CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Karesidenan Pati /
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68616fb41d30266f7549d4/coc-regional-lokasi-wisata-beli-oleh-oleh-khas-kudusamp-edukasi-di-museum-jenang

[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang

[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang



Lokasi Wisata di Kabupaten Kudus
Museum Jenang Desa Glantengan


Halo Gan, ketemu lagi sama Bipoh disini. Ane mau kenalin lagi nih tentang salah satu lokasi wisata yang ada di kabupaten Kudus. Agak sedikit berbeda dengan objek wisata yang sudah dibuat thread seperti kemarin, karena disini kalian akan ane ajak ke Museum Jenang yang berada di Desa Glantengan, Kecamatan Kota.

Apa saja sih yang ada disana? Selain jenang yang memang diperuntukkan untuk para pelanggan yang datang berkunjung ke Kabupaten Kudus. Kalian bisa juga loh melihat awal sejarah pembuatan jenang, miniatur-miniatur yang menyerupai banyak bangunan yang sudah disiapkan di tempat tersebut, bisa digunakan untuk berfoto-foto bersama.

Tiket masuknya gratis, kalian bisa langsung masuk ke dalam pusat oleh-oleh, dimana lantai satu sebagai penjualan berbagai macam jenis jenang dan lantai dua digunakan untuk Museum Jenang. Penasaran bukan, lokasi wisatanya berada dimana? Cukup dekat kok dengan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Ayo kepoin langsung Gan.


Lokasi Wisata
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Google maps

Ane mulai titik awal mula perjalanan dari Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, karena lokasinya tidak terlalu jauh dan paling kurang lebih 5 menit sudah sampai. Jika kalian keluar dari jalur demak, kemudian sampai di Hypermart. Ambil jalan yang menuju ke Alun-alun, tinggal lurus saja dikarenakan ini cuma satu jalur dan untuk mobil motor pun dipisahkan.

Ingat, jangan salah masuk jalur mobil ya. Setelah melewati lampu merah pertama, lalu yang kedua, dimana sekarang kalian sudah berada di Alun-alun. Masih berada di lampu merah, selanjutnya ambil arah sedikit mengikuti jalanan. Di sisi kiri jalan ada Kantor Bupati, terus lurus mengarah ke jalan yang menuju Pasar Kliwon, tapi jangan langsung lurus melainkan belok kiri jalan.

Untuk mobil juga bisa, dikarenakan ini dua jalur, kecuali tiap pagi hari ada jam tertentu yang mobil tidak boleh lewat. Sesaat sudah mengarahkan kendaraan untuk belok kiri, kalian harus tetap mengambil arah lurus ke depan. Sebentar lagi akan terlihat percabangan jalan menjadi empat, abaikan saja dan berkendara lurus terus.

Biar tidak kesasar terlalu jauh, titik poin terakhir ada Indomaret di sisi kanan jalan. Cuma sebentar lagi kalian akan sampai dan lokasinya tepat berada di sisi kiri jalan. Akhirnya sampai juga, setelah melihat Indomaret sisi kanan jalan, kemudian mendapati pusat oleh-oleh di sisi kiri jalan. Untuk tempat parkir memang lebih luas dari biasanya, dikarenakan banyak bus-bus pariwisata yang memang mampir dan mau membeli oleh-oleh.

Cuma 5 menit dari Alun-alun Kudus, tinggal belok kiri, lurus sebentar, lihat ke kiri jalan dan sudah langsung sampai. Jika kesasar kalian akan mendapati lampu merah yang bercabang lima, kalau sudah begini bisa putar balik dan jangan takut karena disini bukan satu jalur.


Selamat Datang
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar

Sesaat sudah parkir kendaraan, pertama kali kalian akan memasuki lantai pertama disana dengan berbagai macam jenis jenang. Bisa juga sekedar melihat-lihat dulu mengenai apa saja yang bisa dijadikan buah tangan. Percuma dong, kalau sudah ke Kudus malah tidak mampir kesini.

