CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Kelebihan alat masak dari kayu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e66630782d49508184f7c32/kelebihan-alat-masak-dari-kayu

Kelebihan alat masak dari kayu

Pemakaian kayu untuk alat-alat makan dan alat masak menjadi semakin popular belakangan ini. Mungkin Anda termasuk satu dari sekian banyak orang yang menganggap bahan kayu ini cantik dan lucu jika dipakai untuk alat makan dan memasak sehari-hari.

Tetapi, tahukan Anda sebenarnya kelebihan dari alat makan dan memasak dari kayu tidak hanya sebatas dipenampilannya saja? Lalu apa saja manfaat alat makan dan masak berbahan kayu dibandingkan dengan bahan besi atau plastik?

1. Non-konduktor Alami

Jika alat memasak atau sendok dari besi dibiarkan terlalu lama di wadah yang panas saat memasak, tentunya ujung dari sendok tersebut akan ikut memanas. Hal ini dikarenakan besi yang memang sifatnya adalah konduktor alami. Lalu bagaimana dengan plastik? Meninggalkan bahan plastik ke wadah memasak bisa saja membahayakan karena material plastik yang mudah meleleh.

Berbeda dengan dua jenis tersebut di atas, kayu tidak mudah mengalirkan panas dan tidak akan meleleh dengan mudah. Kegiatan memasak pun lebih aman dan lebih mudah.

2. Tidak Merusak 

Memasak dengan alat dari bahan besi sering meninggalkan goresan-goresan pada permukaan wajan seperti teflon, besi, ataupun stainless steel. “Luka” pada alas wadah memasak tidak boleh dianggap remeh karena kontaminasi bahan kimia dari teflon atau besi akan mempengaruhi hasil masakan yang jika dikonsumsi, akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
Spatula dari bahan kayu sangat jarang meninggalkan goresan atau baret pada panci/kuali memasak. Dengan penggunaan yang sama dibandingkan dengan spatula berbahan besi, alat masak berbahan kayu lebih awet dan ramah.

3. Alami Dan Non-reaktif

Alat makan dan memasak dari bahan kayu tidak akan bereaksi dengan zat asam dari makanan. Sendok dari bahan besi atau stainless yang berkualitas rendah biasanya akan meninggalkan rasa seperti besi di lidah dan bahkan mengubah rasa makanan saat digunakan untuk menyendok jenis makanan yang memiliki zat asam yang tinggi, contoh : perasan lemon atau saus tomat.

Sifatnya yang non-reaktif ini juga menjadi penyebab mengapa sendok madu rata-rata menggunakan bahan kayu. Ini dikarenakan untuk menjaga kualitas madu saat digunakan ataupun disimpan.

sumber : https://custommebel.com/ 


dibagikan oleh : Grosir Alat Masak Kayu Terbaik

wah wah masukn juga ini mh
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di