CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Raja Belanda Minta Maaf ke Jokowi atas Penjajahan Indonesia Zaman Dulu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e674861dbf7640e0e08b68e/raja-belanda-minta-maaf-ke-jokowi-atas-penjajahan-indonesia-zaman-dulu

Raja Belanda Minta Maaf ke Jokowi atas Penjajahan Indonesia Zaman Dulu

Raja Belanda Minta Maaf ke Jokowi atas Penjajahan Indonesia Zaman Dulu

Raja Belanda Willem Alexander menyampaikan permintaan maaf dan penyesalan pemerintah Belanda kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Raja Willem menyesal atas penjajahan dan penyiksaan yang pernah dilakukan Belanda terhadap rakyat Indonesia.

Seperti diketahui, Belanda menjajah Indonesia lebih dari 3,5 abad.

"Sejalan dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan rasa penyesalan dan permintaan maaf saya atas kekerasan saat penjajahan di masa pemerintahan Belanda dahulu," ujar Raja Willem di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Willem menyadari kesedihan masyarakat Indonesia yang menjadi korban penjajahan pada masa lampau masih terasa hingga saat ini. Kendati demikian, menurutnya, hubungan Indonesia dengan Belanda harus berlanjut secara positif.

"Mudah-mudahan kedua negara yang dulu sempat berseteru saat ini mampu tumbuh bersama dan membangun hubungan berdasarkan sikap saling menghormati, percaya, dan persahabatan," kata Raja Willem.

Sedangkan Presiden Jokowi berbicara tentang 75 tahun menjelang peringatan kemerdekaan RI dan siap mempererat hubungan dengan Belanda.

"Kunjungan Baginda akan dicatat oleh sejarah sebagai kunjungan yang bersahabat, produktif, menatap masa depan, tanpa harus melupakan sejarah masa lalu," ujar Jokowi.


sumber ==detik===


Segenap masyarakat Indonesia ane yakin bersedia memaafkan,
walaupun 3,5 abad jauh lebih lama namun kekejaman Jepang lebih membekas walaupun cuman 3,5 tahun.

Meskipun banyak negatifnya,
ada juga sisi positif penjajahan Belanda ini,
tanpa dijajah Belanda kemungkinan gak ada negara Indonesia, mungkin yg ada negara2 kecil-kecil bekas kerajaan2 masa lampau.

Kemudian, infrastruktur di Jawa juga banyak yang peninggalan Belanda,
para cendikiawan jaman dulu pun tidak lepas dari didikan modern oleh Belanda, salah satunya Sutan Syahrir yg bersekolah di universitas di Belanda sono. Beliau salah satu tokoh yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia dengan kemampuan diplomasi handalnya.

Berbeda dengan Spanyol atau pun Portugis,
Belanda cenderung tidak mengutak-atik kepercayaan/agama lokal. Eh, kalau sekarang banyak dag...dig...dug...dhuarr entah ini harusnya disyukuri atau disesalkan. emoticon-Ngakak (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
coztra dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Nunggu komeng nya si kadrun ahhh....


profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.soap dan 8 lainnya memberi reputasi
Berani meminta maaf itu bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sejarah yang menyesatkan..
indonesia tidak pernah dijajah belanda 3.5 abad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tidhy010709 dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
sungguh wibawa dan brani meminta maaf ats keslahanya dulu, ini baru lelaki extrs joss gans emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Yg menjajah indonesia kan raja2 kecilnya dan tuan tanahnya sendiri
Kenapa harus belanda yg minta maaf
Memangnya kebun kopi kebun teh kereta api ada itu orang indo yg bikin?
Mimpi
Semuanya kl ga ada belanda ya ga akan ada

Yg menjajah indonesia itu bukan jepang belanda
Tapi jepang indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krisnadi11 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


terus versi yg g sesat kyk apa bray ??
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bangsa Eropa memiliki keuntungan karena berada di benua besar Eurasia, dan memiliki iklim yang sama dengan Timur Tengah dan China sebagai tempat asal mula peradaban dan domestikasi hewan & tumbuhan pangan terawal. Pemicu Age of Exploration adalah ditutupnya pintu perdagangan dengan India, oleh Turki. Turki menguasai jalur Mediteranian Sea sehingga orang Eropa terutama Italia, Spanyol, dan Portugis mencoba mencari jalan / jalur lain. Dan berhasil.

Sumber: Guns, Germs, and Steel by Jared Diamond, bukunya ada di Gramedia, terbit pertama tahun 1997.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
yaudahlah diterima aja, masi banyak hal penting yg hrs dikerjakan

India aja lebih milih Inggris minta maaf ke India, ketimbang diganti pake duit, tapi kerajaan inggris tetap arogan & ga mau minta maaf
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh kretekkretek
Setelah bertahun2 baru minta maaf. Santai kali pak, kaya sama siapa aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 3 lainnya memberi reputasi
Dimaafkan tapi proses hukum tetap berlanjut
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 10 lainnya memberi reputasi
Wuih akhirnya...
Belon pernah loh resmi..
Lagian belanda ngapain sih minta mangap aja pake lama..

Karena mrk ud dapet permintaan maap dari jepang atas pemerkosaan blondie2 blanda di indo. Itu pun pake komisi nagih2 minta maap (Japanese Honorary Debts). Eh.. ke indon malah pake lama..
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
gpp bang.. kagak usah minta maap meski ratusan taun udah menjajah.. orang belande kl kmari disambut senyuman koq.. emoticon-Big Grin yang dibenci disini itu cuma cina... emoticon-Big Grin ea.. ea.. ea... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babysitter89 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
dari jaman dulu kan penjajah belanda... dh bikin stigma ektremis n teroris ke kaum uclim....hoverdom kamu ektremis ga mau kerja sama....
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Tumben ngaku? Biasanya kan cuma bilang itu ulah VOC, bukan Belanda.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mantap
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kembalikan 4 Miliar Gulden yang diminta saat hasil KMB 1949 dan akui Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 bukan berdasarkan hasil KMB 1949
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raneeys dan 3 lainnya memberi reputasi
tapi ironis juga sih kalo dulu bangsa ini pernah dijajah sama nederland yang bahkan sempat keok waktu jaman napoleon dan era PD2
profile-picture
kelak.kau.tahu memberi reputasi
Ngomong doang mah gampang, ini bukan ngejajah doang, tapi invasi juga setelah taun 45, terus kesananya maksa indonesia bayar upeti kemerdekaan.

Btw,kalau bener2 tulus, mulai balikin lah artefak2 yg lu embat, toh banyak yg cuman disimpen doang, ga ada waktu ga ada tenaga, dah gitu bikin inventaris full barang apa2 aja yg lu embat, terus balikin.............kalau tulus minta maafnya itu juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
ya di maafkan. tp hukum jalan terusss
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di