CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Minta Dana Otsus Papua Dievaluasi Total
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68970d2525c37d6a25594e/jokowi-minta-dana-otsus-papua-dievaluasi-total

Jokowi Minta Dana Otsus Papua Dievaluasi Total

Jokowi Minta Dana Otsus Papua Dievaluasi Total

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua dievaluasi total menjelang berakhirnya penyaluran dana tersebut pada 2021.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai Dana Otsus Papua di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Ia mencatat, sejak 2002 Dana Otsus Papua yang telah disalurkan kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat mencapai Rp 92,24 triliun.

Ia meminta angka yang sangat besar itu ditelusuri penggunaannya.

"Karena angkanya besar, saya minta dilihat lagi secara detail bagaimana pengelolaannya, transparansinya, akuntabilitasnya," ujar Presiden Jokowi.

"Jadi sangat penting good governance-nya, penyalurannya apakah betul sudah ter-delivered ke masyarakat," lanjut dia.


Presiden Jokowi juga menyoroti perihal apakah dana otsus itu tepat sasaran atau tidak.

"Apakah udah tepat sasaran? Output seperti apa? Kalau sudah jadi barang, barangnya apa? Dan yang paling penting harus kita lihat sejauh apa dampaknya? Apakah dana Otsus sudah dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat di Papua dan Papua Barat?" lanjut Jokowi.

Pada 2021 mendatang, Presiden Jokowi meminta penyaluran dana tersebut dilakukan secara efektif dan efisien.

Ia juga meminta penyaluran dana Otsus Papua melibatkan tokoh masyarakat dan agama setempat.

Dana Otsus Papua diyakini dapat membawa Papua dan Papua Barat menjadi provinsi yang semakin maju bila penyalurannya tepat sasaran.

"Jadi (ke depan) bisa dirumuskan kebijakan yang terbaik, yang akan membuat Papua dan Papua Barat semakin maju," lanjut Jokowi.

https://nasional.kompas.com/read/202...evaluasi-total

Yang aceh juga perlu d evaluasi tuh pak.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
evaluasi itu penting untuk mengetahui apakah dana otsus itu tepat sasaran atau tidak.
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Harus berhati-hati. Jangan sampai nanti ada pihak-pihak yang tidak suka keuangannya di utak atik dan kemudian mengerahkan masa pendukungnya. Bisa lebih gawat lagi kalau isunya di politisasi mengarah ke referendum.
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
paling juga dipake pejabat sono buat biaya maen ke mabes jkt.

Kalo distop tinggal teriak teriak referendum.
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Ah papua
Ujung timur dan ujung barat gak ada yg beres
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
hiyaaaakkk

dana nya lari ke pejabat setempat.. dicicip dulu sisanya buat masyarakat, yang penting ada penyaluran dana ke masyarakat berapapun totalan hasilnya

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
mending langsung ambil separuh tuh duit buat biaya beasiswa ke negara maju anak anak papua. di jamin 15-20 tahun lagi mereka bisa jadi penggerak pembangunan. tapi yang dari tingkat sd smp ya. jangan yang udah doyan mendem
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Yakin gwe pada ngeles lagi pake isu referendum..

Apalagi dana desa....

Yg ujung barat tinggal menghitung tahun otsusnya dicabut. (Negara dlm negara)

Yang ujung timur distop mirasnya....
profile-picture
profile-picture
valkyr7 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
rakyat papua yg dibawahh pasti senang...

yg di atassss pada gelagapan.....
kebanyakan dana hibah

terutama ke lembaga sekte k dan i
Lihat 1 balasan
OPM berdasi dan OPM bersenjata siap bikin rusuh lagi nih setiap denger yang beginian emoticon-Hammer2
Pangkas 50%, mantapz tuh bos biar pada nangis emoticon-Big Grin
jangan di evaluasi ntar ngancam referendum lagiemoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di