CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siapa Pelopor Pendidikan Indonesia , Benarkah Ki Hajar Dewantara?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e66ee9d5cf6c432943caf3f/siapa-pelopor-pendidikan-indonesia--benarkah-ki-hajar-dewantara

Siapa Pelopor Pendidikan Indonesia , Benarkah Ki Hajar Dewantara?

Siapa Pelopor Pendidikan Indonesia , Benarkah Ki Hajar Dewantara?
Tokoh Pelopor Pendidikan Indonesia: Pendidikan Indonesia saat ini tidak lepas dari jasa para pejuang kita dahulu. Pada masa penjajahan VOC Belanda orang-orang pribumi susah mendapatkan pendidikan yang layak seperti saat ini. Pada jaman penjajahan hanya anak kaum priyayi yang bisa mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah belanda kala itu.

Tokoh Pendidikan Indonesia Ada banyak tokoh pendidikan yang wajib kita ketahui selain Ki Hajar Dewantara pendiri taman siswa pada tahun 1922 (wikipedia).

Jauh sebelum Ki Hajar Dewantara mendirikan taman siswa ada banyak tokoh pendidikan yang berjuang mendirikan sekolah untuk pribumi, seperti Syekh Abdullah Ahmad yang mendirikan Madrasah (sekolah) Adabiyah di Padang, Sumatera Barat tahun 1909. KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah tahun 1912, dan juga mendirikan sekolah modern pertama sebagai cikal bakal sekolah sekarang.

Sebelum Muhammadiyah dirikan KH Ahmad Dahlan sudah mendirikan sekolah bersama murid-muridnya yang diberi nama Qismul Arqa. Sekolah Al-Qismul Al-Arqa beberapa kali ganti nama.

Dari Madrasah Al-Qismul Ak-Aqsa, kemudian Hogere Muhammadijah School, lalu Kweekschool Islam, dan menjadi Kweekschool Muhammadijah dan sekarang menjadi Mualimin dan Mualimat.

Tokoh Pelopor Pendidikan Indonesia Kalangan Pejuang Raden Ajeng Kartini (1879-1904) Raden Dewi Sartika (1884-1947) Rohana Kudus (1884-1969) Ki Hajar Dewantara (1889-1959) Mohammad Syafei (1899-1969) Tokoh diatas merupakan tokoh pendidikan dalam bidang pendidikan umum. Dalam bidang Pendidikan Agama juga memunculkan banyak tokoh pendidikan Islam. Dari pesantren ataupun madrasah juga melahirkan para tokoh pendidikan.
Pada pesantren tradisional yang awalnya mengajarkan hanya mengajarkan ilmu agama Islam berkembang menjadi Madrasah. tokoh pendidikan indonesia rahmah el yunusiyah Tokoh Pelopor Pendidikan Indonesia Rahmah el-Yunusiyah, Tokoh Pendidikan Indonesia, foto via wikipedia Tokoh Pelopor Pendidikan Indonesia Kalangan Ulama Syekh Abdullah Ahmad, merupakan pendiri Madrasah Adabiyah di Padang, Sumatera Barat tahun 1909. Madrasah Adabiyah adalah madrasah pertama di Indonesia.
Madrasah Adabiyah pada awalnya hanya mengajarkan ilmu agama Islam saja. Pada tahun 1915 beralih menjadi Holand Inland School (HIS) Adabiyah baru mengajarkan pelajaran dan ilmu pengetahuan umu. Syekh M. Thaib Umar, mendirikan Madrasah School di Batusangkar, Sumatera Barat pada tahun 1910. Madrasah School.
Madrasah School sudah menerapkan pembelajaran modern layaknya sebuah sekolah pada umumnya, menggunakan meja, kursi serta papan tulis. Kurikulum Madrasah School juga sudah tergolong modern yaitu menggabungkan materi ilmu agama dan juga pengetahuan umum. Pembaharuan Madrasah yang dilakukan Syekh M. Thaib Umar belum bisa diterima oleh masyarakat Minangkabau waktu itu.

Madrasah ini hanya mampu bertahan empat tahun, pada tahun 1912 Madrasah School harus tutup. Rahmah el-Yunusiyah, pendiri Madrasah Diniyah khusus putri pertama pada 1 November 1923 sebagai sekolah Agama Islam perempuan pertama kali di Indonesia berada di Padang Panjang Sumatera barat, (wikipedia). Sekolah agama ini secara memprioritaskan pada bagaimana mendidik putra-putri dalam ilmu agama serta ilmu pengetahuan umum.

