CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta Wow tentang Rayap yang Unik dan Bikin Melongo, Ternyata Bisa Dibuat Obat!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e685e1ca2d1954e8358843f/fakta-wow-tentang-rayap-yang-unik-dan-bikin-melongo-ternyata-bisa-dibuat-obat

Fakta Wow tentang Rayap yang Unik dan Bikin Melongo, Ternyata Bisa Dibuat Obat!

Fakta Wow tentang Rayap yang Unik dan Bikin Melongo, Ternyata Bisa Dibuat Obat!
gambar
Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, semoga selalu bahagia. Baiklah, hari ini kita kenalan ama sesehewan yang bikin baper para emak😑, kalo ada hewan ini kitchen set ama kusen bisa keropos aka hancur. Faktanya hewan ini membuat kerugian properti sekitar $5 milyar pertahun. Rayap ternyata merupakan salah satu jenis makhluk purba yang masih bisa kita jumpai hingga detik ini.

Hewan kecil ini hidup berkoloni, sama kek saudaranya semut, maka jangan heran jika ada sebagian orang yang menyebut rayap dengan julukan semut putih. Saat ini lebih dari satu kuadriliun -satuan bilangan yang besarnya ribu kali triliun; seribu triliun- rayap menghuni bumi, buanyaak. Dengan kekuatan gotong royongnya, rayap dapat membangun sarang setinggi 91 meter.
Fakta Wow tentang Rayap yang Unik dan Bikin Melongo, Ternyata Bisa Dibuat Obat!
gambar

Rayap membangun sarangnya dengan kotoran mereka sendiri. Dalam sebuah penelitian yang tertuang dalam Proceedings of Royal Society B, disebutkan bahwa kotoran rayap memiliki antibiotik alami, makanya aman untuk tempat tinggal alias sarang koloni rayap, dijamin nggak bakal tumbuh jamur atau bakteri yang dapat membahayakan kelangsungan hidup rayap.

Koloni rayap saling mendukung dengan bertukar kotoran. Mereka pemakan kotoran mereka sendiri, ane mulai eneg🤢. Skip deh, kita lanjut dengan kehebatan rayap yang fenomenal.

Saat sang rayap kecil terlahir ke dunia, ia tidak dapat melihat alias buta. Bukan hanya buta, rayap yang baru lahir juga tidak dapat mendengar alias bisu. Jadi rayap ini benar-benar mengoptimalkan indera penciumannya untuk bekerja. Nantinya rayap ini akan meninggalkan jejak aroma untuk rayap lain dibelakangnya, begitu aja terus, kerja sama yang apik.

Setiap koloni terdapat sekitar 10 juta rayap. Rayap-rayap ini dipimpin oleh seorang ratu dan raja, kek kerajaan bener😅. Kerjaan ratu cuma makan dan bertelur, yang bikin wow, sang ratu bisa bertelur setiap 15 detik, dalam sehari bisa menghasilkan telur rayap sebanyak tiga puluh ribu telor. Kegiatan bertelur ini akan dilakukan sepanjang hayatnya. Kebayang nggak kalo punya ayam ajaib, GanSist, misal ini, ts lagi menghayal, kekuatan bertelurnya kek ratu rayap, tiga puluh ribu telur ayam, auto kaya klo dijual🤩.

Kalo sang ratu tugasnya bertelur sepanjang hayat, rayap pekerja akan bekerja juga sepanjang hayatnya. Sesuai namanya rayap pekerja, rayap-rayap ini akan bekerja fulltime, 24 jam nonstop, tiada henti. Umur seekor rayap pekerja biasanya hanya bertahan lebih kurang selama dua tahun saja. Kalo nggak gitu, berapa banyak rayap di muka bumi.

Ketika ada bahaya datang mendekat, rayap akan memberitahu koloni lainnya dengan cara memukul kepalanya dengan membenturkannya di sarangnya. Getaran yang dihasilkan cara mereka berkomunikasi. Kan mereka memang terlahir buta dan tuli, jadi mengandalkan indera perasa untuk mengetahui jika ada bahaya.

Rayap dewasa yang bersayap disebut dengan laron atau anai-anai. Biasanya banyak banget, ni, kalo musim hujan. Laron akan keluar dan mencari sumber cahaya. Di sini mereka akan mencari jodoh, jika dirasa cocok satu sama lain, rayap bersayap alias laron akan memutuskan sayapnya. Lalu, mereka akan berjalan sambil bergandengan tangan mencari tempat yang dirasa aman dan nyaman, di mana masa depan menanti mereka berdua alias nantinya mereka akan membuat koloni baru.

Ternyata, ratu rayap sudah banyak diburu oleh manusia, GanSist. Katanya, ratu rayap bisa digunakan sebagai obat. Penyakit yang dipercaya bisa disembuhkan adalah penyakit kulit, kolesterol, mata, diabet atau kencing manis, asam urat, dan lain sebagainya.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber : 1, 2, 3, 4





profile-picture
profile-picture
profile-picture
andanlandung dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
hewan ini harus dibasmi sebelum kusen hancur
profile-picture
profile-picture
hyperzectrooper dan kelayan00 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kasih alamat jangan lupa, takut nyasar ntat
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Enakan pean dong😑, wes tak sangoni emping wae
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
rayap banyak kegunaannya ternyataemoticon-Belo

kalo tikus?

BATA!
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh red.bezos
Quote:


Tikus mana dulu ni🙃
profile-picture
red.bezos memberi reputasi
Quote:


Samaaaaa doong kek aku🤤
Quote:


tikus got, apa ada kegunaannya?
Quote:


Kirain tikus yang ono😅, mari kita pikirkan apa kegunaannya😌
Rayap adalah musuh semua orang. Kalo udah ada rak/lemari yg kena harus segera dibasmi sebelum menyebar kemana-mana emoticon-Marah
Berarti yg berguna buat obat cuma sang ratu doang ya? Yg lainnya ga dipake? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Hooh, kalo udah ada rayap dijamiinnn bakal keropos semua

Iye, cuma ratunya doang, yang badannya gede
lucu ya rayap itu kalo di zoom, jadi pengen miara emoticon-Angkat Beer
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
ratu rayab mitos nyari nya pun sulit
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Duhhh tapi liat bentuknya tu udah geli banget gimana dooong
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
nice info emoticon-Wow
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Samaa😅😅😅
Quote:


Nyarinya ke hutan, nyari di sarangnya langsung
Quote:


Haaaaaah😱😱
profile-picture
blezzernet memberi reputasi
Rayap ... rayap kecil
Saya mau tanya
Apakah di dalam tanah, ada penjual bakso?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Rayap adalah hewan kecil yang tangguhemoticon-Jempol
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Quote:


Setangguh kamu beib😘
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di