CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
11 Maret 1966 Supersemar Terbit, Berikut Hal yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e688ee28d9b170dad7ac393/11-maret-1966-supersemar-terbit-berikut-hal-yang-masih-menjadi-misteri-hingga-kini

11 Maret 1966 Supersemar Terbit, Berikut Hal yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini

Hari ini (11 Maret 2020) menjadi “ulang tahun” dari lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang diterbitkan Soekarno kepada Soeharto. Meskipun kejadian tersebut sudah berlangsung pada 54 tahun yang lalu, tapi hingga kini keberadaan surat tersebut keberadaannya masih menjadi misteri bagi publik hingga saat ini. Padahal surat “maha penting” tersebut kala itu menjadi penanda dari pergantian era kepemimpinan di Indonesia.

11 Maret 1966 Supersemar Terbit, Berikut Hal yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini


Sekilas mengenai Supersemar, surat tersebut berisi wewenang kepada Soeharto untuk memulihkan kembali keamanan dan ketertiban nasional setelah peristiwa G30S PKI. Tapi yang mengaggetkan banyak pihak saat itu, Soeharto malah bertindak sangat agresif dengan menangkapi orang-orang yang diduga terlibat dalam G30S PKI. Selain itu ia pun juga membubarkan PKI.

11 Maret 1966 Supersemar Terbit, Berikut Hal yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini


Karena dirasa tindakan Soeharto agak agresif, Soekarno pun melayangkan surat susulan sebagai protes.

Sayangnya saat surat tersebut terbit, kekuasaan yang dimiliki Soekarno malah semakin redup. Bahkan, berselang satu tahun setelah surat itu keluar, kekuasaannya tergantikan oleh sosok Soeharto.

11 Maret 1966 Supersemar Terbit, Berikut Hal yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini


Hingga kini bagaimana surat itu keluar dan seperti apa isi surat itu pun masih menjadi misteri publik, meskipun kejadian tersebut sudah berlangsung 54 tahun yang lalu.

Lantas apa saja misteri-misteri tersebut? Simak dibawah ini:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kikin24 dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VolkswagenPutih
Halaman 1 dari 9
masih tetap menjadi misterii sih ini supersemar🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sejak dulu ane penasaran.. surat sepenting itu bisa gak ada dalam arsip nasional... kebenaran dibawa mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 7 lainnya memberi reputasi
Kalau ane masih penasaran dengan wujud fisik Super Semar itu. Tapi emang jadi titik balik pemegang kekuasaan di Indonesia sih emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
misteri terbesar buat ane tetep apa memang sebenarnya ada tidak supersemar, atau hanya buatan seseorang bukan soekarno, atau bahkan mgkn memang ada atau tidak?
profile-picture
profile-picture
kakekjepang dan extreme78 memberi reputasi
Kayaknya misteri soal Supersemar gak ada habisnya untuk dibahas. Tapi dengan tokoh-tokoh utama yang udah meninggal, kemungkinan cerita pastinya enggak bakal terungkap sih. Tapi karena itu juga era Pak Harto mulai terlihat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 3 lainnya memberi reputasi
Entah gimana guru2 mau mengajarkan sejarah dan kebenaran tentang supersemar ini... mereka2 yg tau (benar2 tau) saat itu tutup mulut dan membawanya ke dalam kubur... tinggal kita deh yg nebak2 kebenaran sesuai rezim yg berkuasa atau kebenaran sesuai keinginan sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 5 lainnya memberi reputasi
suwer, ampe sekarng penasaran banget ama supersemar ini.. mau percaya, mau gak... tapi versi yg mana yg enak dipercaya?
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


lah sama gan ane jg sempet terbersit berpikir seperti itu. Dr dulu emg supersemar masih menjadi misteri sih, karna sampe skrg pun gak ada yg bisa menemukan bahkan mengungkap isi dibalik surat perintah tsb. Yg ane penasaran sebenernya supersemar itu ada apa engga? Gt aja
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
wadiddaaawww sejarah yang sangat berkesan... meninggalkan jejak tapi tiada bukti
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
kalau jaman sekarangg ga bisa tuh kayak gituu.. semua harus ada bukti fisiknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


kayaknya sejarah tuh banyak versinya. sampe bingung harus peraya yang manaa.. bisa percaya sama buku pelajaran dan pelajaran di sekolah, atau percaya omongan kakek nenek yang ngalamin langsung
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
intinya sih jas merah . jangan sekali sekali melupakan sejarah yessss
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


yupp bener banget. sulit mencari kebenaran yang valid... semua cuma berdasarkan tebalan belakaaa
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
Yang berlalu biarlah berlalu. Capek otak mikir teori2 macem. Let's forgive n forget emoticon-Smilie

Natap masa depan aja utk indonesia lebih baik emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kopralicious
Intinya sejarah ditulis oleh pemenang, dari jaman dahulu kala sampai sekarang masih begitu kok..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mewtwo68d
Lihat 1 balasan
Misteri yang sulit dipecahkan...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 4 lainnya memberi reputasi
Rahasianya sudah tersimpan dalam-dalam sampai ke alam kubur oleh eyang Harto. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
soeharto is the best
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 4 lainnya memberi reputasi
Bener bener sebuah misteri dlm sejarah indonesia..emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan extreme78 memberi reputasi
sesuatu yang tidak bisa dibuktikan berarti tidak ada
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.theflash. dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di