CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Galau? Ini dia 8 cara SELF HEALING buat agan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e67a6b5eaab25767a0cf1a1/galau-ini-dia-8-cara-self-healing-buat-agan

Galau? Ini dia 8 cara SELF HEALING buat agan!

Jalan kita, sama-sama terjal …

Saya mengutip kutipannya Mas Aldy Fajar yang saya dapat dari status WA teman saya, Mas Prayogi. Saat itu, kondisi saya sedang merasa sedikit lelah dengan dunia perkuliahan, pekerjaan, relasi dengan kawan-kawan dan juga masalah keluarga. Tetapi entah kenapa, status WA tersebut seakan menjadi pengingat  bahwa setiap orang punya masalahnya masing-masing dan saya bukan satu-satunya orang yang paling menderita di dunia.

"Setiap orang adalah penyembuh terbaik bagi dirinya sendiri. "

Setiap luka batin, masa lalu yang kelam, pengalaman pahit, kegagalan hidup hanyalah sebuah peristiwa. Setiap peristiwa bisa disikapi dengan bijaksana dan setiap luka yang membekas bisa disembuhkan. Setiap hal buruk di dunia ini akan terus terjadi, maka maknailah semua luka itu sebagai ujian perjalanan hidup.

Saya menulis ini, tidak dalam rangka untuk mencari perhatian ataupun agar berharap dianggap sosok manusia edgy. Saya murni menulis ini hanya ingin bercerita mengenai perasaan depresi  sedih yang pernah saya alami, dan lewati. Buat kamu yang sekarang dalam kondisi hidup yang teramat berat, silahkan baca ini. Siapa tau, hal-hal yang pernah aku lakukan bisa fit juga buat kamu.
Sebagian besar orang pernah mengalami kelelahan emosional dalam berbagai bentuk. Seperti sedih karena kepergian orangtua, cemas terhadap masa depan, gagal meraih sesuatu, mengalami peristiwa yang tidak diinginkan, marah pada kesalahan diri sendiri, dan sebagainya. Lalu, apa yang harus dilakukan? Siapa yang seharusnya menyembuhkan luka itu?
Untuk yang belum selesai dengan masalah emosinya sendiri, beberapa cara di bawah ini semoga bisa membantu menyembuhkan diri sendiri dari dalam.

1. Me Time

Galau? Ini dia 8 cara SELF HEALING buat agan!

Me time disini saya artikan sebagai waktu untuk merenung dan berpikir. Mengingat kembali sudah seberapa lama kita hidup, dan sudah seberapa jauh kita melangkah.
Masalah yang belum selesai pada sebagian orang umumnya berkaitan dengan kehadiran orang lain. Me time ini berguna untuk membuat setiap orang memikirkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Bagaimanapun orang lain memperlakukannya, diri kita masih bisa memilih untuk bahagia.
Saat seseorang terlalu sibuk memikirkan orang lain, terkadang ia lupa memikirkan diri sendiri. Meluangkan waktu untuk diri sendiri benar-benar akan membuat kita merasa lebih bermakna.
Membuat kita merasa bahwa pusat dari segala kehidupan ini adalah diri sendiri. Orang lain hanyalah pelengkap kebahagiaan.

2. Berdialog dengan Diri Sendiri

Galau? Ini dia 8 cara SELF HEALING buat agan!

Bicaralah pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya diinginkan. Jujur pada diri sendiri lebih baik ketimbang melampiaskan segala perasaan buruk kita pada sesuatu. Satu-satunya orang yang mampu berbicara dengan lubuk hati terdalam adalah diri sendiri. Saatnya mulai memahami diri sendiri untuk bisa bersyukur atas apa yang hidup ini berikan.

3. Berdamai dengan Keadaan

Galau? Ini dia 8 cara SELF HEALING buat agan!

Mengingat kembali peristiwa-peristiwa buruk yang masih membekas di hati memang tak terhindarkan. Setiap orang berhak marah atas hal itu. Orang yang hatinya terluka sangat dalam tidak akan dengan mudah melupakannya. Namun, apakah dengan menyalahkan keadaan atas atas semua peristiwa buruk itu bisa dibenarkan? Apakah dengan mengutuk keadaan bisa membuat batin kita tenang? Tidak. Alangkah lebih bijaknya kita jika mencoba berdamai dengan keadaan. Menerima setiap keadaan yang menimpa kita ini sebagai guru kehidupan yang menempa pribadi kita lebih baik lagi

4. Mindfullness

Mindfulness adalah berpikir dengan kesadaran yang penuh. Mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan untuk menghubungkan titik-titik yang ada dalam pikiran kita. Memaknai setiap peristiwa dan kejadian yang pernah kita alami dengan lebih sehat. Mindfulness dapat meningkatkan self-compassion dan kebermaknaan hidup.
Mindfulness bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mencari tempat yang sekiranya tenang, kemudian memejamkan mata. Fokus terhadap diri sendiri dan segala pikiran yang kita miliki. Dengan penuh kesadaran, cobalah untuk memahami setiap pergulatan emosi yang ada di dalam diri. Mindfulness ini akan lebih baik jika kita melakukannya secara rutin. Misal, satu sebelum berangkat ke kantor, kampus, sekolah, dan sebagainya.

