CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenhub Naikkan Tarif Ojol Saat Wabah Corona, Tepatkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e685500c8393a6c940bf0fe/kemenhub-naikkan-tarif-ojol-saat-wabah-corona-tepatkah

Kemenhub Naikkan Tarif Ojol Saat Wabah Corona, Tepatkah?

Kemenhub Naikkan Tarif Ojol Saat Wabah Corona, Tepatkah?

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhirnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memutuskan untuk menaikkan tarif ojek online (ojol) seperti Grab dan Gojek. Kenaikan ini berlaku pada wilayah Jabodetabek pada Senin depan, 16 Maret 2020.


Untuk tarif batas bawah yang sebelumnya Rp 2.000/km akan naik menjadi Rp 2.250/km atau naik Rp 250/km. Untuk tarif batas atas naik dari Rp 2.500/km menjadi Rp 2.650/km. Artinya kenaikan Rp 150/km.

Adapun tarif flat untuk 4 km pertama juga naik dari Rp 8.000 hingga Rp 10.000 menjadi Rp 9.000 hingga Rp 10.500. Aturan ini berlaku sejak 16 Maret 2020.

"Didapatkan kenaikan angka Rp 225 rupiah per Km lewat lima skema tarif yang ditawarkan dari Rp 100 hingga Rp 500. Setelah dimasukkan ke dalam model menjadi Rp 225/km per Jabodetabek. Untuk respons tarif bawah," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Kenaikan tarif ojek online ini dilakukan di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang tidak dalam kondisi bagus, lantaran RI tengah terpapar virus corona yang mulai menekan beberapa sektor di Tanah Air.

Hal yang sudah terasa pun ada di sektor pariwisata di mana banyak turis yang memutuskan untuk membatalkan perjalanannya ke Indonesia. Bila virus corona berlanjut, berpotensi berpengaruh pada ekonomi. Pasalnya, Indonesia sangat tergantung pada pasokan bahan baku dari China. Saat ini warga China sedang enggan bekerja karena takut virus corona.

Untuk mengantisipasi dampak corona, pemerintah pun meluncurkan stimulus senilai Rp 10 triliun. Dana ini disalurkan lewat sejumlah kebijakan seperti kartu prakerja, meningkatkan dana PKH (program keluarga harapan), insentif perumahan hingga pariwisata.

Bahkan pengusaha di bawah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia juga akan menghadap Presiden Jokowi Rabu siang (11/3) guna membahas dampak corona bagi dunia usaha.

"Jam 11 ini saya di terima presiden untuk membicarakan masalah dampak corona ini," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/3).

Di sisi lain, salah satu alasan permintaan kenaikan tarif ojek online adalah iuran BPJS Kesehatan sudah dibatalkan oleh Mahkamah Agung. Pembatalan dilakukan sejak 28 Februari 2020.

Dengan dibatalkan kenaikan ini maka iuran BPJS Kesehatan kembali ke iuran awal, yakni: Kelas 3 sebesar Rp 25.500/bulan, Kelas 2 Rp 51.000/bulan, dan Kelas 1 Rp 80.000/bulan.

Menurut Peneliti INDEF, Bhima Yudistira, soal kenaikan tarif ojol harus dicarikan titik keseimbangan antara keberlanjutan perusahaan startup yang sebelumnya andalkan bakar uang dengan kesejahteraan driver ojol dan sisi daya beli konsumen.

"Melihat tiga titik keseimbangan itu tarif ojol saat ini memang terbilang terjangkau khususnya bagi kelas menengah perkotaan. Artinya tergantung kenaikan riil-nya berapa rupiah per km. Jika bertahap tentu tidak akan menggerus daya beli konsumen," ujar Bhima kepada CNBC Indonesia, Selasa (10/3/2020).

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...orona-tepatkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
kalo anyep jgn mewek yak.. emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Kemarin pas demo bilang salah satu alasan kenapa ojol minta tarif dinaikin karena iuran bpjs naik. Sekarang iuran bpjs ngga jadi naik. Terus tarif tetap naik. Untung dobel ojol haha..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
glang.glang dan 7 lainnya memberi reputasi
ojol makin jaya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
terus mo lu apa
Di sisi lain, salah satu alasan permintaan kenaikan tarif ojek online adalah iuran BPJS Kesehatan sudah dibatalkan oleh Mahkamah Agung. Pembatalan dilakukan sejak 28 Februari 2020.

serius ada yg bilang gini? apa khayalan wartawan CNBC? lama2 ini media makin ga jelas emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
dunkersz dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga orderan kang ojol rame
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 2 lainnya memberi reputasi
kaya nya belom lama naek dah, udah naek lagi aja , lama2 baybay dah sama ojol , balik naek motor pribadi / beli makanan langsung aja ke resto nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Wkwkwk Ojol bersuka ria atas hal ini!
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
tepat waktunya sih karena lagi wabah COVID-19 begini orang jadi menghindari transportasi publik atau pergi ke tempat2 publik. jadi yang mau pergi2 mending pakai ojol atau beli makanan atau kirim barang juga pakai ojol biar nggak usah keluar rumah.
kalau sampai harus lockdown, ojol tetap boleh beroperasi, pasti laris banget.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Waah,naik semua yaa..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
silverman234 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ojol mah santai2 aj mau naik jga.. sekarang orang2 di kota dh banyak bergantung ama ojol jga.. berapapun pasti jga bkl di bayar emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini pemerintah kayaknya emang sengaja mau sengaja matiin ojol, narik pajaknya udah ga masuk akal emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
amiruls.lee dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Hubunganny trs apaan dgn corona? Buat komparasi ko nyambung bgt, pengen meroket rasany
profile-picture
profile-picture
badbironk dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gue skrng bawa skuter sndri emoticon-Ngakak tarip naik iuran gengster naik emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Yah benar, mau dinaikkan per tarif 200000 buat warga Jakarta juga kecil
profile-picture
profile-picture
silverman234 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


yang bergantung gak sebanyak yang lu kira. Ojol sekarang banyaj yang di pinggir jalan nunggu orderan bikin macet
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan god.dexvils memberi reputasi
ada beberapa kemungkinan:
gara-gara ojol rusuh ama debt collector
kerjaan menhub cuma naikin tarif ojol doang
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bagooosss biar ojol gak pada demo lagi..

tinggal tunggu waktu aja ada demo minta penumpang ke pemerintah.. emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Naik busway / KRL cm 3.500
Trus naik jaklingko...

Lumayan irit
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gak apa apa naik tarifnya juga gpp kok.. Namanya juga swasta .. Nggak di bayar negara / pemerintah..
Asal di beritahukan jasa tarifnya dan masyarakat mengetahui harga tatifnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di