CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6735957414f52b3a541a44/escape-from-pretoria-2020-kisah-nyata-kaburnya-tapol-dari-penjara-pretoria

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Selamat siang agan dan sista pecinta film semuanya. Kali ini ane mau bahas mengenai salah satu film yang diangkat dari kisah nyataberjudul Escape from Pretoria (Kabur dari Penjara Pretoria). Sebelum diangkat ke layar lebar, kisah ini ditulis dalam sebuah buku berjudul sama yang ditulis sendiri oleh Tim Jenkins selaku orang yang terlibat langsung dalam upaya kabur dari penjara Pretoria dengan keamanan maksimum tersebut.

Film yang mengangkat upaya kabur dari penjara bukan hal baru. Sebelumnya sudah ada film Escape Plan, Escape from Alcatraz, dan paling diingat adalah The Shawshank Redemptions. Dalam film Escape from Pretoria yang merupakan kisah nyata dari Tim Jenkins bersama rekannya Stephen Lee dimana mereka merupakan aktivis anti-apartheid. Keduanya adalah warga Afrika Selatan berkulit putih dengan maksud menentang politik Apartheid melalui operasi rahasia ANC (Kongres Nasional Afrika).

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Keduanya bermaksud membagikan selebaran penting kepada khalayak ramai untuk menentang politik apartheid yang terjadi di Afrika Selatan pada tahun 1978. Teknik mereka dalam menyebarkan selebaran menggunakan bom berdaya ledak kecil tanpa memakan korban jiwa. Tapi rencana mereka sayangnya gagal setelah ledakan selebaran terjadi, aksi keduanya diketahui oleh pihak keamanan setempat. Ledakan yang menghempaskan banyaknya selebaran tersebut dinilai sebagai aksi teroris.

Tim Jenkins didakwa hukuman penjara selama 12 tahun sebagai dalang pengeboman dan Stephen Lee 8 tahun. Pada film Escape from Pretoria, aktor Daniel Radcliffe yang dulunya memerankan karakter Harry Potter dalam film ini memerankan tokoh Tim Jenkins sedangkan Stephen Lee diperankan oleh aktor Daniel Webber.

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Keduanya dibawa ke Penjara Tahanan Politik Khusus Pria dengan pengamanan ketat dari pihak kepolisian Pretoria menelusuri berbagai pintu berlapis baja hingga menuju ruang tahanan. Tim ditahan dalam ruangan berbeda dengan Lee walaupun letaknya bersebelahan. Pintu kamar tahanan memiliki keamanan berlapis sehingga hampir tidak mungkin ada upaya kabur dari tahanan tersebut.

Selama menjalani masa tahanan keduanya berkenalan dengan narapidana lain, Denis Goldberg dan Leonard. Keakraban mereka perlahan terjalin dengan baik bahkan semua hal yang berkaitan dengan aktivitas di Lapas mereka ceritakan termasuk kisah upaya kabur dari narapidana sebelumnya namun mengalami kegagalan hingga menghadapi konsekuensi yang lebih berat.

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Leonard adalah tahanan yang paling berkeinginan untuk kabur tapi ia butuh bantuan Tim dan Lee. Hari demi hari mereka mempelajari rutinitas sipir lapas. Perlahan-lahan mereka menyusun rencana. Leonard merasa bahwa penjara Pretoria sangat menyiksa baginya. Bahkan untuk bertemu putranya saja butuh rentang waktu yang lama. Hal inil ternyata sejalan dengan keinginan Tim dan Lee.

Berbeda dengan Denis Goldberg yang merupakan tetua di Lapas tersebut memutuskan untuk tidak ikut rencana kabur walaupun ia memiliki banyak anggota mengingat konsekuensi yang akan diterima bagi narapidana yang mencoba kabur dari Lapas.

Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria

Rencana Tim, Lee, dan Leonard tetap berjalan, bahkan hampir setiap hari Tim melakukan uji coba kabur yang menurut ane memberikan ketegangan kala menyaksikan aksinya. Andaikata aksinya gagal sedikit saja maka akan berakibat fatal bagi dirinya dan orang-orang yang terlibat dengannya. Belum lagi sipir penjara yang begitu detail dalam mengawasi semua narapidana membuat tensi menegangkan semakin menjadi.

Buat agan dan sista yang belum menyaksikan filmnya, ane tidak ingin bercerita banyak terkait detail film ini karena khawatir menimbulkan bocoran inti cerita. Terkait bagaimana upaya kabur dari Tim dkk. Bisa agan dan sista saksikan dalam film Escape From Pretoria. 

Sekian dan Terima kasih. 

Review Agan-Agan dimari emoticon-Shakehand2

Quote:


Sumber:

Pengamatan Pribadi setelah Menyaksikan Filmnya.

Sumber Gambar:


Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara PretoriaEscape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria


Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara PretoriaHOT THREAD #2Escape From Pretoria (2020), Kisah Nyata Kaburnya Tapol dari Penjara Pretoria
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh coloridos
Halaman 1 dari 16
mirip-mirip shawshank redemption kah film nya bray ?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
denatosero dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
wasekk film kabur dari penjara lagi.. pasti seru dah ini emoticon-Malu (S)
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Inilah yang disebut, Harry Pottet main kabur aja di filmnya.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


Lah ini anak ngapa nyasar kemari? emoticon-Bingung
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh kuretake
Ini dia nih yang ane cari, genre survival tapi pake akal.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
otw nyari bajakannya dulu kalo dapet, kalo belum aku mah sabar aja 😭😭
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Wah bener-bener si Daniel mau dibawa keluar karakter Harry Potter, biar ga monoton emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
kabur dari penjara mah resiko itu, ketangkep berlipat hukumannya. kalo lolos ya bebas melarikan diri.
wah nih keren kayaknya filmnya
menarik nih
izin ninggalin jejak gan hehe..
Quote:


Bagus gan, dibikin jantungan dah 🤣🤣
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


Gpp gan silahkan aja, TS kemana ini ya? emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo
Ane masih nyimpen d hdd yg shawshank redemption. Bener kata agan, itu emang paling diienget. Slow tp manteb. Escape Plan itu ane rada2 lupa ceritanya pemaennya stallon sm arnold kan. Yg Alcatraz ane malah gx inget sma sekali, mgkn malah belom pernah nonton
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
coloridos dan denatosero memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Edaann ini keren juga filmnya 😳😳 menegangkan banget dah, adegan hampir gagal dan hampir ketahuan bikin jantungan . 😲
Quote:


Ini ngapain pada share begini?

@adolfsbasthian kalo yang ini udah nonton belum gan?
Diubah oleh denatosero
wew.. berdasarkan kisah nyata..

kirain kyk escape from LA atau escape from new york nya snake plissken (kurt russel) emoticon-Big Grin
profile-picture
denatosero memberi reputasi
Mirip dgn film Escape From Alcatraz (1979), kisah kaburnya
3 napi di penjara Alcatraz, penjara dgn pengamanan ekstra maksimum yg terletak di sebuah pulau pantai barat Amerika.
profile-picture
denatosero memberi reputasi
Halaman 1 dari 16


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di