CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68b224a2d19573b86b3b72/soto-kudus-kuliner-legendaris

Soto Kudus, Kuliner Legendaris

Soto Khas Kudus

Soto Kudus, Kuliner Legendaris

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai, sobat Kaskus. Sebagian dari kalian mungkin sudah familiar dengan nama Kudus. Yap, kota kecil di Jawa Tengah ini menyimpan berbagai macam keunikan, salah satunya adalah kulinernya yang bikin nagih.

Soto Kudus, salah satu kuliner Kudus yang ada sejak dulu ini masih hits hingga sekarang. Soto pada umunya terbuat dari daging ayam. Nah, untuk soto kudus ini berbeda, Sobat Kaskus. Soto Kudus terbuat daging kerbau yang diolah sedemikian rupa menjadi sajian yang sangat nikmat.

Konon, daging kerbau digunakan sebagi pengganti daging sapi karena mayoritas masyarakat Kudus dahulu beragama Hindu. 
Saat ajaran Islam yang mulai diajarkan oleh Sunan Kudus maka daging sapi diganti dengan daging kerbau untuk menghormati kepercayaan masyarakat terdahulu.

Nah, beberapa gerai soto Kudus yang terkenal dan patut dicoba bila Agan dan sista berkunjung ke kota kretek ini.

Soto Kudus Bu Djatmi


Tempat ini sangat recomended banget untuk dikunjungi karena rasa soto yang gurih dan lezat. Sekali mencoba bakal ketagihan pokoknya. Jika sobat Kaskus tidak suka dengan daging kerbau, di sini juga tersedia soto ayam yang tak kalah enaknya.

Soto Kudus, Kuliner Legendaris

Berbagai pelengkap disajikan di setiap meja. Ada tempe goreng, bergedel, sate usus, sate paru, telur puyuh dan kerupuk.

Meskipun tempatnya sederhana, tetapi pengunjungnya selalu ramai apalagi di jam-jam makan. So, jangan lupa mampir bila agan dan sista jalan-jalan ke Kudus tepatnya di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 43 Magersari, Panjunan, Kudus


Soto Kudus Pak Ramijan


Soto Kudus, Kuliner Legendaris


Tempat ini juga nggak kalah ramainya denga soto Bu Djatmi, sobat Kaskus. Di sini ada pilihan menu selain soto yaitu pindang kerbau dan pindang ayam yang berbahan rempah kluwak dengan campuran daun so/daun nelinjo muda.

Letaknya di Jalan Kudus-Jepara, Purwosari Kecamatan Kota, Kudus.

Selain dua gerai di atas ada beberapa daftar gerai soto kudus yang boleh dicoba di antaranya 👇

Soto Kudus Pak H. Sulichan
Taman Bojana No. 30 Simpang Tujuh, Kudus

Soto Pak Denuh
Jalan AKBP Agil Kusumadya, Kudus.

Soto Kudus Pak Di
Pasar Kliwon, Jalan Cempaka Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus

Jika sobat Kaskus tak sempat berkunjung ke Kudus, maka bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut bahan dan cara membuat soto kudus👇

Bahan-bahan:

Daging kerbau/sapi - 500 gram
2 batang Serai, memarkan 
2cm Jahe, memarkan
3cm Lengkuas
2lembar Daun salam
4 lembarDaun jeruk
Garam - 1,5 sdm
Gula pasir - 1 sdt
Minyak, untuk menumis - 3 sdm
Air, untuk merebus - 2 liter

Bumbu Halus:

Bawang putih - 4 siung
Bawang merah - 6 butir
Kemiri, sangrai - 2 butir
Kunyit, bakar - 2 cm
Merica - 1/2 sdt
Ketumbar - 1 sdt
Jinten - 1/4 sdt

Pelengkap:

Soun, seduh lalu tiriskan-secukupnya
Tauge, seduh lalu tiriskan - secukupnya
Seledri, iris tipis - secukupnya
Daun bawang, iris tipis - secukupnya
Tomat, iris - secukupnya
Bawang goreng - secukupnya
Jeruk nipis - secukupnya
Sambal rawit rebus - secukupnya
Kecap - secukupnya

Cara Memasak:

1.Rebus daging menggunakan panci presto selama 15 menit. Ambil dan tiriskan daging. Buang air bekas rebusan.

2. Dalam panci, rebus kembali daging dengan 2 liter air, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan garam. Masak hingga daging benar-benar empuk.

3. Ambil dan pisahkan daging. Iris daging tipis-tipis. Sisihkan.

4.Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat lalu masukkan ke dalam panci rebusan kuah. Aduk rata.

5. Masukkan gula lalu biarkan kuah mendidih kembali. Koreksi rasanya. Matikan api.

6.Tata soun, tauge, irisan daging, seledri, dan daun bawang. Siram dengan kuah. Beri taburan bawang goreng.

7. Siap disajikan bersama bahan pelengkap lainnya.

TIPS
Apabila kuah menyusut sementara daging belum empuk (perebusan daging kedua kali), tambahkan air sedikit lagi dan lanjutkan masak hingga daging benar-benar empuk.

Selamat Mencoba emoticon-2 Jempol


Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh


Sumber
Gambar
Pengalaman pribadi
Resep
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DiNa853
Halaman 1 dari 2
Kuliner legendaris khas kota Kudus
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan ummusaliha memberi reputasi
Patut dicoba jika berkunjung ke Kota Kretek
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan ummusaliha memberi reputasi
Rasanya gurih dan nikmat emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan ummusaliha memberi reputasi
enyaaaakkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Seger, Sis. Mantulll emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane suka persotoan deksist...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kok ane jadi pen makan soto, Sis emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Beli aja mie sedap rasa soto, dalam tiga menit jadiemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Gan @srusuut ente udah makan belom? Menu makmal enak niihemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Polda pernah bikin gan sm yg ada diresepemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Pasti udah rasain enaknya kalo gituemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan DiNa853 memberi reputasi
Quote:


Kudus penghasil rokok dan meubel jati yaak..
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Penghasil apalagi ganemoticon-nulisah
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan srusuut memberi reputasi
Quote:


Oalah baru itu aja gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Penghasil tembakau gimana gan?emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan srusuut memberi reputasi
Quote:


Nahh.. bolujug tuh gan emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:

Nah bener apa betul?emoticon-welcome
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan srusuut memberi reputasi
Quote:


Mayaanlahh dr pd lu manyuun emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:


No manyun lah
Selalu ada yang bikin gw senyam senyumemoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan srusuut memberi reputasi
Jangan lupa juga cobain soto mat tjangkir jg gan.
Ane coba ke sana dan ga kalah enak sm soto soto yg lain
Di sana ada soto mangkok kecil dan mangkok besar buat yang mangkok kecil masih kurang 😂
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan DiNa853 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di