CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Perbedaan Virtual Office dan Serviced Office
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e677175f0bdb278f9010540/perbedaan-virtual-office-dan-serviced-office

Perbedaan Virtual Office dan Serviced Office


Sekarang ini perkembangan di dunia bisnis memunculkan banyak istilah baru dalam dunia perkantoran, yaitu virtual office dan serviced office. Bagi banyak orang nih, termasuk para founder startup baru atau para enterpreneur muda, pasti bingung dengan dua istilah tersebut. Kadang, juga terbesit di pikiran, ‘Apa sih bedanya virtual office dengan serviced office?” 

Perbedaan antara Virtual Office dengan Serviced Office

Sebenarnya, sangat mudah membedakan antara virtual office (kantor virtual) dengan serviced office (kantor dengan layanan). Perbedaan-perbedaan ini akan kamu rasakan ketika kamu sudah pernah mencoba kedua layanan perkantoran ini. Perbedaaan ini terlihat dari definisi, produk yang ditawarkan serta manfaat yang didapatkannya.

1. Definisi Serviced Office dan Virtual Office
Dari perbedaan yang terdapat dari definisi keduanya, sebenarnya sudah terlihat perbedaannya yang sangat jelas. Virtual office merupakan sebuah kantor yang kamu tidak perlu menyewa secara fisik sebuah kantor, tapi hanya secara administrasi kantor tersebut. Kenapa disebut ‘virtual’ karena perusahaanmu hanya perlu mendaftarkan administrasi kantor saja. Beda dengan Serviced office atau Private Office yang memiliki pengertian sebuah kantor yang kamu sewa secara fisik dan kamu pun dapat bekerja di ruangan kantor tersebut.

Baca Juga: Serviced Office Jakarta Selatan

2. Jenis produk yang disewakan
Selain definisi, jenis produk yang disewakan oleh Virtual office dan serviced office juga berbeda. Jika kamu hendak menyewa virtual office atau kantor virtual, kamu sebenarnya hanya menyewa sebauh alamat kantor untuk keperluan administrasi kantormu. Secara administrasi, perusahaanmu seolah-olah ‘memiliki’ ruang kantor di sana. Beda lagi dengan serviced office atau private office, kamu benar-benar menyewa kantor fisik di sana dan kamu pun dapat menggunakan fasilitas yang tersedia di kantor tersebut untuk bekerja.

3. Beberapa benefit yang didapatkan
Kalau kamu menyewa sebuah virtual office, sebenarnya kamu itu hanya sedang menyewa ‘alamat’ saja. Benefit yang kamu dapatkan dari menyewa virtual office hanya kamu bisa menggunakan alamat tersebut untuk keperluan administrasi atau izin-izin. Karena hanya sebatas alamat saja, perusahaanmu pun tidak bisa menggunakan ruangan kantor tersebut untuk bekerja sehari-hari. Berbeda dengan serviced office, perusahaanmu akan mendapatkan benefit penuh karena menyewa ruangan kantor fisik di sana. Perusahaanmu juga dapat bekerja langsung di kantor tersebut. Kamu pun bisa mendapatkan benefit seperti akses internet berkekuatan cepat serta mendapatkan layanan parkir kantor.


Kapan seharusnya menggunakan virtual office atau serviced office?

Setelah melihat perbedaan yang dijabarkan di atas, kamu pun akhirnya bertanya-tanya, kapan seharusnya menggunakan virtual office atau serviced office? Sebenarnya, yang mengetahui hal tersebut adalah dirimu sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu. Misalkan, kamu baru saja membentuk startup dan kamu ingin membentuk sebuah PT, namun biayamu terbatas. Tentu virtual office bisa menjadi pilihanmu. Membentuk sebuah PT biasanya harus memiliki domisili kantor yang jelas dan dengan jasa virtual office, kamu akan terbantu. Beda lagi jika kamu adalah startup yang telah memiliki tim dan membutuhkan tempat untuk bekerja. Penggunaan serviced office pun tentu akan membantu perusahaanmu untuk mendapatkan fasilitas secara lengkap seperti meeting room, free flow water, serta layanan resepsionis dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Jasa Sewa Virtual Office


Itulah perbedaan dasar dan jelas antara virtual office (kantor virtual) dengan serviced office (kantor berlayanan) yang bisa kamu ketahui. Setelah memperhatikan perbedaan-perbedaan yang telah dijabarkan di atas, kira-kira perusahaan kecilmu membutuhkan bentuk kantor yang seperti apa?



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di