CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Tips Menjaga Eksistensi Perusahaan Anda Di Internet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e662ae5af7e93329b08879f/tips-menjaga-eksistensi-perusahaan-anda-di-internet

Tips Menjaga Eksistensi Perusahaan Anda Di Internet

Di era serba digital, perusahaan berlomba bagaimana mereka muncul di laman pertama pencarian. Semakin mereka sering muncul di laman pertama, maka perusahaan mereka semakin dipercaya oleh public. Untuk bisa masuk ke laman pertama, membutuhkan banyak personil di belakangnya.

Sayangnya, ada beberapa perusahaan yang masih menyamaratakan 1 divisi. Contohnya social media. Beberapa perusahaan masih menganggap pekerjaan social media itu ringan seperti halnya seseorang bermain di social media. Padahal, pekerjaan ini adalah pekerjaan paling krusial dan menentukan repurtasi perusahaan di social media.

Jadi, bagi anda yang merupakan seorang petinggi di perusahaan, anda harus mempertimbangkan untuk menambah personil demi menjaga eksistensi perusahaan anda di Internet. Sebelum mengupas tipsnya, berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menambah personil;
 
1.    Mengetahui Lebih Dalam Apa Saja Di Balik Social Media
Jika anda menganggap orang social media hanya aktif berkarya di profil sosmed perusahaan, anda salah. Sejatinya, anda perlu orang-orang ini untuk membuat social media anda menarik; data researcher (litbang) untuk memprovide data akurat, writer untuk mengintepretasikan data tersebut, graphic design untuk menciptakan visual yang menarik, dan seorang account executive yang mengerti marketing tools di social media platform agar postingan yang dihasilkan perusahaan anda bisa melunjak.

Apabila anda menunjuk seorang saja untuk mengerjakan itu semua, kecil kemungkinan perusahaan anda untuk melejit, dan justru akan menambah beban karyawan anda. 
 
2.    Internet Tidak Hanya Sekedar Social Media
Anda perlu memahami untuk bisa tenar di laman pencarian, tidak cukup mengandalkan profil social media anda. Maka dari itu, anda harus membuat sebuah website karena penting untuk memudahkan orang menggali dalam tentang perusahaan anda tanpa harus masuk ke social media.

 Disini, anda perlu banyak orang untuk membangun website seperti content writer yang akan memperbanyak content di website untuk memajukkan traffic, SEM yang akan mengoptimasi nama perusahaan anda di mesin pencarian, dan orang-orang teknis lainnya seperti frond end, back end yang standby di website anda.

Perlu anda ketahui bahwa jobdesk ini berasal dari latar belakang pendidikan yang beda sehingga jika anda mengandalkan tenaga 1 orang saja, rasanya tidak akan mungkin.
 
Setelah anda memahami bahwa pekerjaan krusial ini tidak bisa dilakukan oleh seseorang saja, kini anda perlu memahami langkah apa saja untuk menjaga eksistensi perusahaan anda di Internet;
 
1.    Belajar Digital Management Untuk Perusahaan Anda
Seiring berkembangnya zaman, perusahaan anda dipacu untuk selalu dinamis. Maka dari itu, jangan ragu apabila anda harus belajar lagi dari awal. Selain itu, anda perlu memberikan training kepada karyawan anda supaya mereka lebih memahami jobdesk yang akan dikerjakan oleh mereka.
Di Indonesia, sudah ada beberapa lembaga yang membantu perusahaan memahami digital management seperti Sasana Digital. Perusahaan ini akan memberikan training dan consulting untuk mensupport apa yang dibutuhkan perusahaan dan karyawan di era serba digital ini.
 
2.    Sering Update Website Dan Social Media Perusahaan
Setelah memahami ilmu digital management, karyawan anda harus lebih sering meng-update website dan social media perusahaan. Pentingnya meng-update website anda setiap saat yaitu untuk memudahkan Google atau mesin pencari lainnya menjaga nama website anda di laman teratas pencarian. Untuk mendukung laman anda, anda bisa mengkombinasikan website optimization tools untuk menjaga nama website anda selalu teratas.

Selain itu, pentingnya meng-update social media perusahaan anda yaitu mampu menambah engagement baik dari pelanggan setia anda maupun calon pelanggan anda. Di social media, anda juga bisa lebih dekat dengan pelanggan anda, dan bisa membuka platform untuk mereka memberi dukungan, kritik, dan saran secara langsung kepada perusahaan anda.

Untuk melihat sudah sejauh apa social media anda bekerja, sebesar apa engagements perusahaan anda peroleh, anda perlu menggunakan Social Media Analytic Tools. Analisa.io , adalah salah satu Social Media Analytic Tool yang memberikan insight penuh terhadap kinerja perusahaan anda di social media platform Instagram dan Tiktok (jika anda memiliki). Analisa.io akan membantu anda mengetahui apa yang disukai oleh pengikut anda, siapa saja orang-orang yang mengikuti anda, sekaligus bisa menganalisa kinerja social media pesaing.
 
3.    Siaga Dengan Aktivitas Pesaing
Segala sesuatu yang sudah masuk ke ranah internet sangat mudah dilacak. Maka dari itu, anda juga perlu siaga dengan kinerja pesaing. Anda perlu melihat sudah sejauh apa mereka bekerja, dan berjaga-jaga apabila mereka sudah mulai ‘melirik’ dengan perusahaan anda.
Jangan sampai anda membuat konten yang ternyata menduplikat pesaing atau mengetahui konten anda diduplikat pesaing, karena hal itu akan mempengaruhi eksistensi anda di internet, dan di dunia nyata sekalipun.
 
Dengan mengikuti tips ini, semoga anda mampu mengoptimalkan eksistensi perusahaan anda di Internet semoga namanya makin terkenal, dan makin banyak orang yang memercayai perusahan anda. Untuk mengetahui tips lebih lanjut tentang hal apa saja yang perusahaan anda bisa lakukan di dunia maya supaya lebih eksis dan mendapat banyak engagements dan profit, anda dapat mengunjungi https://analisa.io/ . Semoga berhasil!

  


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di