CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pesona Pantai Panjang Kota Bengkulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e689f5110d295031f0e1fc3/coc-regional--lokasi-wisata--pesona-pantai-panjang-kota-bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pesona Pantai Panjang Kota Bengkulu

[ COC Regional : Lokasi Wisata ] Pesona Pantai Panjang Kota Bengkulu


Pantai Panjang merupakan pantai yang berada di Provinsi Bengkulu. Pantai ini memiliki garis pantai yang mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter. Pantai Panjang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban.

Pantai Panjang sering dimanfaatkan oleh wisatawan dan masyarakat sekitar. Di sana terdapat Sport Center sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan olahraga seperti voly pantai, berjalan, dan berselancar. Di pagi dan sore hari biasanya pantai akan dipenuhi oleh masyarakat yang melakukan jogging di pinggir pantai.

Ombak di Pantai Panjang banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselancar. Pantai Panjang yang ada di Bengkulu ini mempunyai banyak fasilitas diantaranya terdapat restoran, cafe, penginapan, area bermain, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas untuk olahraga.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Panjang, terdapat berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia di pusat Kota Bengkulu. Berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia dapat dimanfaatkan dari mulai transportasi umum, hingga kendaraan sewaan. Pantai Panjang dapat ditempuh sejauh 3 Km dari pusat Kota Bengkulu. Rutenya yaitu Jl.Fatmawati - Jl.Ratu Agung - Jl.Samudra - Jl.Parawisata.

Pantai Panjang merupakan pantai pasir putih dengan garis pantai halus yang membentang sepanjang 7 km. Pantai panjang tidak memiliki terumbu dan lebarnya mengembang sampai 500 meter saat air laut surut sehingga hamparan pasir putihnya menjadi semakin luas.

Daerah sekitar pantai adalah pusat pariwisata dan dilengkapi dengan restoran, hotel, cottage dan toko-toko. Tidak seperti banyak pantai pada umumnya, Pantai Panjang tidak memiliki pohon kelapa, tetapi didominasi oleh pohon cemara dan pinus yang membuat tempat berlindung yang indah untuk beristirahat dan bersantai di bawah.

Sebagai kawasan wisata utama, berbagai fasilitas diposisikan di sepanjang pantai seperti restoran, kafe, akomodasi, taman bermain anak-anak serta fasilitas olahraga. Pantai Panjang memiliki air yang jernih serta dilapisi dengan pasir yang sangat halus yang tidak akan menyakiti kaki Anda, sehingga sangat sempurna untuk berjalan-jalan atau joging pagi. Ombak yang tidak terlalu berombak, sehingga merasa bebas untuk bermain di air, berenang atau memancing.

Pinggiran pantai dilapisi dengan deretan pohon cemara dan pohon pinus yang harum, dilengkapi dengan keindahan pasir pantai yang lembut dan pasir putih. Sore adalah waktu yang ideal untuk pergi ke pantai karena cuaca akan menjadi dingin. Bertahan lama cukup untuk menanti malam yang akan datang, dan menonton warna cakrawala menyala dalam cahaya matahari terbenam. Pantai ini juga tempat yang populer bagi wisatawan untuk mendirikan kemah pada malam hari.

Pantai Panjang Bengkulu memiliki hamparan pasir putih yang halus dan lembut sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berjemur dibawah sinar matahari. Berjalan kaki atau joging juga merupakan favorit di pantai ini karena Pantai Panjang Bengkulu membentang sepanjang 7 km dikelilingi pohon cemara dan pinus yang indah. Air yang bersih dan ombak yang tidak terlalu besar di Pantai Panjang menjadikan pantai ini tempat ideal untuk berenang atau bermain air.

Diceritakan dari penuturan warga sekitar bahwa terdapat roh gaib yang sudah lama berada di Pantai Panjang sejak lama. Di pantai tersebut terjadi insiden seseorang ingin melakukan bunuh diri, tetapi tindakan tersebut dapat dicegah oleh petugas keamanan. Masyarkat beranggapan bahwa orang tersebut merupakan korban dari mahluk gaib yang menunggu di Pantai Panjang.

Bandara Fatmawati di Bengkulu adalah Bandara Domestik, hanya melayani penerbangan Jakarta dan Batam. Pantai Panjang terletak di Sebelah barat kota di sepanjang Jalan Pariwisata, Kota Bengkulu. Pantai hanya 1,5 KM dari Pusat Kota dan mudah diakses dengan mobil, minibus, taksi atau sepeda bermotor. Transportasi umum tersedia setiap saat, atau Anda bisa mencoba jenis transportasi yang lebih tradisional seperti kereta kuda dan kereta.

Bengkulu kondang sebagai provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Di pantai Panjang terdapat Sport Center yang banyak dimanfaatkan masyarakat dapat melakukan kegiatan olahraga seperti voly pantai, berjalan-jalan atau berselancar. Di pagi dan sore hari pantai ini dipenuhi masyarakat yang melakukan jogging di pinggir pantai. Ombak di Pantai Panjang banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselancar.

