CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Sama-Sama Penghasil Radiasi Tapi Punya Perbedaan!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e670cda28c991719b3ef6ce/sama-sama-penghasil-radiasi-tapi-punya-perbedaan

Sama-Sama Penghasil Radiasi Tapi Punya Perbedaan!!

Tahukah Kamu, Radiasi Yang Dihasilkan Komputer dan Smartphone Ternyata Berbeda

Pada era Globalisasi sekarang, dunia teknologi semakin berkembang dengan pesatnya terutama pada alat elektronik yang telah dimodifikasi seperti laptop/komputer, smartphone, dll. Penggunaannya pun semakin meluas, baik dari kalangan ekonomi atas, menengah maupun dibawah.
Handphone, smartphone, komputer, laptop, microwave, dan peralatan elektronik lain selalu memancarkan gelombang elektromagnetik. Pancaran gelombang elektromagnetik yang berasal dari alam sebenarnya tidak berbahaya, namun gelombang elektromagnetik yang sangat kuat dari berbagai peralatan listrik dikabarkan berbahaya untuk kesehatan.


Apakah Gelombang Elektromagnetik Peralatan Listrik Berbahaya?

Gelombang elektromagnetik yang berbahaya adalah paparan gelombang yang dekat dengan Anda dalam waktu yang lama. Sumber gelombang elektromagnetik ini antara lain peralatan audio-video, handphone, televisi dan komputer.


Komputer dan Handphone Paling Berbahaya?

Ilmuwan menemukan bahwa komputer memiliki dua sumber radiasi, yaitu layar dan CPU, sehingga radiasi lebih besar dibandingkan peralatan elektronik yang lain. Hal ini diperparah dengan keharusan seseorang untuk bekerja sedekat mungkin dengan komputer. Sedangkan radiasi handphone juga memberi pengaruh buruk pada kesehatan.

Ahli kesehatan Dr. Setiajid Yang mengatakan, jika seseorang bekerja dengan komputer sekitar 12 jam sehari, terlebih monitor komputernya tidak dilindungi dengan filter Anti radiasi, maka radiasi dari monitor komputer itu akan menyebabkan mata perih dan merah. Sebab monitor komputer menghasilkan radiasi sinar X, ultraviolet, dan radiasi electromagnetic (sama dengan yang dihasilkan oleh microwave).
Menurut Dr. Setiadjit Yang, batas medan elektromagnetik yang bisa ditoleransi tubuh manusia adalah 2.5 miliGauss sedangkan laptop bisa mengeluarkan radiasi lebih dari 150 mG saat digunakan. Oleh karena itu, jika harus menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-harinya maka disarankan melakukan beberapa hal untuk mengurangi radiasi. 


Pertama, Bila bekerja dengan komputer disarankan untuk setiap sekitar 30 sampai 50 menit mengistirahatkan mata selama 5 menit, lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh (lihat ke awan). Kedua disarankan untuk menghindari meletakan laptop di atas paha saat bekerja karena tidak adanya jarak tubuh dengan laptop menimbulkan risiko yang lebih besar terhadap radiasi. 
Berbeda halnya dengan komputer desktop yang dilengkapi dengan casing metal sehingga membentuk pelindung Gauss yang melindungi dari radiasi. Namun para pembuat laptop ada yang menghilangkan pelindung ini dari produknya agar laptop mereka lebih ringan dan lebih menarik pengguna.

#komputer #laptop #radiasi #mata #kesehatan



https://itupintar.blogspot.com/2020/...pi-punya.html
Jadi antara laptop dan Hp radiasi yg lbh tinggi apa gan?
lha terus tinggi yang mana ?
kadang yang terlupakan, kedip mata, kadang kalau liat layar bisa ga kedip sama sekali lho, hati2, jangan lupa ngedip
menurut ane smartphone palng ngeri gan radiasinya, tetep berhati hati menggunakan teknologi ya gan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di