CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bentrok 'Ojol vs DC' Bukti Perkumpulan Ojol Sudah Jadi Ormas Berpengaruh di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6848e968cc955ddc5fe35d/bentrok-ojol-vs-dc-bukti-perkumpulan-ojol-sudah-jadi-ormas-berpengaruh-di-indonesia

Bentrok 'Ojol vs DC' Bukti Perkumpulan Ojol Sudah Jadi Ormas Berpengaruh di Indonesia

Bentrok 'Ojol vs DC' Bukti Perkumpulan Ojol Sudah Jadi Ormas Berpengaruh di Indonesia


Bentrok debt collector (DC) versus kelompok sopir ojek online (ojol) di Jogja pada Kamis (5/3) kemarin menegaskan kolektif ojol telah menjadi satu kelompok masyarakat baru berbasis profesi. Sifat pengendara ojek yang semi-ormas tecermin dari karakter yang solid dan termobilisasi efektif. Ketika ada rekan diganggu, komando satu rasa korps jaket hijau ini efektif menggerakkan kawan untuk saling bantu. Contohnya tentu dalam kasus ojol melawan DC di Jogja.

Perselisihan diawali pada Selasa (3/3), ketika seorang debt collector memaksa sita motor seorang sopir ojol di Jalan Wahid Hasyim, Condongcatur, Sleman. Di TKP, seorang pengemudi Grab bernama Luthfi Aditya Kusuma tergerak untuk melerai. Luthfi membela sejawatnya dengan mengatakan, seharusnya penagihan utang sesuai prosedur hanya boleh dilakukan di rumah.

Sembari meminta si DC bersikap prosedural, Luthfi menyuruh rekannya tadi pergi duluan. Misi penyelamatan itu sukses, namun Luthfi babak belur jadi sasaran pemukulan si DC. Luthfi lalu melakukan visum dan melapor ke Polsek Depok Timur keesokan harinya.


"Kemarin sekitar jam setengah enam sore ada teman kita berpakaian ojol diberhentikan sama dua orang yang ngaku DC. Motornya mau ditarik karena telat [bayar cicilan] satu bulan. Kalau mau narik harus sesuai prosedur, tarik di rumah, tapi [DC] malah marah ngotot-ngotot itu. Saya coba melerai, itu kan di jalan, takut bikin kemacetan," kata Luthfi.

Insiden ini membuat beberapa penagih utang mendatangi kantor Grab di Ruko Casa Grande, Sleman. Staf Manajemen Grab Yogyakarta berinisial WB mengatakan, DC mendatangi kantornya karena tersinggung para ojol memposting kejadian tersebut di media sosial. Para DC yang lagi bad temper ini memaksa masuk kantor Grab.

"Di sini mereka sempat nendang-nendang barang, masuk kantor, salah satu staf kami juga ada yang terkena tampol. Setelah itu kami meminta mediasi," kata WB kepada Tagar. Penagih utang dilaporkan merusak dispenser, kursi, meja, dan helm di kantor tersebut.

Kabar penyerangan tersebar cepat di antara para sopir ojol. Jiwa korsa langsung membuncah. Para pengemudi ojol memobilisasi diri dan langsung mendatangi kantor beramai-ramai untuk melakukan konfrontasi. Terjadi aksi saling lempar batu antara ojol dan puluhan DC di depan ruko. Kerusuhan meluas sampai ke kawasan Babarsari, Sleman. Situasi baru mereda saat polisi datang.

Keterangan berlawanan dari WB disampaikan polisi. Kapolres Sleman AKBP Rizki Ferdiansyah menjelaskan pihak DC justru mendatangi kantor Grab untuk minta mediasi terkait laporan Rizki. Namun, terjadi kesalahpahaman karena kelompok sopir ojol mengira kantornya diserang.

"Mereka datang mediasi teman-teman di DC di atas [kantor] yang di bawah juga ada. Nah, karena itu disangkanya kantornya diserang padahal enggak. Karena permasalahannya simpang siur disangkanya kantor mereka diserang," kata Rizky kepada Detik.

Bentrok kadung terjadi dan berdampak luas. Pada hari yang sama, kantor leasing PT Bala Manunggal Abadi (BMA) yang mempekerjakan DC bersangkutan dirusak oknum berseragam ojol sampai meja dan kursi kantor hangus terbakar. Ketua RT 007 M. Soleh menceritakan, rumah itu emang udah setahun dikontrak PT BMA sebagai kantor. Oknum ojol datang sekitar jam setengah 4 sore.

