CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e686785dbf7645a47442405/mood-hilang-saat-hendak-menulis-lakukan-beberapa-hal-berikut-ini

Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Tips Meningkatkan Mood
Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Agan dan Sista pasti suka menulis kan?Sebel nggak sih kalau ide di otak banyak tapi mood nggak mendukung, alhasil segala ide yang ada tidak bisa dituangkan dalam bentuk tulisan. Jangankan menulis cerita utuh, untuk membuat satu kalimat saja rasanya sulit luar biasa melebihi ngerjain soal matematika--bagian ini sih lebay😁.

Menulis memang tidak hanya membutuhkan keahlian semata tapi juga membutuhkan mood yang bagus. Entah itu penulis amatir--seperti saya--maupun penulis ahli yang sudah menerbitkan ratusan buku.

Terus gimana dong, caranya mendapatkan mood yang kadang tiba-tiba ngilang entah kemana saat hendak menulis? Tenang, di trit kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar mood tetap bagus sehingga kegiatan menulis berjalan mulus.

Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Tips Berikut Ini

1. Dengarkan Musik

Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Sudah menjadi rahasia umum jika mendengarkan musik bisa membuat suasana hati menjadi senang. So, saat hendak menulis tapi mood lagi buruk, dengarkanlah musik kesukaan Agan dan Sista. Kalau bisa setel agak keras ya, terus ikut nyanyi deh. Dijamin semua rasa gelisah, galau, merana pasti ngacir. Ups! Kaya laguemoticon-Ngakak


2. Makan Coklat

Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Kalau ini Gansist juga pasti sudah pada tahu kan? Coklat adalah makanan yang ampuh untuk mengembalikan mood yang buruk. Dilansir dari www.larissa.co.id kandungan Phenylethylamine dalam coklat mampu mendorong sekresi hormone dopamin dan serotinin, hormon inilah yang dipercaya mampu menimbulkan rasa bahagia seseorang.

Pada dasarnya tubuh sudah secara alami memproduksi hormon dopamin dan serotinin dengan sendirinya, tapi dalam keadaan tertentu hormon ini perlu dirangsang. Misalnya kalau pikiran lagi stres, atau lagi galau gegara ditinggal mantan. Eh!!! emoticon-Hammer2

3. Minum Kopi

Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Nah ini sering banget saya rasakan sendiri Gansist. Entah mengapa setelah minum kopi saya sering kali merasa begitu bersemangat dan senang, padahal terkadang beberapa waktu sebelum minum kopi rasanya malas.

Jadi kalau mau nulis kok mood buruk, biasanya saya langsung bikin kopi terus meminumnya. Beberapa menit kemudian, cling!!! Semangat langsung kembali dan otak terasa encer sehingga jari-jemari saya bisa mengetik tiap kata yang ada di otak dengan lancar.


4. Rekreasi

Mood Hilang Saat Hendak Menulis? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Selain ketiga tips di atas, tips terakhir ini juga bisa Gansist coba. Berliburlah ke tempat yang Agan dan Sista sukai untuk mengurangi rasa jenuh setelah melakukan rutinitas harian. Selain meningkatkan mood, liburan juga bisa mendatangkan ide.

Inget ya Gansist, liburan itu nggak harus jauh dan mahal. Saya sendiri kalau pikiran lagi suntuk suka mengunjungi tempat-tempat yang banyak pepohonan hijaunya, contohnya sawah. Melihat hamparan padi yang meliuk-liuk tertiup angin membuat hati terasa damai, dengan begitu mood menulis pun terjaga dengan baik.


Bagaimana Gansist, setuju nggak dengan 4 tips yang saya sebutkan di atas? Atau Gansist mau tambahin tips lainnya? Boleh banget kok, yuk bagikan saja di kolom komentar.




Sumber gambar : di sini

Ditulis oleh : Tara Anggara, 11 Maret 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TaraAnggara
Halaman 1 dari 4
pejwan
profile-picture
galih17 memberi reputasi
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
Patut dicoba nihemoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Boleh, boleh, boleh
Rekomended nih
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
aku sih biasa denger musik atau nonton film
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


nah ane tipe tipe yg setelah rekreasi dapet inspirasi tuh heheheh emang ngaruh, kalo lagi penat g bakal bisa mikir mau nulis apa.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


huwooow ... kirain smulean dulu hehehehe emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Smulean kalo moodnya ambyaarrrr ... kuy smule an emoticon-Big Kiss
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


wah lagi ambyar nih skrg hahaha
Quote:


Semoga bermanfaat

Quote:


Bisa juga tuh nonton film. Kalau ane biasanya nonton drakor😄

Quote:


Yups, rekreasi biar otak fresh

Quote:


Ho, ho , ho akun smuleku nganggur
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Boleh juga nih, nggam perlu ngeluarin duit buat ke tempat karaoke
Ane palingan tidur wkwkwk
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Gampang banget balikin moodnya gan. Ane kalau cuma tidur gak mempan
ane sih demen ngopi😅
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Kalo sya milih nyanyi. Nulis sambil dengerin musik, enggak bakalan jadi. hahahaha
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
nah ini nih tips yang ane butuhin. kadang bingung juga kalau ga mood nulis. isinya cuman ngeluh doang tapi bingung solusinya apaan
biasanya sih yang paling ampuh coklat sama kopi sih gan kalau ane
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Nah ini, aku juga jadi kecanduan kopi sekarang

Quote:


Iya, dengerinnya kalau mood lagi kacau. Kalau udah ok, baru nulis.

Nulis sambil dengerin musik, aku sih juga gak bisa

Quote:


Banyak juga ya mood baik setelah minum kopi, kirain ane doang
Quote:


Tapi belakangan lagi ngurangin kopi gan, lagi memperbanyak air mineral aja. Paling larinya ya ke musik itu sih. Tapi kalau bener bener ga mood, gagal juga kalau dengerin musik doang emoticon-Mewek
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di