CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gawat! Iuran Tak Jadi Naik, BPJS Kesehatan Bangkrut Dong?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e66112bc342bb191e1d7542/gawat-iuran-tak-jadi-naik-bpjs-kesehatan-bangkrut-dong

Gawat! Iuran Tak Jadi Naik, BPJS Kesehatan Bangkrut Dong?

Gawat! Iuran Tak Jadi Naik, BPJS Kesehatan Bangkrut Dong?

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris, pernah mengungkapkan jika iuran tidak naik maka BPJS Kesehatan bisa colaps. Hal ini lantaran defisit BPJS Kesehatan terus membengkak setiap tahunnya.

"Bisa kolaps? Iya," ujarnya tegas di Forum Merdeka Barat, Jakarta, Senin (7/10/2019) kala itu.

Menurutnya, layanan untuk para peserta tidak mungkin dihentikan apalagi masalah kesehatan sangat penting. Oleh karenanya kebijakan kenaikan iuran dinilai cara paling tepat.

"Begini, kami tidak ingin pelayanan berhenti. BPJS Kesehatan sendiri mendapat sanksi, dihukum kalau telat bayar rumah sakit, itu 1% dari setiap klaim yang masuk," jelasnya.

Dengan denda itu, maka kerugian akan ditanggung oleh negara melalui suntikan dana. Ini tentunya terus merugikan negara.

"Kami laporkan ke Kementerian Keuangan berapa denda yang harus dibayar, yang mana denda itu membebani negara dan APBN. Jadi kita harap ini cepat diselesaikan," tambahnya.

Lanjutnya, saat ini banyak yang memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan yang tidak mungkin dihentikan. Seperti perawatan katarak hingga operasi melahirkan secara caesar.

"Soal pemanfaatan, itu soal katarak dan caesar bayi itu pernah kami lihat soal utilisasinya, tapi respons publik dan stakeholder itu luar biasa. Sehingga tidak mudah sesuaikan. Itu jawaban kalau kenaikan tidak terjadi," tegasnya.

Fahmi mengatakan jika tidak ada kebijakan seperti kenaikan iuran maka BPJS Kesehatan bakal makin parah. "Yang terjadi tahun ke tahun defisit akan makin lebar," katanya.

Berikut rincian perkiraan defisit BPJS Kesehatan dimulai dari 2019 :
2019 : Rp 32,8 triliun
2020 : Rp 39,5 triliun
2021: Rp 50,1 triliun
2022: Rp 58,6 triliun
2023 : Rp 67,3 triliun
2024 : Rp 77 triliun


"Harapannya dengan perbaikan fundamental iuran, persoalan di sini dapat diselesaikan," tegas Fahmi.

Untuk diketahui, Mahkamah Agung (MA) ternyata mengabulkan judicial review Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan.

Dalam putusannya, MA membatalkan kenaikan iuran BPJS yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai 1 Januari 2020.

Sampai artikel ini diturunkan Juru Bicara atau Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Maruf, belum merespons pertanyaan CNBC Indonesia untuk menanggapi batalnya iuran tersebut.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-bangkrut-dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagogkritikal dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
setelah jadi menkeu dan menko

lantik tsnya jadi menkes jg


@jkwselalub3n4r tetap jadi menaker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Yg puyeng RS swasta kalo amoe macet bayarannya
profile-picture
tali_sandal memberi reputasi
bpjs diem diem bisa ngancurin negara , sby bloon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyNameIsMoz dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lahh.. ane uda bayar 3 bulan bpjs pake harga nyang uda naek..

ikhlas dahh...


benerin dl dah si lembaga bpjs nya....bnyk banggshatt nya tu...

gmana cara nya ya biar pada kaga korup...jd rakyat rela bayar brp pun...

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 18 lainnya memberi reputasi
Bulan depan kayaknya bakal banyak yg nunggak
Masalah fundamental beres klo iuran naik tapi utangnya tetep ada kan? Ga menyelesaikan masalah 100% dong? emoticon-Cape d...

