CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[CoC Regional: Makanan Tradisional] Dari Banyumas Terkenal di Bekasi. WoW Deh...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6792db0577a971bf61ed98/coc-regional-makanan-tradisional-dari-banyumas-terkenal-di-bekasi-wow-deh

[CoC Regional: Makanan Tradisional] Dari Banyumas Terkenal di Bekasi. WoW Deh...

Sudah tak asing jika daerah Bekasi disebut sebagai miniatur negara Indonesia sebab banyak warga dari luar daerah tinggal di tempat ini. Maka tak salah, hal itupun berdampak pada sajian kuliner khas nusantara yang beragam. Salah satunya adalah makanan khas asli Kabupaten Banyumas, yakni Sroto Sokaraja-Banyumas di warung sroto milik Ibu Yusuf di Jalan Cendana no1, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi. Sroto hampir sama dengan soto. Namun sroto memiliki bumbu-bumbu yang lebih khas. Utamanya, tumbukan halus kacang tanah yang dimasukkan pada hidangan sroto.

Ciri khas lainnya adalah campuran bumbu kaldu ayam dan sapi, sehingga saat Anda mulai melahapnya rasa gurih sangat terasa di lidah. "Kalau soto yang lain ada yang pakai santen untun pengental kuah, kalau sroto bedanya pakai bumbu kacang, kaldu ayam sama sapi. Itu hanya untuk Sroto Banyumas," tutur Yusuf Praditya Hutama, anak Pemilik warung Sroto Ibu Yusuf ditemui tidak lama ini. Kekhasan lainnya, kuah sroto dibubuhi berbagai macam isi seperti soun, toge, daging, irisan daun bawang, dan kerupuk singkong yang dibuat langsung dari Banyumas.

Soal daging, khusus di warung sroto Ibu Yusuf, Anda bisa memilih antara daging ayam, sapi, babat, ataupun mencampurnya. Menurut Yusuf, sroto ditemukan saat Keraton Banyumas berada dalam masa jayanya. Sroto diciptakan oleh abdi keraton yang mengolah bahan baku makanan untuk para prajurit dan pelayan-pelayan keraton. Pada awalnya, sroto hanya sekedar campuran toge, soun, kacang, dan daging. Kemudian ditambahkan nasi agar dapat dijadikan konsumsi para abdi-abdi keraton tersebut.

Lantas pada perkembangannya, sroto ditambahkan kerupuk, aneka macam daging, dan racikan bumbu baru. Saking enaknya, sroto yang asalnya hanya untuk abdi keraton kemudian meluas menjadi konsumsi masyarakat. "Dulu dihidangkan untuk dimakan abdi keraton, terus makin berkembang dimodifikasi ini itunya. Intinya untuk menyesuaikan selera orang-orang," jelas Yusuf. Warung sroto Ibu Yusuf berdiri sejak 2010 di Bekasi dan buka tiap harinya. Selain di Jalan Cendana, Ibu Yusuf juga membuka cabang srotonya di Jalan Irian Pujari Kawasan Industri MM 2100, Cikarang Barat.

Spoiler for penampakan:



SUMUR >>>
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelanurul dan 18 lainnya memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di