Selain fasilitas untuk olahraga, Pantai Panjang juga tersedia restoran, cafe, penginapan, area bermain, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas untuk olahraga yang ada di sepanjang pantai seperti restoran, kafe, akomodasi, taman bermain anak-anak serta fasilitas olahraga.

Pantai Panjang dengan air yang jernih dan dilapisi pasir yang sangat halus tidak akan menyakiti kaki pengunjung, sehingga sangat sempurna untuk berjalan-jalan atau joging pagi. Ombak yang tidak terlalu tinggi, cukup aman bermain di air, berenang atau memancing. Gulungan ombaknya yang tak terlalu dahsyat sangat cocok untuk arena bermain air di pantai.

Pantainya yang bersih dengan laut yang biru, seperti mengunjungi pantai di luar negeri, pinggiran pantai ini juga berbeda dengan pantai lainnya. Di pantai ini bukan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai, tetapi deretan pohon cemara dan pohon pinus yang harum, menyempurnakan keindahan pasir pantai yang lembut dengan pasir putihnya.

Menikmati indahnya sunset di pantai dengan cuaca dingin dan tiupan angina pantai yang segar, sambil menunggu malam menimati keindahan cahaya matahari terbenam. Di pantai ini juga menjadi lokasi populer untuk mendirikan kemah dan bermalam di lokasi ini, karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari jalan. 

Indonesia memang tidak kalah cantiknya dengan negara-negara lain yang ada di luar negeri, terutama dalam keindahan pantainya. Indonesia yang diapit dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik memberikan keindahan tersendiri bagi setiap pantai yang berbatasan dengan daerah-daerah di Indonesia. Salah satu pantai indah itu adalah pantai panjang bengkulu. Dari namanya, Anda pasti sudah tahu bahwa pantai ini terletak di provinsi bengkulu.

Bengkulumerupakan provinsi yang juga memiliki garis pantai yang tegas dengan keindahan pantai nya.pantai panjang bengkulu ini terdapat di kota bengkulu, Ibu kota provinsi bengkulu. Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter. Hal ini terjadi karena di sekitar pantai tidak terdapat karang sehingga saat air laut pasang membuat hamparannya menjangkau sangat jauh ke dalam pantai.

Hal ini tentu membuat pantai ini lebih indah saat surut karena hamparan pasir putihnya jadi semakin luas. Anda tidak hanya menemukan warna biru dari laut dan putih dari pantai, tapi juga hijau dari pepohonan. Kondisi pantainya yang landai, airnya yang bersih, serta hamparan pasir putihnya yang luas, merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata Pantai Panjang.Dengan kondisi pantai seperti itu, pengunjung dapat mandi sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai yang masih bersih dan sejuk karena pantai ini jauh dari area perindustrian.

Selain itu, banyaknya pohon cemara dan pinus yang tumbuh di sekitar pantai ini juga merupakan keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Sebab, secara umum, pohon yang biasanya tumbuh di daerah pantai adalah pohon kelapa, dan ini tidak dijumpai di Pantai Panjang.  Pohon cemara dan pinus ini menambah kesejukan suasana di sekitar pantai.Pantai Panjang ini juga menjadi satu-satunya pusat objek wisata terapi dengan berjogging di saat pagi atau pun sore hari di lintasannya. Pantai Panjang yang memiliki pasri putihnya yang sangat halus, tidak akan mengotori kaki Anda saat Anda berjalan-jalan.

Selain itu Anda juga bisa menikmati Pantai Panjang ini dengan jogging trek, volly pantai, bahkan jika Anda suka berselancar, pantai ini adalah tempat surfing terbaik karena ombak lautnya yang cukup besar patut untuk Anda taklukkan. Kebanyakan para pelancong yang berkunjung ke pantai ini suka menghabiskan waktu dengan berjemur di bibir pantai dan saat yang paling ditunggu adalah menikmati sunset di sore hari.  Langit jingga memantulkan cahaya ke air yang membuat laut menjadi perak keemasan. Dan matahari yang perlahan tenggelam ke balik laut, sungguh memukau.

Pantai Panjang yang berlokasi di kawasan yang sangat strategis ini membuat tempat ini selalu di ramaikan oleh para wisatawan setiap harinya, dan untuk melengkapi objek wisata ini memberikan beberapa fasilitas publik dan juga akomodasi yang sangat lengkap, di mana jika Anda menempuh perjalanan dari pusat kota Bengkulu Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 dengan jarak 3 kilometer untuk bisa sampai di Pantai Panjang tersebut. Dari Kota Bengkulu, pengunjung dapat menggunakan minibus, taksi, atau mobil sewaan untuk sampai di lokasi pantai.

Di sekitar pantai, pengunjung dapat menjumpai sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya adalah area parkir yang luas, hotel, restoran, kolam renang, cottage, minimarket, kios-kios penjual voucher handphone, kios-kios cendramata, dan lain-lain.



Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Panjang

https://www.pedomanwisata.com/wisata...ik-di-bengkulu

https://pesona.travel/keajaiban/1797...njang-bengkulu

https://ksmtour.com/informasi/tempat...-bengkulu.html
Diubah oleh sempact.batman


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di