CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Sejarah Penggajian Yang Mungkin Agan Belum Tahu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6731dd018e0d280716198f/sejarah-penggajian-yang-mungkin-agan-belum-tahu

Sejarah Penggajian Yang Mungkin Agan Belum Tahu

Sejarah Penggajian Yang Mungkin Agan Belum Tahu

 Banyak orang takut bahwa teknologi akan menggantikan pekerjaan mereka. Pada kenyataannya, kebanyakan orang akan kehilangan pekerjaan karena mereka tidak tahu cara menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi semakin cepat dan persaingan semakin ketat. Kita perlu tahu bagaimana memanfaatkan teknologi canggih agar tetap kompetitif, baik sebagai perwakilan perusahaan atau sebagai individu yang takut tidak mampu mengikuti perkembangan dunia digital baru.

 Teknologi telah mengganggu semua industri, termasuk penggajian.

Meskipun konsep penggajian telah ada sejak zaman kuno, penggajian sekarang mengalami masa transformasi teknologi. Penggajian sebelumnya dilakukan secara manual dengan karyawan secara fisik menyerahkan kartu waktu (tally hours) mereka kepada petugas yang kemudian secara manual menghitung jam dalam buku besar untuk menghitung upah selama awal abad ke-20 (1920-1940). Kesalahan sering terjadi dan karyawan terkadang menerima pembayaran kembali beberapa bulan terlambat.

 Komputerisasi penggajian menjadi kenyataan dengan dimulainya Lyons Electronic Office (LEO), komputer bisnis pertama di dunia yang dikembangkan untuk menangani tugas-tugas administrasi pada tahun 1950-an.

 Pengenalan teknologi email selama beberapa dekade terakhir membuat karyawan dapat mengirim timesheets secara elektronik. Microsoft Excel memberikan admin yang melakukan penggajian menggunakan alat mutakhir lainnya untuk melakukan perhitungan dan pelaporan gaji. Tetapi meskipun teknologi telah maju, data penggajian masih secara manual dimasukkan ke dalam dokumen Excel, menyebabkan kesalahan manusia, kurangnya data historis dan tidak ada cadangan.

 Pada masa sekarang ini, banyak perusahaan di Indonesia masih memproses penggajian secara manual, dengan menggunakan perangkat lunak usang atau menggunakan perangkat lunak penggajian asing yang terlalu mahal yang belum dilokalkan dengan kebijakan pasar dan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

 Banyak praktisi SDM masih menghabiskan banyak waktu melakukan tugas-tugas tidak membutuhkan banyak keterampilan seperti menangani kehadiran karyawan, lembur, cuti, gaji bulanan, dll. Ini tidak produktif dan rentan kesalahan. Pekerjaan kasar ini dapat dengan mudah diganti dengan menggunakan sistem penggajian digital modern.

 Apa itu penggajian digital modern? Ini adalah sistem berbasis teknologi modern yang memanfaatkan internet, smartphone, dan kecerdasan buatan (AI). Bagaimana ini menguntungkan perusahaan dan karyawannya?

Internet adalah saluran distribusi tercepat dan paling efisien. Ini berjalan terus menerus. Ini membantu Anda menjalankan perusahaan dengan kantor di seluruh Indonesia dan bahkan secara global. Itu memungkinkan komputasi awan. Cloud-computing adalah ketersediaan permintaan server komputer di internet. Pemerintah, perusahaan multinasional besar dan startup telah secara agresif mengadopsi komputasi awan. Penggajian digital modern memanfaatkan teknologi komputasi awan yang sama yang digunakan oleh perusahaan teknologi konsumen kelas dunia.

 Beberapa manfaat termasuk menghilangkan biaya modal untuk membeli server komputer, peralatan jaringan, sumber daya listrik yang tidak padam dan perangkat lunak. Tidak ada biaya operasional untuk menyewa software engineers untuk menginstal dan memelihara perangkat lunak, dan tidak perlu membuat cadangan dan memulihkan database - pelanggan hanya membayar apa yang mereka gunakan.


 Smartphone adalah penghubung antara konsumen dan layanan yang disediakan oleh berbagai perusahaan, seperti email, streaming musik dan video, media sosial, dll. Mereka ada di mana-mana karena mereka seperti pisau Swiss Army digital. Ada aplikasi untuk apa saja. Beberapa orang mengatakan bahwa smartphone telah menjadi tangan ketiga kami saat kami membawanya ke mana pun kami pergi. Komputasi seluler lahir karena smartphone yang kuat yang memungkinkan interaksi manusia-komputer. Penggajian digital modern memberikan manfaat komputasi awan dan komputasi seluler: tersedia kapan saja dan di mana saja, ini menyediakan layanan mandiri yang nyaman. Beberapa perusahaan menyediakan aplikasi penggajian digital di web seluler di telepon pintar. Program-program ini dapat dengan mudah melakukan tindakan seperti memeriksa slip pembayaran Anda, meminta cuti tahunan atau menyetujui / menolak permintaan cuti tahunan.



 

Spoiler for Contoh meminta cuti secara digital menggunakan Catapa:



AI didemonstrasikan oleh mesin, telah menjadi berita utama dalam beberapa tahun terakhir. Miliaran orang telah menggunakan AI setiap hari tanpa menyadarinya. Aplikasi populer yang digunakan oleh milyaran orang setiap hari ditenagai oleh teknologi AI: koreksi otomatis di smartphone, mesin pencari seperti Google dan Bing, atau mesin rekomendasi oleh YouTube, Spotify, Amazon, Facebook, Google Maps, dan Gmail.

Penggajian digital modern mengadopsi teknologi AI dengan fitur berikut. Analitik deskriptif menggunakan agregasi data dan penambangan data untuk memberikan wawasan ke masa lalu dan dapat menjawab pertanyaan "Berapa banyak uang yang telah kita habiskan?" Analitik prediktif menggunakan model statistik dan teknik perkiraan untuk memahami masa depan. Ia mampu mengetahui, "Berapa banyak uang yang bisa kita belanjakan minggu depan, bulan, tahun?" Analitik preskriptif menggunakan algoritme optimasi dan simulasi untuk memberi saran tentang kemungkinan hasil dan menjawab, "Apa yang harus kami pesan di bank untuk penggajian, bonus, asuransi dan kenaikan gaji?" AI memperkuat manfaat penggajian digital modern: analitik yang kuat dan wawasan yang lebih dalam sehingga orang dapat belajar dari masa lalu, di mana Anda berada saat ini dan merencanakan masa depan yang sesuai.

 Singkatnya, perusahaan berkembang ketika mereka berhasil mengeksploitasi teknologi. Mereka yang gagal untuk mengikuti telah tertinggal dan pada akhirnya akan bangkrut. Manfaat dari penggajian digital modern adalah peningkatan keandalan, dapat diaudit, otomatisasi, transparansi, keamanan, akuntabilitas, skalabilitas, dan analisis prediktif. Namun itu terjangkau bahkan untuk perusahaan kecil. Penggajian digital adalah salah satu dasar terpenting untuk mencapai keunggulan operasional tanpa campur tangan manusia di era digital. Tingkatkan sistem penggajian Anda yang sudah ketinggalan zaman ke penggajian digital modern untuk membuat perusahaan Anda bertahan dan berkembang di era digital.








Diubah oleh adijaya89


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di