Tujuan dari sekolah ini adalah menghasilkan calon ibu rumah tangga yang berpendidikan yang mampu mendidik anak-anaknya menjadi orang hebat. Seorang wanita yang dapat menangani tugas pendidikan anak-anak di rumah, sekolah serta dalam masyarakat.

sumber: News Schmunews schmu
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kenapa Ki Hajar? Karena indonesia negara sekuler...
Yg jelas bukan saya lhoo..emoticon-Traveller
Quote:


Tidak banyak orang tahu, bahwa Bapak KH Ahmad Dahlan saat mendirikan sekolah tersebut, dia dikafir-kafirkan oleh sesamanya.
Bahkan dia diejek dengan sebutan "kiai kafir".

Ternyata sudah sejak jaman dulu orang Indonesia suka mengkafir-kafirkan. Kita belum belajar dari sejarah.

emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kalau anis sebagai apa dalam pendidikan indonesia
Lihat 2 balasan
yg jelas bukan ane yee emoticon-Ngakak
bukan

yg bener anies "wan abud" baswedan emoticon-Cool
Kang klaim lagi


emoticon-Cape d...
Yg ane tahu ki hajar dewantara bikin lagu perjuangan kaum sosialist The Internationale versi indonesia emoticon-Cendol (S)
Ya memang bener Ki Hajar Dewantara yg mempelopori (jenis) pendidikan yg diinginkan negara ini dan karenanya negara memutuskan (scr politis) hari lahir beliau sbg Hari Pendidikan Nasional. Jd sekolah2 yg (diklaim) didirikan lebih dulu dr Taman Siswa itu scr politis nggak relevan krn bkn (jenis pendidikan) itu yg dimaui negara ini.
Lihat 2 balasan
Memang benar jauh sebelum ki hajar, sudah banyak tokoh bangsa yang merintis pendidikan.

perlu di cermati mengapa Ki Hajar yang di jadikan Bapak Pendidikan Nasional?

Apa hal yang mendasari?


Ki Hajar mencetuskan falsafah dalam pendidikan nasional:

1. Ing Ngarsa Sung Tuladha

Di depan menjadi contoh suri tauladan

2. Ing Madya Mangun Karsa

Di tengah-tengah ikut membangun

3. Tut Wuri Handayani

Di belakang memberikan dorongan/support


Falsafah inilah yang mendasari program watak atau ciri pendidikan nasional.


TS jangan ngiri,

kalau mau diakui, bikinlah sesuatu yang memiliki karakter yang kuat,


TS dah paham?
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan MUF0REVER memberi reputasi
Gak ada yg bilang ki hajar pelopor pendidikan, ini ts nya mau promosi Muhammadiyah aja emoticon-Malu (S)

Sebelum Muhammadiyah juga ada sekolah kok, kenapa gak masuk itu sekolah Muhammadiyah karena yg diajarkan mayoritas pelajaran agama Islam, dan cuma orang Islam yg belajar disana

Sedangkan Ki Hajar sekolah umum tanpa membedakan agama dan ras nya, makanya nama ki Hajar yg muncul sebagai bapak pendidikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Lihat 1 balasan
cocoklogi lagii... jelass2 ki hajar dewantaraa ....

masa iya si rijikk.... hadehh...
Quote:


kalo dalam dunia pendidikan sih kurang terkenal, dia lebih terkenal sebagai tukang mandiin mayat sama tukang gotong keranda.
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
yang sistemnya dipakai oleh kemendikbud ya ki hajar dewantara walau sekolah taman siswa-nya sudah kurang populer. tapi kalau disebut siapa pelopor pendidikan, kh ahmad dahlan boleh masuk sebagai salah seorang di antaranya & buahnya terlihat dengan luasnya sarana pendidikan milik muhamadiyah sekarang. selain itu tentu misi katolik yang mendirikan sekolah2 bermutu sejak zaman belanda sampai sekarang.
Pada jaman penjajahan hanya anak kaum priyayi yang bisa mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah belanda kala itu.

Orang belanda yg buat pertama kali.
yang mempelopori pendidikan ya belanda sendiri melalui politik etisnya, sehingga melahirkan kaum2 terpelajar seperti, ki hajar, tjipto mangunkusumo, hatta, sukarno dllemoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Quote:


id elu yg lama kemana? kok masih maniac? ane udah jd geek....gak terasa....wkwkkwkw
Jangan lupa juga roko van lith yang juga bikin sekolah guru pribumi tahun 1904 5 tahun sebelum adabiyah mulai.
Quote:


dan yang dikafir-kafirkan namanya harum, tercatat dengan tinta emas, organisasinya berkembang pesat, bayangkan pahala jariyah yang diterima beliau.

sementara yang mengkafir-kafirkan... generasi kita nggak tau namanya, cuma tau kelakuannya. Gusti Allah mboten sare...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di