Ane buka promoin jenangnya loh Gan, jadi jangan salah mengartikan. Hanya ingin kasih tahu mengenai tempat-tempat yang bisa dijadikan rekomendasi kalian saat berkunjung kesini. Dulunya memang belum ada Museum Jenang, hanya pusat oleh-oleh saja yang ada disana. Baru tiga tahunan lantai kedua itu direnovasi dan dijadikan sebagai tempat edukasi sekaligus wisata.

Banyak loh dari pengunjung yang memang penasaran mengenai apa yang ada di lantai dua tersebut, dikarenakan ini satu-satunya yang ada di seluruh Indonesia. Banyak sih pusat oleh-oleh lainnya, terutama di kawasan Masjid Menara dan Sunan Muria. Dari kedua tempat tersebut, pada penjual menjajakan berbagai macam jenang mulai dari curah atau yang sudah dibungkusan.


Museum Jenang
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar

Sudah melihat berbagai macam jenis jenang, kalian harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk menuju ke lantai dua yang ada di atas. Pemandangan pertama yang terlihat disana, akan ada banyak miniatur-miniatur meliputi rumah kapal, pembuatan jenang, rumah adat dan banyak lagi.

Kebanyakan pengunjung memang mengabadikan momen tersebut dengan berfoto maupun selfie bersama-sama. Spot-spot foto dengan latar belakang berbagai miniatur yang sudah diatur sedemikian rupa, menambah rasa penasaran orang yang melihatnya. Ini dimana? Apa iya di Kudus?

Buat mereka yang belum tahu mengenai Museum Jenang, pasti bertanya-tanya. Cukup unik bukan teknik pemasaran tersebut, disamping rasa penasaran mengenai adanya Museum Jenang, sekaligus meningkatkan pengunjung pusat oleh-oleh. Jika kalian berwisata ke Kudus, cobain kesini, gratis loh biaya masuknya.


Miniatur Menara Kudus
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar


Miniatur Omah Kapal
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar


Miniatur Rumah Tradisional
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar


Pesawat Fokker
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar


Stasiun Lama
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar


Sejarah Jenang 33
[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
Sumber gambar

***


Gimana Gan? Seru kan mengenai objek wisata kali ini yang ada di Kabupaten Kudus. Kalian bisa mengenali tahap awal dan persiapan pembuatan jenang dan sejarahnya sampai bisa dijadikan oleh-oleh khas disana.

Berbagai macam jenis miniatur-miniatur yang menyerupai bangunan yang asli pun bisa digunakan untuk spot-spot foto bersama. Jangan sampai kelewatan saat kalian mampir kesini, sudah ke Kudus tapi belum ke Museum Jenang ya sama saja bohong. Sekian thread ane untuk meramaikan event seluruh Regional yang ada di Kaskus.

Terima kasih Agan Sista yang sudah membaca thread sederhana ini. Salam hangat dari Bipoh, dan sampai jumpa lagi disini.



[COC Regional: Lokasi Wisata] Beli Oleh-oleh Khas Kudus& Edukasi di Museum Jenang
--------------------------------------
Penulis : ebipo
Referensi : TS sendiri


profile-picture
profile-picture
syrupmaple dan buruhrokok memberi reputasi
Diubah oleh ebipo
emoticon-terimakasih



#2020Masih Ngaskus
profile-picture
buruhrokok memberi reputasi
wah, museumnya bagus banget.
menambah wawasan tentang jenang dan kudus

emoticon-2 Jempol
berkali-kali ke kudus tapi belum pernah ke museumnya 🤣
pernahnya ke museum kretek doang emoticon-Ngakak (S)
mungkin perlu dicoba nih emoticon-Embarrassment
perlu di samperin nih gan museum gusjigang nya. selain belajar sejarah, bisa juga belanja oleh oleh. cuma kadang kalo lg rame, jalanan crowded parah. krn biasanya pada beli oleh oleh


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di