CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Perbedaan Stasiun Cuaca Dan Stasiun Meteorologi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e676431337f931db3715e18/perbedaan-stasiun-cuaca-dan-stasiun-meteorologi

Perbedaan Stasiun Cuaca Dan Stasiun Meteorologi

Perbedaan Stasiun Cuaca Dan Stasiun Meteorologi

Apa Itu Stasiun Meteorologi?

 
Stasiun meteorologi adalah bangunan stasiun yang berisikan peralatan dan perlengkapan untuk pengamatan meteorologi sementara meteorologi itu adalah ilmu yang membahas dan mempelajari tentang sifat-sifat atmosfier termasuk : cuaca, iklim, suhu, udara, angin, kelembaban, cahaya matahari dan berhubungan dengan sifat fisika dan kimia.
 
Stasiun meteorologi digunakan untuk keperluan prakiraan cuaca atau curah hujan. Stasiun meteorologi berbentuk besar dan hanya dapat memantau perubahan cuaca disatu tempat.
 
Apa Itu Stasiun Cuaca?

Stasiun cuaca adalah perangkat pemantauan cuaca yang disatukan dan memiliki fungsi yang sama seperti stasiun meteorologi hanya saja portabel.
 
Stasiun cuaca mempunyai bagian kerangka berupa tiang untuk menompang sensor pengamatan cuaca yang meliputi : sensor suhu, kelembaban, angin, curah hujan. Saat ini, stasiun cuaca sudah semakin praktis dan mudah digunakan dan terdapat peningkatan fitur-fiturnya.
 
Persamaan Stasiun Cuaca Dengan Stasiun Meteorologi?

Stasiun meteorologi dan stasiun cuaca memiliki fungsi yang sama yaitu memantau perubahan atmosfir dan lingkungan khususnya cuaca.
 
Perbedaan Stasiun Cuaca Dengan Stasiun Meteorologi?
 
Stasiun Meteorologi
- Stasiun meteorologi adalah bangunan dan biasanya hanya memantau satu wilayah tertentu.
- Jarak pengamatan terbatas namun dapat mengamati banyak parameter cuaca (suhu, iklim, angin, cahaya matahari, curah hujan dan sebagainya).
- Stasiun meteorologi umumnya digunakan untuk mengamati cuaca dalam wilayah yang besar dan mempunyai stasiun pusat. Untuk data hasil pengamatan stasiun meteorologi, biasanya diolah terlebih dahulu melalui komputer dan hasilnya dapat dilihat melalui monitor. Saat ini, stasiun meteorologi sudah canggih dan menggunakan live data untuk memantau hasil pengamatan secara langsung dalam waktu bersamaan.
 
Stasiun Cuaca
- Stasiun cuaca berbentuk rangkaian dan gabungan alat yang digunakan untuk melakukan pemantauan cuaca dimana alat ini berisi sensor yang termasuk : sensor angin, sensor curah hujan, sensor cahaya matahari, sensor suhu dan kelembapan, serta sensor lain jika memungkinkan.
- Stasiun Cuaca bisa berpindah-pindah atau portable dan untuk pemantauan bisa dilakukan di perangkat mobile dan stasiun cuaca dapat diletakkan di berberapa titik yang berdekatan dalam 1 ruang lingkup luas sehingga dapat melakukan pemantauan lebih luas.
 
Contoh dari stasiun meteorologi adalah stasiun meteorologi jakarta, bandung, atau kota lainnya di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah gambar dari stasiun meteorologi.
 
Perbedaan Stasiun Cuaca Dan Stasiun Meteorologi
 
Sedangkan contoh dari stasiun cuaca adalah RX3000 Weather Station. RX3000 Weather Station adalah alat stasiun cuaca yang terdapat fitur live data dan dapat melihat langsung perubahan cuaca melalui perangkat mobile (laptop atau smartphone). Untuk gambarnya, ada dibawah ini.
 
Perbedaan Stasiun Cuaca Dan Stasiun Meteorologi
 

 
Tags : Moisture Balance, Fungsi Heat Seal Tester, Fungsi Digital Torque Tester, Fungsi Gas Permeability Tester, Pengertian Mikroskop Binokuler, Alat Uji Tarik, Cara menggunakan Tabung Reaksi, Labu Kjeldahl, Fungsi Oil Conten Analyzer, Water Still Iwaki, Compact Conductivity meter LAQUAtwin B-771, Drying Oven Binder ED 23, Humidity tester, Prinsip Kerja Refraktometer, Apa itu Tensile Tester?, Fungsi Torque Tester, Tips Merawat Timbangan Digital, Berbagai jenis Pipet, Hot plate stirrer dan Stirrer bar, Wash Bottle, Fungsi PH Meter bagi kesehatan manusia, Pentingnya Oksigen untuk Tubuh, Thermohygrometer, Preparat Mikroskop, Cara Menggunakkan Oven Dengan Benar, Fungsi Mikroskop






GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di