CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Gyeongbokdong Palace
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e68514c8d9b1755567ec34f/gyeongbokdong-palace

Gyeongbokdong Palace

Gyeongbokdong PalaceGyeongbokdong Palace
Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Istana Gyeongbok merupakan sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk), Korea Selatan. 
Gyeongbokdong Palace ini pun simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Setelah pembunuhan Maharani Myeongseong oleh mata-mata Jepang pada tahun 1895, Raja Gojong meninggalkan istana ini bersama anggota keluarganya yang lain dan tidak akan pernah kembali. 
Bangunan utama dari Istana Gyeongbok termasuk Geunjeongjeon, Ruangan Tahta Raja (yang merupakan harta nasional Korea Selatan nomor 223) dan Paviliun Gyeonghoeru (harta nasional nomor 224) yang memiliki kolam bunga teratai dan 48 buah tiang tonggak granit. Istana Gyeongbok saat ini dibuka untuk umum dan Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea) berdiri di dalamnya. 
Banyak rakyat Korea yang berharap pemerintahnya dapat mengembalikan bentuk asli istana. Berkat kerja keras arkeolog, 330 bangunan berhasil dibangun kembali. Saat ini gerbang masuk istana (Gwanghwamun) sedang direnovasi untuk dibuat kembali seperti pada asalnya dan diperkirakan selesai tahun 2009. Nuansa kerajaan yang megah semakin terasa oleh pengunjung karena selain melihat bangunan istana yang luas, akan ada penjaga istana lengkap dengan pakaian khas masa Dinasti Joseon yang berdiri di beberapa sudut istana sambil membawa tombak pelindung.
Ditambah lagi, setiap beberapa jam sekali akan ada pertunjukan pembukaan dan penutupan Royal Palace Gates lengkap dengan upacara pergantian penjaga istana. Upacara ini dilakukan dengan durasi 10 sampai 20 menit dan bisa disaksikan oleh semua pengunjung Istana Gyeongbokgung.
Jam buka istana ini berbeda-beda, tergantung musim. Bulan November sampai Februari buka jam 9 pagi samapi 5 sore. Bulan Maret sampai Mei buka jam 9 pagi sampai 6 sore. Bulan Juni sampai Agustus buka jam 9 pagi sampai 6.30 sore. Sedangkan bulan September sampai Oktober buka jam 9 pagi sampai 6 sore. Satu hal penting yang perlu diingat adalah, istana ini tutup setiap hari Selasa.
Di Istana ini terdapat pergantian pasukan penjaga, kegiatan itu berlangsung di depan Gwanghamun, pintu gerbang Istana Gyeongbokgung, satu kilometer sebelah timur terdapat istana lain yaitu Changdeokgung (Istana Kebajikan Gemilang) daan Changgyeonggung (Istana Perayaan Gemilang). Dua istana lain adalah Deoksugung (Istana Dirgahayu Leluhur) yang berada di samping Balai Kota Seoul dan Gyeounghuigung (Istana Semarak Kebahagiaan) yang berada di sisi barat. Gyeongbokgung adalah istana utama dan terbesar. Artinya, Istana yang Diberkati oleh Surga. 
Berdiri di areal seluas 410.000 meter persegi, istana ini memiliki 330 komplek bangunan dengan 5.792 kamar di dalamnya. Ada tiga lapis pintu gerbang yang harus dilalui untuk sampai ke istana tempat raja bertahta menyelenggarakan pemerintahan yang disebut Geunjeongjeong.  Masing-masing pintu gerbang dibatasi oleh lapangan batu yang sangat luas. Di sisi Geunjeongjeong ada kolam buatan yang besar.
Di tengah kolam itu berdiri paviliun Gyeonghoeru seluas 931 meter persegi. Tempat ini digunakan Raja untuk menjamu tamu. Di belakang Geunjeongjeong adalah taman yang sangat luas. Di salah satu bagian taman ada kolam buatan lain. Di tengah kolam itu berdiri bangunan serupa kuil yang disebut Hyangwonjeong.
Apabila berkunjung ke Gyeongbokgung Palace, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayar. Namun biayanya sangat terjangkau. Pengunjung internasional anak-anak yang berusia 7 sampai 18 tahun cukup membayar 1.500 won (atau sekitar Rp 18.000), sedangkan orang dewasa usia 19-64 tahun wajib membayar 3.000 won (atau sekitar Rp 36.000). Khusus untuk warga Korea berusia 25 sampai 64 tahun biaya masuknya juga 3.000.



Sumber : https://entrybuana.com/gyeongbokdong-palace/
Diubah oleh entrytour


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di