Kayaknya batal naik soalnya abis dinaekin diitung2 tetep defisit, makanya pembatalannya lolos di mk...goblog...emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 8 balasan
ya dari awal penctriin, uda lama bgt di dua arah kompas dibahas.

rekomendasi sekian, sama pemerintah dikasih harga dibawah rekomendasi.

giliran fail, akhirnya manut rekomendasi harga nya dan dinaikkain.

blm yg duit gede dari perusahaan, pada gamau krn dibanding swasta pelayanan jauh.

emoticon-Ngakak

blm isinya kongkalikong semua BPJS.

blm lagi, uda tau defisit diperparah korupsi pejabatnya.

https://m.detik.com/news/berita-jawa-barat/d-4654514/2-tersangka-pakai-uang-korupsi-bpjs-rsud-lembang-untuk-beli-tas-mewah

blm lagi dari pusat berapa nyampe daerah brp, persis kek dana desa, di UU ny jelas 1M smp desa 800an jt.

https://beritagar.id/artikel/berita/dana-bpjs-kesehatan-jadi-bahan-bancakan

emoticon-Ngakak

gaji direksi nya , gabungan kitak-kitak + squad masjid

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20190813205654-78-421064/menyoal-gaji-rp200-juta-per-bulan-direksi-bpjs-plus-bonus

gatau diri pula

https://m.detik.com/finance/moneter/d-4663701/direksi-bpjs-usul-7-tunjangan-naik-sri-mulyani-kabulkan-1



ngelesnya emoticon-Big Grin

Sementara, gaji direksi dan dewan pengawas diklaim tetap mengikuti aturan yang ditetapkan dan bersifat wajar. Hanya saja, Iqbal tak menyebut secara spesifik nominal gaji yang diterima direksi dan dewan pengawas BPJS Kesehatan.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20200120195056-78-467116/dpr-soroti-insentif-rp41-m-untuk-direksi-bpjs-kesehatan

wajar ya, perusahaan bangkrut tapi gaji gede itu wajar.

nanti tinggal ditolong negara kaya bumn mabur, atau soul sraya emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak

https://www.kompas.tv/index.php/article/54117/atasi-masalah-defisit-bpjs-apa-solusi-jangka-panjang-dua-arah

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 22 lainnya memberi reputasi
Hormati putusan MA
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan atmajazone memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Quote:


sby yg ngasih bpjs dgn tarif super murah bre
Lihat 1 balasan
yg jadi masalah itu yg iuran mandiri, suka nunggak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
herytahi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Baiknya sih dibubarin aja ini bpjs, dipailitkan terus bentuk program baru khusus untuk masyarakat miskin sbg peserta + asn wajib ikut disemua level ..

Untuk kalangan menengah keatas khususnya yg kerja kantoran wajibkan sj pakai satu dari bbrp asuransi swasta yg ditunjuk pemerintah
Lihat 6 balasan
Audit bpjs. Kayaknya banyak tikus disana
profile-picture
ariflukmannrd memberi reputasi
iyalah,masa 100 % , 5-10 % wajar , faktor inflasi soalnya. lebih baik dinaikin setiap tahun 2-5 %
profile-picture
strangekl memberi reputasi
Quote:


ya
hanya dgn pertolong Tuhan ,bpjs bisa selamat....


wkwkwkw
wah gawat juga
Gaji dan tunjanga direktur sampe pegawai rendahan bpjs dalam setahun keknya lebih besar daripada biaya penanganan pasien yah.
iuran naik gawat, gak naik gawat... terus kudu gimana?? emoticon-Bingung

menurut ane, kalo gak naik harusnya gak masalah asal iuran pesertanya lancar jaya emoticon-Toast
profile-picture
rianna.nai memberi reputasi
daripada subsidi bbm mending subsidi kesehatan.
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di