CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e66292582d4950e40104a36/cara-bikin-asam-sunti

Cara Bikin Asam Sunti

Cara Bikin Asam Sunti

haii ....Sis, siapa yang tau belimbing wuluh? atau di sebut juga belimbing sayur, yang buahnya kecil lonjong warna ijo rasanya asam bikin seger. Apa lagi kalau di bikin manisan rasanya endol surendol deh. Belimbing wuluh juga bisa menggantikan asam Jawa di beberapa masakan. Selain bikin Manisan belimbing wuluh bisa juga di bikin asam sunti, kalau orang Aceh pasti tau namanya asam sunti. karena di setiap masakan Aceh ada tambahan asam suntinya. Asam sunti tuh kaya asam jawa kalau menurutku.

Belimbing wuluh juga ada manfaatnya : Mengontrol hipertensi, mengobati diabetes, mengobati demam dan flue dan masih banyak lagi. Tanaman ini gampang di tanam dan sekali berbuah banyak banget, kadang bingungkan sista, mau diapain tuh buah warna ijo lonjong itu yang asam saking banyaknya, jadilah terbuang tuh buahnya dengan sia-sia. Sedih deh jadi mubajir.

Oke, Sista gak perlu bingung lagi nih dan gak akan mubajir buahnya. Belimbing wuluh selain di bikin manisan atau just bisa di bikin asam sunti atau pengganti asam jawa di masakan.

Caranya:

1. Ambil belimbing wuluh dari pohonnya jangan yang masih kecil-kecil, kasihan masih kecil kalau udh di ambil, yang sedang-sedang aja seukuran jempol tangan.

Cara Bikin Asam Sunti

2. Taruh belimbing wuluh di ember atau tempat apa aja kalau gak punya ember. Asal jangan di kulkas ya gaes lalu kasih air yang penuh sampai bener terendam belimbing wuluh nya dan diamkan semalaman.

Cara Bikin Asam Sunti

Cara Bikin Asam Sunti

3. Jemur belimbing wuluh di atas terik matahari, tapi sebelum di jemur kasih garam dulu ya secukupnya aja. karena akan terus berlanjut di kasih garam kalau belum kering.

Cara Bikin Asam Sunti

4. Jemur lagi besoknya tapi sebelum di jemur taburi lagi pakai garam secukupnya. Sampai bener-bener kering kalau belum kering besoknya jemur lagi kasih garam lagi terus begitu sampai bener-bener kering. penjemuran ini membutuhkan waktu gak sedikit dua atau tiga hari tapi membutuhkan waktu lama, karena biar awet asam suntinya bisa satu tahun. Ini penampakan yang udah bener-bener kering ya ....

Cara Bikin Asam Sunti

Gampangkan gaes bikinnya, semoga bermanfaat.

Sumber dan foto: pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanyaanatasya dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
semoga thread nya bermanfaat ya sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Jadi belimbing wuluhnya bisa bermanfaat gak terbuang sia-sia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
maaf foto pertama itu udah di ambil belimbing wuluhnya sebagian, lupa aku foto pas masih banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
wow
bener-bener bikin sendiri ya asam suntinya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Udah ada, thread aku yang sayur mengkudu itu menggunakan asam sunti. Nanti aku kasih resep masakan aceh yang lainnya yang pake asam sunti
profile-picture
profile-picture
ningka dan Katakhoi memberi reputasi
Di sini yang kayak gitu namanya calingcing, kak. 😁
profile-picture
ningka memberi reputasi
Blimbing wuluh enak dipakai campuran sayur asem. Asem dan segerr
Kok jadi ngilu. Hihihi
Quote:

Sangat bermanfaat
Quote:


Syeger nih, kemecer
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
itu jadinya asem apa asin ya?
gigi jadi ngilu
Quote:


Kecut banget, tapi enak buat masak. Sayur asem pakai ini juga enak
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Quote:


Penasaran resepnya. Nanti colek deh setelah post itu
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Quote:


Sangat bermanfaat Sist. Bertahan berapa lama makanan ini?
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Quote:


Ane belum punya pohonnya lho
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Quote:


Kalau blimbing wuluh segar 1 kg bisa jadi berapa kg pas kering, Sist?
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Kesannya kayak anggur kering ya?
Ane kemecer lihatnya, Sis
profile-picture
ningka memberi reputasi
jadi manisan juga enak
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Diubah oleh ningka
Quote:


Bukan berapa kg, jadinya malahan berapa ons. Karena kan kalau udah kering belimbing wuluh mengkerut otomatis kan jadi ringan.
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di