5. Meningkatkan self-compassion

Self-Compassion adalah kemampuan untuk memahami keadaan emosi diri sendiri dan juga respon emosi atas penderitaan yang dialami dengnan disertai keinginan untuk menolong diri sendiri. Melalui  self-compassion, seseorang dapat memahami dirinya sendiri.
Self-compassion mampu membuat orang memaknai pengalaman yang tidak nyaman dengan emosi yang berbeda. Artinya, ketidaknyamanan yang dimiliki seseorang dapat dimaknai secara positif jika meningkatkan self-compassion. Meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri, merespon peristiwa buruk dengan perasaan lapang dada, dan selalu berupaya membebaskan diri dari duka yg berlarut.

6. Jadikan penyesalan sebagai kekuatan

Sebagian orang pernah mengalami hal yang memalukan dalam hidupnya. Sebagian lain juga pernah berbuat kesalahan yang sudah disesalinya. Namun, tidak sedikit pula mereka yang menyesal tak ada habisnya, hingga menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Gelisah, cemas dan terus memikirkan hal tersebut membuat hati seseorang lelah.
Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sebagai manusia terkadang bisa menekan perasaan gelisah dan sesal itu. Kita bisa saja mengabaikan pikiran-pikiran yang mengganggu itu dengan menyibukkan diri. Namun, dengan mengabaikan perasaan itu justru akan membuat emosi kita makin lelah. Sebab, perasaan itu bisa muncul kapanpun
Baca: Berdamai dengan Kerapuhan Diri di sini
Oleh karena itu, jadikanlah sebuah penyesalan terberat sekalipun di dalam hidup kita ini sebagai pelajaran. Boleh sesekali mengingat kejadian itu, tapi gunakanlah sudut pandang yang berbeda. Bicaralah pada diri sendiri bahwa melakukan kesalahan itu wajar. Yang perlu dilakukan hanyalah belajar untuk tidak mengulanginya.

7. Tempatkan Masa Lalu pada Tempatnya

Setiap orang punya kisah masa lalunya masing-masing. Tidak sedikit mereka memiliki masa lalu yang kelam hingga membuat masa kininya tidak tenang. Namun, kita tidak bisa mengubah peristiwa yang telah terjadi. Sebagai manusia, yang bisa dilakukan hanyalah mengubah respon kita terhadap masa lalu itu. Untuk itu, jadikanlah masa lalu sebagai guru yang mendewasakan.
Masa lalu hadir di masa kini bukan untuk terus disesali, tapi untuk dimaknai. Memaknai kembali pengalaman masa lalu dengan respon yang positif sangat membantu penyembuhan hati kita.

8. Menulis ekspresif

Galau? Ini dia 8 cara SELF HEALING buat agan!

Menulis punya [url=http://www.umsl.edu/~alexanderjm/HealingThroughtheWrittenWord.pdf][color=#007acc]kekuatan untuk menyembuhkan[/color][/url] diri kita dari dalam. Menulis ekspresif adalah menulis untuk mengutarakan segala perasaan yang dialami. Tidak perlu memperhatikan aturan seperti tanda baca, ejaan, dan sebagainya. Intinya, menulis ekspresif adalah sebuah upaya untuk mengungkapkan segala emosi yang dirasakan saat stress datang. Dengan menuliskan segala kekesalan itu dapat membantu kita untuk melihat masalah dari sudut pandang yang lain.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 6 lainnya memberi reputasi
pertamax gan :cendol
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nah ini niih yang ane butuhinn, dan harus banget nih ane praktikan dalam kehidupan ane supaya makin positih nih hidup anee
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
makasih gan infonya bermanfaat banget buat ane buat nyembuhin masalah masalah ane nihh kwkw
semoga threadnya semakin maju dan samkin banyak dibaca oleh banyak orang sehingga banyak orang yang mendapatkan dampaknya
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
meningkatkan self compassion emg penting sih mnrt ane. intinya meningkatkan kepedulian pd diri sendiri dg merespon peristiwa buruk dan mencoba lapang dada pd akhirnya jg membuat kita bisa menerima keadaan. yg pd akhirnya jg ngebuat kita tau sebenernya apasih yg kita mau dan butuhin
profile-picture
profile-picture
edwinbian27 dan penyukabiru memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane sih dengerin musik aja udah cukup.. Ya kalau galau dengerin lagu galau ya tambah gilaw.. Wkkwkwk
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nah akhirnya ada yg bikin thread tentang self healing ini. karena ane lagi butuh banget.... yuk kita pasti bisaa
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Me time sam hobby time pasti manjur banget gan, sebisa mungkin isi dengan kegiatan yang bermanfaat
emoticon-Kiss
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo ane me time biasanya solo traveling gan, yg deket deket aja.
Asal bisa merenung positif lah wkwk
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Wkwk apa gak capek tuh gan
emoticon-Ngakak
Thread bermanfaat bngt🙂
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


yaps bener banget gan, sejatinya itu ug diperluin. Gausah muluk2 deh, jangan terlalu menuntut jg hidup harus bagaimana bagaimananya. Ntar klo gak sanggup jd berat sendiri, depresi deh jadinya. Sayangnya emg yg begitu tuh jg gak heran sih, susah gan utk dijalani sebagian org
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
membantu sangat inspiratif .
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo gw, cukup berikan me time selama gw melakukan self healingemoticon-Cool
profile-picture
edwinbian27 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

Sayangnya gak boleh tau yaemoticon-Leh Ugaemoticon-Ayo Indonesia
Quote:


Sehat jasmani dan rohani ye gan .


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di