CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e683fee4601cf3b85292d91/mau-jadi-freelancer-kenali-dulu-kelebihan-dan-kekurangannya

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Freelancer adalah salah satu jenis pekerjaan yang sedang digandrungi. Di era sekarang, banyak pekerja atau fresh graduate yang lebih memilih menjadi wirausaha ketimbang kerja kantoran. Yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan menjadi pekerja lepas!


Tak dapat dimungkiri, munculnya berbagai macam teknologi baru yang mempermudah aktivitas sehari-hari manusia benar-benar sangat membantu kita. Terlebih dalam proses penyebaran informasi dan komunikasi. Kalau dulu mau berkomunikasi saja perlu lewat surat yang dikirim via jasa bapak pos, sekarang sudah ada surel. Dulu mau beli baju harus langsung ke tokonya, eh… sekarang sudah ada aplikasi toko online yang bisa kamu akses kapanpun. Serba praktis deh.

Ternyata kecanggihan teknologi ini juga berpengaruh pada pola kerja loh. Kalau dulu, kerja itu ya pergi ke kantor. Sekarang zaman sudah beda, ada banyak jenis pekerjaan yang gak mesti datang untuk absen ke kantor setiap harinya. Istilah freelance pasti sudah tidak asing di telingamu bukan?


Freelancer adalah sebutan untuk pekerja lepas atau pekerja mandiri yang menawarkan layanan untuk klien, baik untuk individu maupun perusahaan. Ada yang paruh waktu dan ada juga yang full time. Walau bekerja sendirian, seorang freelancer harus bisa bertanggung jawab atas pekerjaannya juga. Nah, jenis pekerjaan yang sedang digandrungi banyak orang ini menjadi pilihan para profesional ataupun fresh graduate.


Menjadi Freelancer Adalah Pilihan

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Ilustrasi freelancer bisa menikmati jam senja (sumber: sharewareriver.com)

Dengan bekerja lepas, kamu bisa bekerja di lebih dari satu pekerjaan. Namun, menjadi freelancer itu gak cuma karena uang saja loh. Ada alasan yang lebih personal, salah satunya karena alasan pengembangangan jati diri dan kreativitas. Mungkin akan terdengar naif, tapi bukan masalah kok.

Kalau kamu pekerja kantoran, dari pagi sampai sore harus menghabiskan waktu di kantor. Waktu yang seharusnya bisa kamu pakai untuk mengembangkan diri dan mencari pengalaman hidup malah habis di kantor. Sedangkan freelancer lebih bebas dan fleksibel masalah lokasi bekerja.
Namun, menjadi freelancer juga tidak selalu menguntungkan loh. Selalu ada kekurangan dan kelebihan di setiap pilihan. Tergantung bagaimana cara pandang kamu. Maka dari itu, kamu perlu tahu apa kekurangan dan kelebihan menjadi freelancer supaya kamu semakin mantap dengan pilihanmu sendiri.




Keuntungan Menjadi Freelancer

Pertama-tama kita cari tahu dulu apa saja keuntungan menjadi freelancer. Yuk kita bahas sama-sama!    

1. Pekerja yang Independen

Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat dengan waktu kerja dan peraturan kantor. Semua dikelola sendiri sesuai keinginanmu. Misal kamu masih harus kuliah dan tidak ada waktu libur untuk pergi ke kantor. Padahal kamu sudah ingin memiliki pengalaman kerja sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Nah, mungkin menjadi freelancer adalah salah satu solusinya.



Kamu tidak perlu takut akan jam kerja yang membatasi. Tinggal bagaimana kamu mengatur waktu supaya semuanya tetap lancar. Yuk cobain dan rasakan kelebihan menjadi freelancer yang satu ini!


2. Fleksibel Soal Waktu dan Tempat Kerja


Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Ilustrasi freelancer sedang bekerja di kafe (sumber: freepik.com)



Nanti siang mau nonton di bioskop? Ayo. Jam 3 sore mau jalan-jalan ke toko buku? Ayo juga. Kegiatan apa pun bisa kamu lakukan kalau jadi freelancer. Sesuaikan tenggat waktu yang sudah kamu setujui bersama klien. Berpatokan dari situ, tinggal kamu kembangkan jadwalnya deh. Untuk sebagian pekerja lepas memang tidak melulu diharuskan untuk bekerja pada jam-jam tertentu. Tergantung apakah kamu benar-benar bekerja paruh waktu atau full time. Jadwal yang fleksibel ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hobi dan mengeksplor hal-hal baru loh.



Oh iya, fleksibel di sini bukan cuma soal jam kerja, tapi juga lokasi kerja. Sementara pekerja kantoran harus menghabiskan waktu seharian di kantor, freelancer bisa bebas mengerjakan pekerjaan di mana saja. Mau di rumah, kafe, perpustakaan kota, pokoknya semua sah deh. Pola pekerjaan seperti ini cocok buat kamu yang gampang bosan dan gak suka terikat dengan aturan-aturan tertentu.


3. Mendapat Pengalaman dari Banyak Pekerjaan dan Klien


Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Ilustrasi berbicara dengan klien (sumber: entrepreneur.com)



Percaya gak sih kalau freelancer punya lebih banyak pengalaman? Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena seorang freelancer sudah pastinya pernah mencoba menghadapi banyak klien, baik individu maupun perusahaan. Setiap klien pasti punya standardnya masing-masing. Pola kerjanya juga berbeda. Misalnya klien A ingin lebih tertarik dengan hal-hal yang viral. Sedangkan klien B ingin kamu lebih mengajak orang untuk berkarya.



