CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Libur Idul Fitri Lebih Banyak, Benarkah Melanggar Sila ke 5 Pancasila?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e689e80f0bdb2580f3643c0/libur-idul-fitri-lebih-banyak-benarkah-melanggar-sila-ke-5-pancasila

Libur Idul Fitri Lebih Banyak, Benarkah Melanggar Sila ke 5 Pancasila?

Quote:



Libur Idul Fitri Lebih Banyak, Benarkah Melanggar Sila ke 5 Pancasila?



Halo Agan sista, terutama yang hobi mainin twitter nih. Sore ini kebetulan ane baca sebuah cuitan dari akun @saefulloh yang berisikan keluhan agan tersebut mengenai "timpangnya" jumlah hari libur untuk hari raya idul fitri, dibanding hari raya besar lainnya. Dalam lanjutan cuitannya, akun tersebut bahkan menyebut hal ini melanggar pancasila sila yang ke 5! (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia). Wut! emoticon-Leh Uga


Quote:



Bicara tentang Keadilan, apa sih makna keadilan menurut KBBI? 



sumber : kbbi online


Quote:





Mari kita garisbawahi kata "memiliki kesempatan yang sama", apakah sama adalah tentang kuantitas, atau kualitas?

Katakanlah dari segi kuantitas, secara pendek mungkin beberapa orang akan meninjau tentang jumlah libur, namun apakah benar itu yang disebut dengan keadilan yang sama rata?

Dilansir dari databoks jumlah populasi di Indonesia berdasarkan hasil survey sensus penduduk 2015-2045, akan mencapai sekitar 269,6juta jiwa pada tahun 2020, dan sekitar 227juta jiwa beragama muslim, atau jika dipersentasekan sekitar 84,19% penduduk indonesia beragama islam. 
screenshoot dari databoks


Berapa Jumlah Penduduk Muslim Indonesia?

Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Agama (2010-2050)
Sumber : globalreligiousfutures, 2019


Libur Idul Fitri Lebih Banyak, Benarkah Melanggar Sila ke 5 Pancasila?



Relevansi populasi terhadap jumlah libur adalah terkait volume mudik, coba bayangkan jika hari libur idul fitri yang dirayakan oleh 227juta jiwa hanya libur selama dua hari, berapa banyak pesawat, bus, kapal, yang dibutuhkan agar semua muslim bisa pulang kampung? 

Tak perlu kita bahas, berapa banyak negara barat yang tidak meliburkan hari besar agama minoritas di negaranya. 

Menurut ane, mengenai keputusan hari libur nasional sama sekali tidak melanggar pancasila sila ke 5, terlebih kata para "pendahulu" dulu di jaman kepresidenannya Pak GusDur, ramadhan sempat-sempatnya diliburkan sebulan penuh emoticon-Ngakak, sayang ane gak pernah ngerasain.

Sebagai penutup, ada satu cuitan diantara komen netijen twitter yang pada ngegas yang pengen ane share dimari, bikin adem.

Quote:



Kalo menurut Agan-Sista, gimana?


Referensi : Twitter, dan opini pribadi
Gambar : Screenshoot from twitter, dan databoks
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Halaman 1 dari 4
jejak dlu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Waaah... Keren jugak yah kalok Minggu sama Jumat jadi tanggal merah terus2an...
emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 2 balasan
Quote:


2x seminggu lho Gaaannn...
emoticon-Merdeka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qonidio dan 3 lainnya memberi reputasi
hahah, yg paling akhir itu, cerdas, Bang. itu cuitan pertama keknya gak itung itung dan menganalisa dulu ttg berapa banyak penduduk indo yg beragama islam, dan berapa banyak yg menganut agama lainnya. jika pun agama lain boleh libur sebanyak libur saat idul fitri, malah bagus buat kita kita ini, ikut libur lagi 😂 dan jgn blg cuma non muslim yg boleh libur saat ada hari raya non muslim. karena saat idul fitri, non muslim pun ikut libur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qonidio dan 4 lainnya memberi reputasi
dari dulu juga gitu, cuma cari masalah aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qonidio dan 2 lainnya memberi reputasi
di banyakin protes di kurangin protes dasar manusia tidak pernah bersykur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qonidio dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yups golongan manusia tak peernah bersyukur
profile-picture
profile-picture
qonidio dan agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Aku kalo libur pokoknya seneng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qonidio dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mantap, apalagi kalo hari sabtunya libur.. ajib bgt gak tuh emoticon-Ngakak

Quote:


Iya wkwkwk, libur terus pokoknya, kerja sesekali aja.. asik

Quote:


hobi ya emoticon-Leh Uga

Quote:


Iya, hobi ngeribetin diri sendiri emoticon-Leh Uga

Quote:


Setuju wkwkwkwk emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan darmawati040 memberi reputasi
kalau hari libur agama-agama lain mau diperpanjang biar sama dengan cuti lebaran ane sih setuju-setuju aja.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Sekalian aja libur selamanya sekalian ambil pesangon


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan agungdar2494 memberi reputasi
hari liburnya sedikit harusnya ditambah 1 minggu masing masing agam lainnya emoticon-Cool
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkwk mantul ya gan, nambah jatah rebahan

Quote:


Enak ya kalo pesangonnya macem indosat wkwkwkemoticon-Ngakak
Ini mah adil banget 😂
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Hadir, gansis. Minyak dulu
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
bisa agak nyantai nih kalau lagi mudik lebaran.
patut bersyukur jika dikasi libur coba pada kenak sunat bakal ruwet emoticon-Big Grin
Diubah oleh Broser
Kalau bicara soal keadilan di Indonesia, masih banyak keadilan lain yang perlu ditegakkan, soal keadilan hari libur umat muslim saja kok diributkan. Sekarang mayoritas penduduk Indonesia apa coba agamanya. Tolong lah yaa dikondisikan begitu.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Ya gpp kalo protes... Gmn kalo gini liburnya sama... Tapi yang libur hanya penganut agama yang bersangkutan.. Misal natal yang libur kaum nasrani aja.. Lebaran yang libur orang islam.. Dst
profile-picture
geforce9800gtx memberi reputasi
Diubah oleh arjunabuncit
Bukan tentang kuantitas..
tp tentang mudik..
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di