CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tok! MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65fe0a9775135dd6345e16/tok-ma-batalkan-kenaikan-iuran-bpjs-kesehatan

Tok! MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Tok! MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Jakarta - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan judicial review Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam putusannya, MA membatalkan kenaikan iuran BPJS per 1 Januari 2020.
Kasus bermula saat Komunitas Pasien Cuci Darah (KPCDI) keberatan dengan kenaikan iuran itu. Mereka kemudian menggugat ke MA dan meminta kenaikan itu dibatalkan. Gayung bersambut. MA mengabulkan permohonan itu.

"Menyatakan Pasal 34 ayat 1 dan 2 Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro saat berbincang dengan detikcom, Senin (9/3/2020).

Duduk sebagai ketua majelis yaitu Supandi dengan anggota Yosran dan Yodi Martono Wahyunadi. Menurut MA, Pasal 34 ayat 1 dan 2 bertentangan dengan Pasal 23 A, Pasal 28H dan Pasal 34 UUD 1945. Selain itu juga bertentangan dengan Pasal 2, Pasal 4, Pasal 17 ayat 3 UU Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

"Bertentangan dengan Pasal 2, Pasal 3, Pasal 4 tentang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial. Bertentangan dengan Pasal 5 ayat 2 jo Pasal 171 UU Kesehatan," ucap majelis.

Pasal yang dinyatakan batal dan tidak berlaku berbunyi:

Pasal 34

(1) Iuran bagi Peserta PBPU dan Peserta BP yaitu sebesar:
a. Rp 42.OOO,00 (empat puluh dua ribu rupiah) per orang per bulan dengan Manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.
b. Rp 110.000,00 (seratus sepuluh ribu rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II; atau
c. Rp 160.000,00 (seratus enam puluh ribu rupiah) per orang per bulan dengan Manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

(2) Besaran Iuran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2O2O.

Dengan dibatalkannya pasal di atas, maka iuran BPJS kembali ke iuran semula, yaitu:

a. Sebesar Rp 25.500 untuk kelas 3
b. Sebesar Rp 51 ribu untuk kelas 2
c. Sebesar Rp 80 ribu untuk kelas 1

https://m.detik.com/news/berita/d-49...rom=wpm_nhl_14

Batal yaaa.....mantap emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Halaman 1 dari 11
Akhirnya ada yg berani melawan rezim ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akedacoo dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wah bsa bangkrut nih negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 12 lainnya memberi reputasi
semakin minus dong bpjs emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 6 lainnya memberi reputasi
Yeay gajadi naik nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
Astajim berkat pembatalan kenaikan bpjs kaum buruh bisa ambil kredit motor ninja ya akhi emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akedacoo dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
waduh, kira2 berimbas ke pelayanannya ga ya emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pelayanan nya di naikin lah. Jangan bikin malu bangsa dan negara. Ayok menteri kaporit ane yu pasti bisa om, trust me emoticon-Motret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 4 lainnya memberi reputasi
turunin gaji direksi BPJS dan pemborosan lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akedacoo dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
makasih MA 😃
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane nyimak dulu
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan simsol... memberi reputasi
lha terus yang udah bayar selama 3 bulan gimana dong? ya sudah lah ikhlaskan saja..........semoga membantu bagi yang membutuhkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keputusan MA harus dihormati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
kasian dogter indon, sejak ada bpjs jadi susah kerjasama dengan farmasi. silahkan mewek terima nasibmu jadi buruh kesehatan emoticon-Leh Ugaemoticon-Wkwkwk

profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 6 lainnya memberi reputasi
seenggak nya sampai pandemik virus corona lewat lah kalo mau naikin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Kalo pemerintah ga mau devisit makin bengkak,
1.Pemerintah harus lebih tegas lagi sama penunggak iuran BPJS.
2.turunkan gaji pejabat BPJS ,
3.pendaftaran BPJS harus diperketat lagi,kalo bisa orang yang baru daftar ga bisa langsung digunakan.
emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer


Bat@!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
disedot.modot dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Minggir minggir juru kunci mau gembok thread duyu emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
arelio dan rizaradri memberi reputasi
GEMBOK emoticon-Selamat
Lihat 1 balasan
Quote:


Bahahahaemoticon-Ngakak
besoknya presiden buat perpres baru lagi, tetap aja iurannya nggak akan turun...
wah serius nih gan ? bakalan migrasi lagi ini mah .. emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di