CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Alasan Harga Ikan Koi Bisa Mahal Sampai Ratusan Juta, Ini penyebabnya!!!?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68b487c82084780913b8f0/alasan-harga-ikan-koi-bisa-mahal-sampai-ratusan-juta-ini-penyebabnya

Alasan Harga Ikan Koi Bisa Mahal Sampai Ratusan Juta, Ini penyebabnya!!!?

Alasan Harga Ikan Koi Bisa Mahal Sampai Ratusan Juta, Ini penyebabnya!!!?



VIDEO PEMBERIAN MAKAN IKAN KOI JINAK DI TANGAN



Ikan koi adalah ikan hias yang sangat populer di dunia maupun di Indonesia. Jenis ikan koi banyak ragamnya dan memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak disukai oleh pencinta ikan hias. Bahkan, harga ikan koi bisa sangat tinggi bila dijual.

Awalnya, ikan yang berkembang di negara Jepang ini dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, namun seiring perkembangannya jenis ikan koi banyak berkembang biak dan memiliki banyak variasi warna yang cantik dan bentuk yang unik.

Dalam perkembangannya, ikan koi juga memiliki banyak jenis dan varietas hasil dari persilangan dan pengembangbiakan antara jenis-jenis ikan koi yang ada. Warnanya yang sangat bagus membuat ikan koi semakin menjadi idola dan buruan para penggemar ikan hias.

Ikan koi secara spesifik berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, ikan ini juga menjadi simbol cinta dan persahabatan.

Walaupun ikan koi sangat terkenal di Jepang, namun hingga kini masih belum tahu secara pasti darimana ikan koi sebenarnya berasal. Namun, dari banyak sumber dan literatur, ikan koi diyakini berasal dari Persia dan Asia Barat, yang kemudian ikan tersebut masuk ke China dan Korea melalui transaksi perdagangan atau kemungkinan bersama aliran air alami pada sekitar 1.000 tahun yang lalu.

Di Jepang sendiri, sekitar tahun 1.300, ikan karper kehitam-hitaman ditengarai juga telah dipelihara oleh para petani untuk di konsumsi pada musim panas, yang dinamai Magoi. “Ma” (bahasa Jepang) artinya asli, tulen atau orisinil. Sedangkan “Goi” atau Koi artinya ikan karper warna-warni. Dengan demikian Magoi diyakini sebagai asal usul ikan koi.

Di Indonesia, ikan koi telah menjadi salah satu primadona. Perkembangan ikan koi di Indonesia diawali sekitar tahun 1981-1982 yang kala itu didatangkan oleh Dragon Feng dan Hani Moniaga, langsung dari Jepang. Sejak saat itu, Koi mulai dipelihara dan makin populer di Indonesia. Setahun sebelumnya pemerintah Indonesia mengirimkan 60 ekor ikan Kumpay (ikan mas dengan sirip panjang) berwarna hijau dan kuning dari daerah Bogor dan Cibalagung (Jawa Barat) kepada Pangeran Akihito untuk disilangkan dengan Koi Jepang.

Sepuluh tahun kemudian Pangeran Akihito mengirimkan kembali ke Indonesia hasil silangan tersebut yaitu sebanyak 50 ekor kumpai silangan yang kemudian disebut Hirenaga Koi. Silangan tersebut terdiri dari Platinum (1982), Kohaku (1993), Asagi dan Shusui (1988) serta Taisho Sanshoku (1989). Sejak saat itu hingga kini ikan koi semakin berkembang dengan banyaknya persilangan dan memunculkan varietas, harga, dan jenis ikan koi yang beragam.

ini namanya monkey business, oom... cari tahu aja apa itu maknanya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di