CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gudang Garam Bangun Bandara Kediri Rp 9 T, Dari Mana Uangnya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e67a720c9518b78255988bf/gudang-garam-bangun-bandara-kediri-rp-9-t-dari-mana-uangnya

Gudang Garam Bangun Bandara Kediri Rp 9 T, Dari Mana Uangnya?

Gudang Garam Bangun Bandara Kediri Rp 9 T, Dari Mana Uangnya?

TEMPO.CO, Jakarta - Emiten rokok PT Gudang Garam Tbk. bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang kebandaraan PT Angkasa Pura I (Persero) tengah melakukan ekspansi jaringan pengelolaan bandara internasional di Kediri, Jawa Timur.

Direktur Gudang Garam, Istata Taswin Siddharta menyatakan nilai investasi untuk pengembangan bandara tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 6 triliun hingga Rp 9 triliun yang ditanggung penuh oleh perseroan.

“Kita sendiri masih mengerjakan detailnya, kira-kira akan habis berapa (dana investasi). Tapi saya yakin keperluan dana yang harus kita keluarkan tahun ini akan bisa di-cover dari dana internal,” ujar Istata saat ditemui di acara penandatanganan MoU perseroan bersama PT Angkasa Pura I, di Jakarta pada Selasa, 10 Maret 2020.

Perseroan menilai proyek pembangunan bandara ini bukan unit bisnis murni untuk mendulang keuntungan. Lebih jauh, Gudang Garam melihat proyek ini sebagai investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan kontribusi untuk daerah dan negara secara menyeluruh.


Istata sendiri mengharapkan groundbreaking Bandara Kediri akan dimulai pada 15 April 2020 mendatang dan nantinya proses penyelesaian akan memakan waktu hingga 2 tahun.

Namun, Gudang Garam sendiri menilai rentang waktu tersebut mungkin saja meleset jika memperkirakan kualitas pembangunan bandara.

Perseroan menegaskan pembebasan lahan untuk proyek bandara di daerah tersebut kini sudah mencapai angka 99 persen lebih. Istata menuturkan, dari total 380 hektar tanah yang diperlukan untuk proyek ini, hanya tersisa 2 hektar tanah yang belum dibebaskan lahannya.

Gudang Garam sampai saat ini tengah berusaha untuk melakukan pembebasan tanah sepenuhnya dengan mempertimbangkan upaya musyawarah dengan warga sekitar agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Bandara Dhoho di Kediri akan dibangun di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Seluruh biaya pembangunan bandara Kediri, akan ditanggung perseroan. Gudang Garam punya permodalan yang terbilang solid.

Laporan keuangan perseroan menunjukkan, per September 2019, ekuitas Gudang Garam mencapai Rp 47,37 triliun, naik 4,96 persen dibandingkan periode September 2018. Bila pembangunan bandara menelan investasi Rp9 triliun, jumlah tersebut setara 18,9 persen ekuitas perseroan.

Dari sisi pendapatan, perusahaan rokok tersebut mengantongi Rp 81,72 triliun, tumbuh 16,93 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 69,89 triliun.

Pendapatan ini berasal dari penjualan segmen Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang tumbuh 18,63 persen menjadi Rp74,90 triliun, diikuti segmen Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang tumbuh 4,80 persen menjadi Rp 5,80 triliun.

Adapun, segmen rokok klobot turun 15,84 persen menjadi Rp 21,62 miliar, diikuti segmen kertas karton yang turun 7,04 persen menjadi Rp 789,31 miliar, serta segmen lainnya turun 37,81 persen menjadi Rp 217,32 miliar.

Laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp 7,24 triliun, tumbuh 25,73 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 5,76 triliun.

Gudang Garam memiliki jumlah aset sebesar Rp 71,97 triliun per 30 September 2019, tumbuh 4,16 persen dari jumlah aset per 31 Desember 2018 sebesar Rp 69,10 triliun. Adapun, jumlah liabilitas sebesar Rp 24,60 triliun dan ekuitas sebesar Rp 47,37 triliun.

Sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tatapok
Halaman 1 dari 7
Dari hasil gua jual rokok... Masalah buat ts?





emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rachmacool dan 15 lainnya memberi reputasi
DARI JUALAN ROKOK GUDANG GARAM, DLL LA.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 5 lainnya memberi reputasi
Dari udud
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Kek TS merokok aje.. emoticon-Big Grin
Ga ngerokok diem aje lu..
Ahli hisab GG boleh bangga.. wkwkwkwk...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Lihat 2 balasan
Pelum peluli.
emoticon-Baby Boy

Sultan mah bebas emoticon-Jempol


profile-picture
simsol... memberi reputasi
dari jualan rokok lah emoticon-Big Grin

kayaknya emang GG masih lumayan “serius” jokul rokok disaat pesaing beratnya (djarum) udah merambah bisnis lain emoticon-Big Grin

btw mantaf lah GG
angkat topi gw bisa bikin bandara emoticon-thumbsup:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amikurnia dan 4 lainnya memberi reputasi
Anjaay kerja di gg kayanya sejahtera ya emoticon-Ngakak
Gw kira cuma sampoerna doang yg wah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gudang garam itu berkontribusi thd 70% pdb kediri

bisa dikatakan daerah kediri itu secara de facto dikuasai oleh gudang garam grup
tanpa gg kediri akan ambruk dikalahkan kota saingannya blitar yg terkenal sbg sentra telor terbesar secara nasional

pdb kediri tanpa gg bisa jadi malah kalah sama tulungagung emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
dr sumbangan pake toa n serokan tengah jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tulungagung jg besar pdb nya dr tkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rasuna dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pemilik gudang garam aja kaya raya, apalagi pemilik gudang haram emoticon-Belo



























emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Apakah berarti ungkapan "merokok tidak ada gunanya" terpatahkan?
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan simsol... memberi reputasi
daripada ga ada yg bangun, emang kadrun mau bangun? pada sibuk kimpoi lagi, pada ngurusin pesta sex di surga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 3 lainnya memberi reputasi
Dari hasil elu yg suka bakar duit emoticon-Leh Uga

Gw sendiri gak ngerokok tapi emang rokok itu udah jadi lifestyle bahkan gw dulu pernah punya guru ngaji umur 80 tahun tapi masih suka ngerokok, tapi rokok cerutu yg tembakaunya digiling dulu

Filter aja berat, ini cerutu giling sendiri, dia meninggal pas umur 90 tahun padahal rokoknya kuat emoticon-Leh Uga

Emang katanya yg gak pake filter malah lebih sehat, tapi gak tau jg dah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan simsol... memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Harga kebutuhan pokok meningkat
BBM semakin mahal
biaya listrik naik
telur tidak terbeli

kadrun misqueen tiktokan jalan terus
profit perusahaan rokok meningkat belasan persen emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 5 lainnya memberi reputasi
GG Merah Kretek sama Surya di desa masih laku loh. Laris manis.

gw rasa wajar bangun bandara di Kediri. Kalau ga salah dia ada anak perusahaan jasa penerbangan yang private jet/copter gitu kan.

Lahan sawitnya 100ribu hektare
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 4 balasan
bagus lah biar daerah itu ada bandara yang layak karena bandara malang punya AU, sering dibatalkan penerbangannya. bisa2 orang malang pilih terbang dari kediri dari pada ke surabaya.
soal GG, nggak perlu diragukan lagi duitnya.
Gudang haram yg dirutnya so mad kapan invest?
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di