CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e664d9168cc956da16983ec/virus-corona-ancam-ekonomi-nasional-wamenkeu-anggaran-harus-fleksibel

Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel

Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan, dampak terhadap perekonomian nasional akibat wabah virus corona mulai terasa di sejumlah sektor. Hal itu diakuinya seiring dengan penyebaran wabah virus corona yang sudah makin meluas secara global, yang berawal dari Wuhan, China.

"Karena Tiongkok itu memegang peranan sangat penting, maka negara lain termasuk Indonesia juga kena dampaknya," kata Suahasil di Jakarta, Senin (9/3/2020).

(Baca Juga: Sri Mulyani Bersiap Defisit APBN 2020 Akan Melebar ke 2,5 Persen)

Baca Juga:

Lebih lanjut Ia menjabarkan sektor-sektor apa saja yang sudah terdampak oleh wabah virus corona tersebut. Dia menyebut, sektor pariwisata merupakan salah satu yang sudah memperlihatkan dampaknya sejak awal, akibat penghentian sementara sejumlah penerbangan dari dan ke sejumlah negara.

Hal itu pun menyebabkan kosongnya penerbangan dari sejumlah maskapai, yang otomatis juga membuat sejumlah tempat pariwisata cenderung sepi dari para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. "Belum lagi di sektor industri yang memang membutuhkan input dari China, sehingga para pelaku industrinya pun sempat mengatakan bahwa bisa-bisa produksi mereka juga akan berhenti," ungkapnya.

(Baca Juga: Jokowi Minta Kalkulasi Pelemahan Ekonomi Sampai 2021)

Selain itu sambung Suahasil, wabah virus corona ini juga menyebabkan ekspektasi yang lebih rendah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, terkait target dan capaiannya secara ekonomi di tahun 2020 ini. Sehingga, pemerintah harus lebih fleksibel dalam hal pengelolaan anggaran, guna melakukan penyesuaian dengan kondisi global yang bakal mengalami ketidakpastian dalam beberapa waktu ke depan.

"Anggaran harus fleksibel terhadap perekonomian, dan harus mampu memberikan stimulus bagi masyarakat. Stimulus-stimulus ini harus terus berjalan untuk memperkuat roda perekonomian bagi masyarakat," jelasnya.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/155...bel-1583761117

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel Dedikasi WSBP: Komitmen Terhadap Pengembangan Masyarakat

- Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel Selidiki Kasus AICE, Kemnaker Terjunkan Tim Pengawas Ketenagakerjaan

- Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel Virus Corona Ancam Ekonomi Nasional, Wamenkeu: Anggaran Harus Fleksibel



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di