Dari situlah pengalaman datang secara bertahap. Kamu juga jadi lebih terbiasa untuk menghadapi klien sendirian. Membangun strategi bukan masalah yang besar untukmu. Lumayan banget loh keuntungannya.


4. Kerja Jadi Lebih Efisien lewat Komunikasi Jarak Jauh


Semua tergantung internet. Kalau ada internet, komunikasi dengan klien lewat jarak jauh pun tidak masalah. Kamu juga jadi bisa berhemat dalam mengatur pengeluaran sehari-hari. Berhubung freelancer adalah pekerja lepas yang bisa bekerja di mana saja, kamu bisa memilih untuk mengerjakan di rumah dan menghemat ongkos.



Walaupun begitu, kamu juga harus menjalin komunikasi dan harus paham apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh klien. Jangan sampai miskomunikasi. Bisa berabe deh.


Kekurangan Menjadi Freelancer


Kalau tadi kami sudah membahas sisi positifnya, sekarang saatnya membahas seputar kekurangan dan kerugian menjadi freelancer nih. Tujuannya supaya kamu lebih mantap dan lebih berhati-hati ketika memutuskan sebuah pilihan. Kamu harus ingat, setiap pilihan pasti memiliki sisi positif dan negatifnya.



Meski ada banyak manfaat yang kamu dapatkan, untuk menjadi freelancer dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang cermat juga loh. Jangan sampai kamu malah jadi kebingungan sendiri karena tidak punya pegangan, seperti rekan kantor untuk bertukar pikiran. Daripada penasaran, langsung saja kita lihat kekurangan dan kerugian yang sangat memungkinkan kamu rasakan ketika menjadi freelancer. Yuk simak! 


1. Sepi, Kerjain Tugas Sendirian Deh


Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Ilustrasi orang yang sedang bosan (sumber: reposetherapy.com)



Bekerja di rumah memang asik dan tidak perlu repot. Namun, menghabiskan waktu seharian di rumah selama berhari-hari tentu membosankan. Hidup akan terasa seperti sedang di sel isolasi. Sebagai pekerja lepas, kamu harus bekerja tanpa karyawan lain. Semua dikerjakan sendiri. Tidak ada interaksi yang berarti dengan sesama pekerja kantor.



Lalu bagaimana cara mengatasi kesepian sebagai freelancer? Karena freelancer adalah pola kerja yang sangat bergantung dengan jaringan internet dan dunia maya, maka kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau LinkedIn. Dari situ kamu bisa terhubung dengan para pekerja profesional lainnya.



2. Tidak Punya Jaminan Penghasilan yang Tetap


Minggu ini sibuk, eh ternyata minggu depan malah santai banget. Ya, inilah balada yang dihadapi freelancer. Beban kerja dan penghasilan akan bervariasi setiap bulannya, bahkan sulit untuk diprediksi dalam jangka panjang. Pada dasarnya freelancer bekerja sesuai proyek yang dijanjikan bersama klien. Kalau proyeknya sudah selesai, kamu mesti cari lowongan lain dan tentunya tidak selalu mudah. Kamu pasti akan menghadapi beberapa kendala, meski sekecil apa pun.



Selain itu, freelancer juga sangat jarang menerima bonus dari klien, karena sudah terikat dengan perjanjian awal. Mungkin klien akan mengapresiasi pekerjaanmu, tapi sangat sulit kalau berharap mendapat remunerasi dari klien.


3. Fakir WiFi


Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Ilustrasi fakir wifi (sumber: itproportal.com)



Menjadi freelancer berarti sudah harus siap bekerja dari jarak jauh. Semua ide, visi, dan misi klien harus dipahami secara benar olehmu. Maka dari itu, kamu harus memastikan jaringan internet yang super cepat. Mencari bahan referensi pekerjaan juga membutuhkan internet. Ini bakal ribet banget buat kamu yang gak punya kuota atau WiFi di rumah. Terpaksa deh jadi fakir WiFi. Pergi ke mana pun otomatis bertanya ke meja kasir, “Ada WiFi gak, Mas?”.


5. Bisa Berantakan Kalau Tidak Pintar Mengelola Waktu

Sebagai freelancer, tentu sudah bagian dari tanggung jawab kamu untuk memegang beberapa proyek pekerjaan dari berbagai klien. Pekerjaan yang menumpuk tentu bikin pening. Sehingga kamu harus cermat dalam mengatur waktu.

Misalnya pagi sampai siang untuk mengerjakan proyek dari klien A, sedangkan sore sampai malam digunakan untuk mengerjakan proyek dari klien B. Belum lagi kalau ada revisi, diperlukan waktu ekstra supaya bisa cepat selesai dengan tepat waktu. Kalau kamu sendiri sudah bisa mengatur waktu dengan baik kah? Kalau belum, cobain deh untuk belajar mengatur skala prioritas kamu. Masih susah? Berarti kamu perlu belajar manajemen waktu.

Sekarang kamu jadi lebih tahu kan apa kelebihan dan kekurangan menjadi freelancer. Jadi gak perlu ragu lagi deh, karena sebenarnya menjadi freelancer adalah pola kerja yang asik dan seru.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di