"Mereka aksi solidaritas, mayoritas mengenakan seragam (jaket ojol). Sudah terlalu banyak yang datang untuk aksi solidaritas dari ojol, kemungkinan ada yang emosional dan terpancing. Tapi, situasi aman pukul 17.00 WIB," ujar Soleh kepada Kompas. Meski masih simpang siur siapa pelaku dan alasannya, tapi bisa dilihat ya bagaimana komunitas ojol berhasil mempertahankan kantornya dari serangan sampai berhasil menyerang balik.



Rizki mengatakan pihaknya masih menelusuri fakta-fakta kerusuhan ini. "[Ada perusakan kantor], itu sedang kita telusuri. Tadi kita sedang mediasi, kok ada kejadian di kantor DC, mungkin ini karena ada kesimpangsiuran informasi. Kita akan lihat kan tidak boleh juga melakukan perusakan seperti itu. Satu per satu kita akan lihat akar permasalahannya apa," ujar Rizki.

Pada petang harinya, para pengemudi ojol berkumpul di pertigaan Babarsari untuk menyampaikan aspirasi terkait dugaan pembacokan dan perusakan motor pengemudi ojol akibat kerusuhan. Mereka meminta kepolisian menjamin keamanan ojol saat bekerja. Polisi yang hadir dalam aksi mengatakan pihak kepolisian siap menjamin keamanan para sopir ojol saat bekerja dan meminta tidak ada aksi balas dendam. Massa bubar sekitar jam 7 malam. Kepentingan pengemudi ojol berhasil tersampaikan langsung ke kepolisian.



Fenomena solidaritas komunitas ojol saat rekannya terancam pernah juga terjadi di beberapa tempat. Pada awal Februari kemarin, komunitas sopir ojol di Kudus turut membantu kepolisian dalam mencari informasi pembunuh sopir ojol Tri Ardiansyah. Tri ditemukan terbunuh di saluran irigasi Serang Welahan Drain Dua di Desa Bugo, Mayong, Jepara. Bantuan penyelidikan dilakukan dengan mengerahkan pasukan ojol untuk ikut menyisir CCTV Jalan Jepara-Kudus.

Konsolidasi serupa juga pernah terjadi juga di Jogja terkait isu klitih yang tempo hari jadi trending topic. Setelah Enriko, seorang sopir ojol, dibacok dengan pedang pada 1 Februari lalu oleh pelaku klitih, komunitas sopir ojol langsung sweeping setiap malam untuk memantau sopir yang sedang bekerja. Jadi, kalau ada sesuatu, bisa langsung koordinasi.

"Di grup WhatsApp kita saling pantau kan. Misal ada klitih, kita cari kita kejar, tapi tahu-tahu hilang tidak terkejar," kata Adi, salah satu anggota Koordinasi Antar Driver Online (KADO) Yogyakarta.

Ruang saling jaga dan rasa aman di komunitas ojol juga berdampak kepada para sopir ojol wanita. Nuri, salah satu sopir ojol di Bandung, mengaku komunitas ini menyediakan rekan dan keluarga yang siap membantu ketika dibutuhkan, terutama sebagai sopir yang rentan akan pelecehan.

"Agar aman balik lagi ke komunitas, jadi kita bisa share lokasi kita ke grup kalau ada apa-apa. Jadi, tidak terlalu merasa sendiri terutama untuk driver baru. Kita sudah seperti keluarga," tambah Ochi, salah satu sopir ojol perempuan.


Melihat berapa solid dan terkoordinasinya para sopir ojol ini, tinggal menunggu waktu saja mereka akan membuat serikat buruh atau, mungkin saja, partai politik.

https://www.vice.com/id_id/article/g...as-berpengaruh

Ojol bersatu tak bisa dikalahkan



emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jkwselalub3n4r
Halaman 1 dari 12
iya mereka harus lebih diawasi, mangkalnya pun uda bertebaran dipinggir jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Banyak yg mampus ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
njir dan 6 lainnya memberi reputasi
Laler ijo ini mulai meresahkan.. emoticon-Big Grin
Dari mangkal kagak tahu aturan, nunggak kreditan, hingga mulai keroyokan.. emoticon-Big Grin

