CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
5 Tips Sederhana untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e670e0dc820847102769f37/5-tips-sederhana-untuk-mencegah-penyebaran-virus-corona

5 Tips Sederhana untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona


Life Extension Indonesia -Kasus infeksi virus corona menyebar dengan cepat. Bahkan, orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia pun bertambah menjadi 19 kasus. Segera lakukan 5 tips sederhana ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kenapa virus corona bisa menyebar dengan cepat?

Penyebaran virus corona sangat cepat dan sudah sampai di 97 negara. Menurut data dari South China Morning Post, saat ini sudah ada 112.747 orang yang terinfeksi virus corona. Kira-kira, kenapa virus corona bisa menyebar dengan cepat? Ada beberapa hal yang membuat virus corona menyebar dengan cepat ke berbagai negara.

Menurut Dr. Bruce Aylward, penasihat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hal utama yang membuat virus corona menyebar dengan cepat adalah infeksi antara anggota keluarga. Jadi, ketika ada satu orang yang terinfeksi, maka kemungkinan anggota keluarga lain untuk terinfeksi pun sangat besar karena orang yang sakit dan tidak sakit ada di dalam satu ruangan.

Menurut Seema Lakdawala, ahli virus di University of Pittsburgh, kebiasaan yang sering dilakukan dengan orang di luar rumah juga bisa menyebabkan virus corona menyebar dengan cepat. Contohnya, kebiasaan berjabat tangan, mencium pipi orang terdekat, memegang benda-benda yang ada di tempat umum, bahkan meminjam ponsel teman di kantor atau sekolah.

Selain dua hal di atas, ada satu hal lain yang membuat virus corona menyebar dengan cepat. Menurut tim epidemiologis pemerintah Cina, virus corona bisa menyebar sejauh 4,5 meter dan bertahan selama 30 menit di udara. Bahkan, virus yang keluar melalui cairan orang yang terinfeksi bisa bertahan pada benda mati dan menempel di sana selama beberapa hari.

5 tips sederhana untuk mencegah penyebaran virus corona

Penyebaran virus corona memang mengkhawatirkan dan membuat panik. Namun, kita bisa melakukan 5 tips sederhana untuk mencegah penyebaran virus corona, seperti:

Tips 1 – Jaga etika saat batuk atau bersin

Virus corona bisa menyebar melalui cairan yang dikeluarkan saat batuk atau bersin. Karena itu, kita harus menjaga etika saat batuk atau bersin dengan cara menutupnya menggunakan tangan. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik. Jika keadaan tidak memungkinkan, kita bisa menggunakan cairan antiseptik.

Tips 2 – Bersihkan rumah dan isinya

Kita tidak tahu apakan benda yang ada di dalam rumah kita bebas dari virus atau tidak. Daripada menduga-duga, lebih baik kita membersihkan rumah dan isinya dengan cairan disinfektan yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol yang ada di dalam cairan pembersih bisa membuanuh virus yang menempel pada benda-benda rumah.

Tips 3 – Jaga sirkulasi udara

Selain membersihkan rumah dan isinya, kita juga harus menjaga sirkulasi udara. Menurut beberapa sumber, virus bisa bertahan lama di dalam udara dingin, kering, dan sirkulasinya tidak lancar. Sebaliknya, virus tidak akan bertahan lama di lingkungan yang suhunya lebih dari 30 derajat Celcius dengan kelembapan 80 persen.

Tips 4 – Jangan berbagi alat makan

Untuk mencegah penyebaran virus, kita sebaiknya menghindari kebiasaan berbagi alat-alat yang bersentuhan langsung dengan mulut dan mata kita seperti alat makan dan alat mandi. Jika kita sedang makan bersama, selalu gunakan sendok yang berbeda untuk mengambil makanan. Jadi, sendok yang masuk ke dalam mulut hanya digunakan untuk mengambil makanan di piring kita.

Tips 5 – Jaga kesehatan

Hal lain yang tak kalah penting untuk mencegah penyebarang virus corona adalah menjaga kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Jika kamu sedang tidak enak badan, segera pergi ke dokter dan istirahat dengan maksimal. Jika perlu, kita juga bisa mengonsumsi suplemenuntuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah 5 tips sederhana untuk mencegah penyebaran virus corona.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di