CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
70% Kamar Hotel di Bali Kosong, Sama Seperti di Batam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6736c628c99172e1118c14/70-kamar-hotel-di-bali-kosong-sama-seperti-di-batam

70% Kamar Hotel di Bali Kosong, Sama Seperti di Batam


Dadan Kuswaraharja
detikTravel
https://travel.detik.com/travel-news...perti-di-batam

Jakarta -
Tingkat kunjungan hotel-hotel mengalami anjlok parah sejalan kasus wabah corona dan sudah ada 6 kasus positif di Indonesia. Tingkat keterisian (okupansi) kamar hotel di Bali kini hanya 30% atau sisanya 70% dalam kondisi kosong. Kondisi ini juga terjadi di Batam.
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepulauan Riau, Cahya sudah mendapat laporan kondisi perhotelan di Batam yang sangat memprihatinkan.
"Teman di perhotelan bilang tinggal 30%, dari normal 80-90% saat seperti November-Desember bagus," katanya seperti dilansir dari CNBC Indonesia.
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]

Ia mengatakan dampaknya sudah ada pelaku perhotelan yang melakukan kebijakan merumahkan karyawan dan memberikan setengah gaji bagi karyawannya.
"Para karyawan sudah memahami, ini bukan ulah majikan, karyawan menerima," katanya.
Ketum PHRI Pusat Hariyadi Sukamdani mengatakan semenjak ada kasus positif baru corona pada 6 Maret 2020, tak ada perubahan soal tingkat okupansi hotel di Indonesia.
"Belum terlihat perubahan drastis mas karena kemarin berita tersebut sudah ada counter bahwa pasiennya sembuh," kata Hariyadi pekan lalu,
Berdasarkan catatan Hariyadi hingga akhir Februari 2020, untuk Batam dan Bintan, tingkat keterisian hotel pada Januari dan Februari 2020 turun jadi 30-40% jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Rata-rata okupansi atau tingkat keterisian saat ini anjlok hanya berkisar 20-30%.
Para karyawan hotel bahkan banyak yang diminta untuk mengambil cuti. Menurutnya, kondisi ini akan memburuk jika sampai bulan April masih terjadi penurunan okupansi.
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Selanjutnya, di Bali penurunan okupansi berkisar 60-80%, khususnya di daerah favorit Turis China yaitu Nusa Dua, Tuban dan Legian, Kuta. Hal ini juga disebabkan karena Turis China merupakan kontribusi wisman terbesar di Bali.
Rata-rata okupansi hotel saat ini hanya mencapai 30-40% dari kapasitas hotel. Okupansi hotel di daerah Ubud dan Sanur mengalami penurunan sebesar 20-30% karena di daerah tersebut didominasi oleh Turis Eropa dan Australia.
Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran khawatir dengan bertambahnya kasus-kasus positif corona di Indonesia.
"Ketika di Indonesia sudah diketahui ada yang positif Corona. Itu justru berimbas pada wisatawan domestik juga karena ini momentumnya masih baru. Rasa panik masih ada karena mungkin belum paham betul masyarakat, virus corona ini bagaimana penanggulangan dan antisipasinya seperti apa," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (5/3/20

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
spt roda yg berputar,kadang diatas dan lebih sering dibawah

seperti ombak dilaut yg ada pasang surutnya

Bukankah kita pernah mengalami hal yg lebih parah dari ini..

emoticon-Maluemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tanya tentaranya si somad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 5 lainnya memberi reputasi
mumpung sepi turis segera bersih bersih pantai dan tempat lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
yg punya condotel pd pusing ini
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wuih 70%
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Bukannya februari sampai april itu low season, mungkin diperparah lagi dengan dampak virus corona
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
cocok, murah2 nih ya hrsnya
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


Spesies apa bro?
iye nih, gw mau holiday jg masih mikir emoticon-Leh Uga
mikirin duitnya
kalau harganya bisa sampai 70% off minimal 50 % lah boleh juga nih ke bali
Perkiraan ini ampe musim panas baru reda

Semua juga gk bisa protes , karena ini di luar dugaan kejadian corona ini

Meskipun indonesia bebas corona pun kl negara luar lain banyak ya sama aja .
profile-picture
baniwahyudi memberi reputasi
Tiarap dulu dagh bisnis pariwisata....jir emoticon-No Hope
Banyak wisman jadi mikir buat ke Bali. Org Indo aja pada takut keluar rumah karena virus ini
Tentara tonggos mantap juga yah, semua pada takut, sampe2 Arab aja takut. Emg lg unjuk gigi dia sepertinya
profile-picture
profile-picture
andhikap1102 dan rizariri memberi reputasi
eh beneran batam juga sepi uhuhuhuhu
batam open BO sepi juga?

tanya si abang aaaahhh emoticon-flower
ana udh 2 hari gak kerja gara2 agak demam, takut kena scanner emoticon-Takut
kalo air asia mah tiket dr jakarta ke kl udah 200 rb an
dampak dari corona ya gan
Makanya jangan terlalu pede dengan industri pariwisata.
Banyak hal2 yg di luar kontrol yg mempengaruhi industri ini.

saatnya ke bali apa?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di