CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sifat Dan Tugas Para Rasul Allah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e672f497414f50bd65c237a/sifat-dan-tugas-para-rasul-allah

Sifat Dan Tugas Para Rasul Allah

Sifat Dan Tugas Para Rasul Allah

Rasul adalah seseorang yang mendapat wahyu atau petunjuk dari Allah SWT dan wajib menyebarkan nya.

Rasul terakhir adalah Baginda besar Nabi Muhammad SAW menjadi Nabi sekaligus Rasul penutup dan al Qur'an kitab terakhir yang di turun kan kepada beliau sebagai Penyempurna kitab sebelum nya.

Sedikit tentang keperibadian Nabi Muhammad SAW yang kita cintai, Rosulullah SAW merupakan orang yang paling benar ucapannya, paling jujur Kata-katanya, paling memenuhi tanggung jawabnya, peling lembut perangainya, paling mulia pergaulan nya, lebih pemalu dari seorang gadis yang di pingit, rendah hati, dan selalu berpikir, tidak pemarah dan mudah memaafkan.

Sifat-sifat para rasul

Sifat para rasul dapat di bedakan menjadi tiga yaitu sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz. Kita akan membahas nya satu-satu dan dengan rinciannya.

1. Sifat wajib

Sifat wajib bagi rasul ada 4,yaitu:

Siddiq ialah berkata benar, ucapan atau kata apapun yang berasal dari mulut nya dapat di percaya oleh pengikutnya, dan tidak ada yang salah sama sekali. 

Amanah ialah dapat di percaya, seorang rasul dapat di percaya oleh pengikutnya, para rasul adalah manusia paling jujur dan dapat di percaya. 

Tabligh ialah menyampaikan, seorang Rosul adalah manusia pilihan yang istimewa yang di tunjuk Allah SWT untuk menyampaikan wahyu yang telah di Terima kepada umat nya dan tidak di tambah atau di kurang sedikitpun. 

Fathanah ialah cerdas, seorang rasul adalah manusia istimewa yang di tunjuk Allah SWT yang mempunyai pemikiran cerdas, tidak pelupa dan tidak fikun.

2. Sifat mustahil

Sifat mustahil untuk rasul ada 4,yaitu:


Kirim ialah Dusta, seorang rasul tidak mungkin berkata dusta atau bohong dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, masyarakat apalagi di depan umatnya. 

Khianat ialah tak dapat di percaya, seorang rasul tidak mungkin berkhianat atau tidak penepati janjinya terhadap umat nya. 

Kiriman ialah menyembunyikan, seorang rasul tidak akan menyembunyikan wahyu mau sedikit dari wahyu yang telah di berikan Allah SWT. 

Balasan atau mahluk ialah bodoh, seorang rasul tidak mungkin bersifat bodoh, karena telah di pilih oleh Allah SWT dan di berikan akal yang pintar lebih dari orang biasa. 

3.sifat jaiz

Sifat jaiz ialah sifat Kemanusiaan yaitu sifat-sifat sebagaimana manusia pada umumnya seperti rasa lapar, rasa haus,makan, minum, tidur, lelah, sakit, sedih, senang, berkeluarga, menikah , wafat dan lain sebagainya.


Tugas para Rasul

Tugas para Rasul ada 4 ,yaitu:


Sebagai pembawa ajaran Tauhid yang benar yaitu menge-esakan Allah SWT bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT. 

Sebagai kabar gembira bagi hamba Allah yang taat kelak akan mendapatkan balasan dan yang tak peduli akan mendapatkan pedihnya siksa Allah. 

Sebagai pemberi peringatan bagi manusia yang ingkar kepada Allah SWT, berbuat maksiat, kejahatan dan kerusakan di dunia. 

Sebagian guru atau Pembina untuk kehidupan manusia agar berakhlaq mulia. 



Berikut tadi sifat-sifat dan tugas para Rasul sebaiknya kita imani dan ambil pelajaran nya, sebagai mana kita selaku umatnya yang kelak akan mendapatkan syafaat dari Nabi dan Rosul.

Link sumber Disini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di