CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Mengenal Tentang UI & UX Designer
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6605dc018e0d49585df5df/mengenal-tentang-ui-amp-ux-designer

Mengenal Tentang UI & UX Designer

Mengenal Tentang UI & UX Designer

Desain UI & UX merupakan dua pekerjaan yang tidak dapat dipisahkan. Karena, keduanya memegang peranan penting dalam membangun sebuah produk. Desain UI & UX juga akan menentukan apakah produk yang dihasilkan bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunanya nanti. Kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai UI dan UX yang sangat penting.

Apa itu UI & UX?


Mengenal Tentang UI & UX Designer


UI dan UX merupakan singkatan dari User Interface dan User Experience yakni sebuah tampilan visual dalam suatu aplikasi atau dalam bentuk website yang mampu untuk meningkatkan brand yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan.

Saat ini, banyak perusahaan mencari karyawan yang memiliki kemampuan dalam UI dan UX untuk membuat tampilan website perusahaan menjadi lebih indah dan menarik dari sebelumnya. Karena, tampilan dari sebuah website akan mempengaruhi tingkat penjualan dari produk yang dimiliki perusahaan tersebut.

Perbedaan UI dan UX yang Wajib Diketahui

Mengenal Tentang UI & UX Designer

User Interface (UI)

UI merupakan desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan pas dan hal-hal lainnya yang membuat tampilan web ecommerce yang kita miliki lebih enak dipandang mata dan membuat pengujung web tersebut menjadi betah berlama-lama.

UI sendiri juga lebih menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout, logo, warna, typography dan hal lainnya untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki.

User Experience (UX)

Perbedaannya terlihat jelas dari fungsinya. Jika UI lebih berfungsi untuk membuat tampilan desain dari web ecommerce menjadi jauh lebih indah. UX merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk.

UX inilah yang berfungsi untuk membuat website ecommerce menjadi lebih mudah dan tidak membingungkan para pengguna.

UX sendiri bisa dikatakan sebagai keseluruhan dari elemen suatu website yang mencakup susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman yang lainnya dan sebagainya.

Tujuan dari Penerapan UI dan UX

Mengenal Tentang UI & UX Designer


UI sendiri memiliki tujuan utama untuk menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi yang baik meliputi font, warna, gambar, dan bentuk visual lainnya yang menarik.

Sedangkan UX lebih bertujuan dalam membuat suatu website yang mudah digunakan oleh para pengguna. UX desain juga dituntut untuk menjadi jembatan penghubung agar User Interface data bekerja sama dengan sistem.

Jadi, keduanya memiliki tujuan untuk memastikan bahwa setiap langkah demi langkah yang dilakukan oleh para pengguna agar dapat berjalan dengan lancar, jelas, dan logis. Agar keduanya berperan dengan baik, pastinya anda harus memiliki pemaham yang baik akan kebutuhan dan kebiasaan dari pengguna terhadap sebuah website.

Manfaat UI dan UX untuk Perusahaan

Mengenal Tentang UI & UX Designer

1. User akan lebih nyaman

Semakin sebuah perusahaan mengutamakan kenyamanan dan kemudahan untuk para penggunanya, maka mereka pun akan semakin nyaman dalam menggunakan aplikasi. Semakin nyaman maka akan semakin sering dan puas dalam menggunakan aplikasinya atau mengunjungi web perusahaan itu.

2. Keuntungan perusahaan akan meningkat

Misalnya ada perusahaan ingin menjual sebuah produk sepatu model terbaru yang anti air. Karena perusahaan ini mengutamakan UI/UX dari website mereka untuk penjualannya, maka dari hasil riset ke User tampilan websitenya diputuskan harus mengandung unsur-unsur seperti berikut :

- Pemilihan dari Kontras warna background dan font yang bagus akan menyebabkan seluruh informasi fitur sepatu mudah dibaca oleh para pengguna,
- Pemilihan Tombol beli yang jelas dan besar,
- Di atas informasi dari harga sepatu yang disertakan Harga Coret untuk memicu urgensi keinginan beli dari pengguna

Peluang Karir Sebagai UI/UX Designer

Seluruh perusahaan di dunia mulai dari startup yang kecil hingga yang sangat besar seperti Google pasti akan terus membuat berbagai macam aplikasi. Dengan seiring kebutuhan Programmer / Software Developer yang pasti terus akan meningkat, begitupun keduanya.

Karena dalam tiap tim pembuatan aplikasi selain ada Programmer pasti harus ada orang User Interface dan User Experience Designernya juga. Berikut adalah beberapa jalur karir yang bisa Anda tekuni.

Menjadi UI/UX Designer

Tentu saja hal ini akan menjadi pilihan yang paling utama. Banyak sekali startup dan perusahaan yang membuka lowongan untuk menjadi UI/UX Designer.

Menjadi UX Researcher atau UI Designer

Untuk perusahaan-perusahaan yang sudah besar, keduanya akan dipisah. Nah Anda bisa memilih untuk fokus bekerja di salah satunya. Jika Anda jauh lebih suka ke arah riset dan interaksi dengan manusia bisa ambil jalur UX Researcher. Sedangkan jika anda lebih suka mendesain dan berkreasi visual, bisa ambil jalur UI Designer.

Freelancer

Saat ini banyak yang menjadi freelancer UI/UX di situs-situs Upwork, Sribulancer, maupun di Dribble. Hal ini juga bisa menjadi pilihan karir yang menarik karena bisa bekerja darimana saja dan kapan saja.

Bangun startupmu sendiri

Jika Anda sudah bisa mempunyai skill User Interface dan User Experience Designer, Anda bisa berperan sebagai CCO ( Chief Creative Officer ) di startup Anda sendiri, maupun ketika Anda ditawari menjadi Co-Founder di startup teman Anda. Ahli User Interface dan User Experience merupakan salah satu komponen founder paling utama dalam membangun Startup teknologi.

Tantangan Terbesar Bagi Seseorang yang Berprofesi UI dan UX

Karena keduanya merupakan pekyang di mana seseorang harus mampu dalam mendesain, tantangan terbesarnya ialah, anda harus memiliki daya kreativitas yang cukup tinggi. Anda juga harus mengetahui bagaimana suatu gambar, warna, bentuk, font dan sebagainya dapat menjadi seragam dan jauh lebih indah dipandang mata para pengguna.

Selain membuat tampilan aplikasi atau tampilan website yang seragam dan enak dipandang, Anda juga harus bisa mengetahui bahwa tampilan yang telah Anda buat dapat mempermudah para pengguna yang jumlahnya mungkin bisa sampai ratusan bahkan ribuan.

Gaji dari Profesi UI dan UX

Gaji untuk profesi keduanya untuk setiap perusahaan berbeda-beda. Kalau anda me-apply di perusahaan yang bonafide, gaji seorang keduanya berkisar sekitar 6 juta hingga 14 juta rupiah per bulan. Tetapi, jika anda me-apply di perusahaan biasa, gaji seorang UI/UX berkisar sekitar 3.5 juta hingga tujuh juta.

Kesimpulan

Keduanya sama-sama bertugas untuk membuat user interface. Bagaimana semua elemen akan saling berhubungan dan menciptakan user interface yang efektif untuk digunakan. Penelitian adalah hal penting untuk dilakukan, baik untuk desain dan keduanya memerlukan informasi yang cukup untuk membuat web atau aplikasi yang efektif.

Baca juga artikel lainnya : Bedanya UX Designer Di Perusahaan IT Dengan Outsourcing






GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di