CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter Upaya Wujudkan SDM Unggul
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e679fb2c8208407fa106437/program-pangandaran-hebat-dan-pendidikan-karakter-upaya-wujudkan-sdm-unggul

Program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter Upaya Wujudkan SDM Unggul

Program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter Upaya Wujudkan SDM Unggul

PANGANDARAN - Pemerintah Kabupaten Pangandaran memiliki dua program unggulan di bidang pendidikan, yaitu program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, dua program ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Pangandaran. "Kekuatan program Pangandaran Hebat luar biasa untuk mendorong mutu pendidikan," kata Jeje. Jeje menambahkan, berbagai penghargaan sebagai bentuk apresiasi pun datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga pusat.

Tidak hanya Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat saja, bahkan penghargaan datang dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat karena menilai Kabupaten Pangandaran telah mencapai titik dimana peningkatan capaian mutu pendidikan menuju bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Baca Juga:

"Karena dalam setiap proses penjaminan dan peningkatan mutu yang berujung pada pembudayaan mutu, pada akhirnya harus dipastikan akan berdampak pada siswa," tambah Jeje.

Sebagai bentuk penghargaan, Bupati Pangandaran pernah diberi kesempatan memberikan materi talkshow Program Penjaminan Mutu untuk menceritakan dan berbagi pengalaman partisipasi aktif kepala daerah.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran Surman mengatakan, keberhasilan Pangandaran mendapat penghargaan dalam peningkatan mutu pendidikan merupakan kerja keras dan kerja yang luar biasa dari tim dan dinas pendidikan.

Lebih jauh Surman menjelaskan, Program Pangandaran Hebat dan Program Pendidikan Karakter merupakan dua program yang berbeda. "Program Pangandaran Hebat adalah bantuan keuangan dari Pemda dalam upaya mengurangi dan atau menghilangkan biaya masyarakat dalam pendidikan," terangnya.

Pada pelaksanaanya, biaya pendidikan yang biasa dipungut oleh komite sekolah kepada orang tua siswa, ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Pangandaran. Tanggungan biaya tersebut dari mulai jenjang SD dan SMP, untuk jenjang SLTA dimana kewenangnnya ada di Provinsi Jawa Barat.

Karena Pemkab Pangandaran ingin memberlakukan hal yang sama, akhirnya Pemkab mengeluarkan hibah ke Provinsi agar biaya pendidikan SLTA juga digratiskan. "Pangandaran menjadi satu-satunya Kabupaten yang berani memberikan hibah ke Provinsi agar SLTA juga gratis," jelas Surman.

Surman mengatakan, anggaran dari Pangandaran Hebat sebesar Rp200.000 untuk siswa SD per tahun dan Rp350.000 untuk siswa SMP per tahun yang diserahkan pengelolaannya ke masing-masing sekolah. "Uang tersebut digunakan untuk kebutuhan peserta didik, investasi, operasional nonpersonal dan personal," terangnya.

Sementara anggaran tersebut baru sampai ke tahap investasi seperti perbaikan pagar, mengganti genting bocor dan lainnya. Sedangkan untuk operasional dibantu anggaran dari dana BOS, dan honor dari Pemkab.

Sementara pendidikan karakter kata Surman, mencakup antara lain kegiatan AMS, Pangandaran Mengaji dan Kepramukaan. Program ini untuk mengimbangi visi Pangandaran sebagai kabupaten pariwisata berkelas dunia. "Jadi program ini lebih ke arah merubah prilaku agar lebih baik, serta mampu membentengi generasi muda dari berbagai pengaruh luar, sebagai konsekuensi daerah wisata yang terbuka," tutur Surman.

Pada kegiatan Ajengan Masuk Sekolah, pihaknya banyak mendapatkan apresiasiasi, karena menjadi satu-satunya Kabupaten yang bisa mengolaborasikan 815 kiyai untuk memberikan ilmunya ke sekolah formal dan berkolaborasi dengan guru agama yang ada. "Perlu diketahui juga Provinsi Jabar baru kemarin laounching AMS dan mereka belajar dari Kabupaten Pangandaran. Kurikulum nasional tidak dikesampingkan namun pendidikan karakter jalan," ucapnya.

Untuk membentuk karakter itu tidak gampang dan tidak bisa instan dirasakan, tapi dirinya meyakini, nanti dampaknya akan luar biasa. "Kita juga harus sampaikan apresiasi kepada para kiyai tidak melihat jumlah materi penghargaan yang kita berikan. Namun saya lihat keseriusannya sangat luar biasa," ujarnya.

Perlu diketahui juga, kata Surman, semua program ditiap sekolah setiap tahun pasti di evaluasi, termasuk Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter. Hal ini terbukti, selama kedua program ini berjalan telah mengalami perubahan Perbup, bahkan hingga 3 kali perubahan. "Maka saya sampaikan pondasi program ini sudah benar dan sudah berjalan dengan baik, namun tentu masih ada kekurangannya. Maka mari kita koreksi dan evaluasi bersama agar program yang sudah bagus ini makin sempurna dan bermanfaat," harap Surman. (syamsul ma'arif)


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/15...gul-1583846487

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter Upaya Wujudkan SDM Unggul KP2IT Akan Gandeng KPK Awasi Anggota DPR Daerah Pemilihan KTI

- Program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter Upaya Wujudkan SDM Unggul Dampak Terburuk Anak Alami Bullying hingga Kekerasan Fisik di Sekolah

- Program Pangandaran Hebat dan Pendidikan Karakter Upaya Wujudkan SDM Unggul Bea Cukai Bantu Galakkan Ekspor Langsung di Sulawesi Utara



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di