keris ageman yg hanya disimpan saja. Kalo ngeliat bentuk kerisnya emang bukan kiris yg selalu dipakai buat berperang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinaris dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kenapa gak diuji karbon saja ya kan nanti ketauan usia kerisnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 6 lainnya memberi reputasi
apa jangan2 itu yg kw emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AaHans dan 2 lainnya memberi reputasi
nunggu updatenya ajalah..
sejarah negri sendiri juga bingung yak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di