CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Cara Membersihkan AC
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e66f5e4af7e935a741dc452/cara-membersihkan-ac

Cara Membersihkan AC

Hallo gan ! Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membersihkan AC sendiri di rumah dengan baik dan benar.
Cara membersihkan AC sendiri di rumah merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan susah - susah gampang karena jika agan - agan akan membersihkan AC di rumah sendiri agan harus tetap berhati - hati dan melakukannya dengan benar, sebab kita belum mengenali dengan benar karakteristik dari AC yang agan pasang di rumah agan sendiri. Pada daerah yang padat penduduk, banyak industri dan juga kendaraan yang ada di jalan raya mungkin akan merasakan suhu yang panas di siang maupun di malam hari.
AC merupakan salah satu jenis pendingin ruangan yang sudah umum digunakan oleh masyarakat yang berada pada daerah yang mempunyai suhu panas. Namun penggunaan AC yang baik juga berpengaruh dari cara mereka membersihkan AC tersebut. Nah jika agan - agan sekalian hendak membersihkan AC dengan baik dan benar agan bisa membaca cara membersihkan AC dibawah ini.
Cara Membersihkan AC
Cara Membersihkan AC
1. Menggunakan Vacum Cleaner, Kemoceng atau Lap
Agan bisa memanfaatkan vacum cleaner ( penyedot debu ), kemoceng ataupun lap untuk membersihkan AC yang ada di rumah agan. Hal pertama yang harus agan lakukan yaitu mematikan dan mencabut AC dari sambungan aliran listrik agar tidak beresiko pada keselamatan agan. 
Lalu bersihkan bagian cover depan AC terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng ke semua bagiannya. Kemudian bersihkan dengan menggunakan lap yang setengah basah, lakukan pengelapan AC secara menyuluruh agar debu yang ada pada bagian tersebut menempel pada lap dan terangkat. Setelah selesai lalu lap kembali dengan menggunakan lap kering untuk mengangkat uap air agar tidak mengotori cover AC agan.
Bersihkan debu yang ada pada filter AC dengan menggunakan penyedot debu, namun sebelum agan membersihkan filter AC tersebut agan harus wajib membaca buku petunjuk mengenai cara membuka dan membersihkan filter pada AC. Nah jika agan tidak nyaman membersihkan dengan penyedot debu agan bisa membersihkan filter AC dengan menggunakan kuas ukuran kecil yang bersih.
Setelah membersihkan filter, lalu cuci filter AC dengan menggunakan air bersih dan juga dengan menggunakan sabun cuci piring. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih sampai filter AC tersebut benar - benar bersih agar agan tidak kerja dua kali untuk mencucinya kembali. Lalu keringkan filter AC dengan cara mengeringkan dengan sinar matahari langsung, agar hasil pengeringannya maksimal.
Setelah dikeringkan dengan memanfaatkan sinar matahari, lalu lap kembali dengan menggunakan lap kering untuk memastikan tidak ada debu dan air yang tersisa pada AC.

2. Membersihkan Bagian Kumparan Evaporator dan Kipas
Untuk membersihkan bagian ini agan bisa membeli cairan yang digunakan untuk pembersih AC dalam bentuk semprotan yang lebih memudahkan pengguna untuk membersihkan pada bagian ini, sebab kumparan evaporator dan kipas terpasang secara permanen di dalam AC.
Untuk membersihkannya agan harus teliti dan juga telaten agar saat agan menyemprotkan cairan pembersih tersebut bisa tepat mengenai sasaran yang dituju. Agan juga perlu melakukan pengalasan pada bagian dinding bawah AC dan juga lantai bawah AC, hal tersebut dilakukan untuk mencegah kotoran yang menetes di lantai. Proses pengalasan ini dilakukan sebelum agan melakukan proses penyemprotan dan agan harus melakukan penyemprotan dengan cara penggunaan yang benar agar tidak beresiko merusak komponen pada AC.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca dan jika agan - agan sekalian mengalami masalah pada AC di rumah agan bisa menggunakan teknisi service AC Jogja yang sudah memiliki banyak pengalaman mengenai pendingin ruangan atau AC ini.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di