Dengan dalih sesama orang susah harus saling membantu..emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 38 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Lihat di jalan2 itu, laler ijo kalau naik motor kreditan selalu saja ngawur, ga pernah lihat kiri kanan, matanya jelalatan ke layar HP, nabrak malah marah2.. emoticon-Big Grin

Giliran ditampol, langsung ngadu ke grup ojol utk keroyokan.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kayak 212 gitu???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vasco21 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ngak semua persoalan bisa diselesaikan dengan bentrok, diutamakan duduk bareng cari solusi jangan emosi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Can354dra dan 10 lainnya memberi reputasi
Ketahuan dimari banyak yang jadi rentenir dan pembela dc, ojol seolah2 dianggap parasit, padahal kalau manggil ojek, taksol atau antar barang e-commerce banyak yang pakai jasa grab, gojek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amirmunge dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jeffm12
Lihat 17 balasan
wajar aja tarif ojol naik terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 3 lainnya memberi reputasi
Ojol harus ditata sih.
Sekarang banyak benar yang melanggar mulai dari

- Parkir dan stop depan pintu mal (mending kalo dipinggir trotoar, ini di palang pintu masuk karcis berbayar sambil ngetem di klaksonin mobil mau contoh lihat di Penvill membludak depan palang)
- Berhenti dan Parkir di atas trotoar yang jelas2 ada tulisan dilarang STOP atau dilarang PARKIR.
- Mainin HP di Tengah jalan (ya bukan berhenti atau di pinggir jalan, tapi di jalur cepat) sambil ngalangin kendaraan di belakangnya.
- Ngebut di lajurkiri, berjalan pelan sambil liat map di HP di lajur kanan.
- Lawan Arus demi jemput atau antar.
- Ada masalah kecil (kadang sudah selesai) karena viral malah jadi main hakim sendiri atau datang ramai2.

Yang awalnya Ojol sudah dijadikan role model (helm lengkap, surat2 lengkap, jaket, sarung tangan, sepatu, pelatihan berkendara, dll) tapi praktek lapangannya masih zonk.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mows
Lihat 4 balasan
Emang solidaritas driver ojol gak perlh diragukan lagi. Bakal panjang nih kalo gak segera didamaikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tikamfansclub dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
babu hedon berusaha nyetir lalat ijo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 4 lainnya memberi reputasi
mirip preman vs preman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tidak ada hubungannya memakai Jasa Ojol dengan membela Debt Collector sri.. emoticon-Big Grin

Yg dimau kaskuser dimari adalah kau bayar saja tunggakan kreditan kau itu, supaya kau tidak didatangi DC & ribut2 di jalan yg mengganggu orang lain..emoticon-Big Grin

Paham kau sri.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Cuma dijaman yg katanya meroket
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FN1990 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kau itu gambaran ojol ber SDM rendah sri..emoticon-Ngakak (S)

Kau menggeneralisir kalau mengkritik ojol, lalu dianggap membela Debt Collector..emoticon-Ngakak

Padahal mau orang2 ini adalah kau sebagai ojol ya tertiblah, supaya tidak mengganggu orang lain..emoticon-Big Grin

Kau tertib berlalu lintas, kau tertib mangkal di jalan, kau tertib bayar cicilan kreditan motor butut kau itu.. emoticon-Ngakak (S)

DC itu juga kerja sri, mereka cari makan utk keluarganya disitu..emoticon-Big Grin
Mereka tidak akan mendatangi kau kalau kau tertib.. emoticon-Big Grin

Paham kau sri.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Ojol, belcatu tak belotak.
emoticon-Ngakak
dari awal udah ane duga
temen ane ada yg ngojol sejak awal2 aplikasi itu ada

mereka punya grup WA dan sangat2 kompak
tinggal tunggu waktu aja jadi ormas emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
udhasaja dan 9 lainnya memberi reputasi
Ya kan dari SD bangsa Indonesia sudah diajari, "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yaelah ojol miskin ngamuk2 disini.. emoticon-Ngakak (S)

Duit haram apa sri..emoticon-Big Grin
Tahu apa kau soal halal dan haram..emoticon-Big Grin

Kau fokus aja bayar cicilan kreditan motor kau saja disitu..emoticon-Big Grin
Tak usah bacot kemana2 oke..emoticon-Ngakak (S)

Daripada kau ditempeleng sama Debt Collector di jalan..emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terserahlodah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Ngakak (S) sriii..
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan galuhsuda memberi reputasi
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di