CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Alat Ukur Cuaca Berkualitas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65f6c7a2d195095f4a6f8e/alat-ukur-cuaca-berkualitas

Alat Ukur Cuaca Berkualitas

Alat Ukur Cuaca Berkualitas

Fungsi Stasiun Cuaca
 

Cuaca adalah fenomena yang berhubungan dengan keadaan suhu, temperatur, udara dan kelembapan terhadap suatu daerah dan terhadap kurun saat tertentu. Keadaan cuaca ini umunya selamanya berubah-ubah, kadang terjadi kemarau, hujan, hingga turunnya salju.

 

Cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur : angin, air dan matahari, Matahari bisa menghasilkan energi untuk mengendalikan siklus daur air saat angin membawa awan dan awan mengandung uap air yang bergerak ke daerah yang lebih tinggi sehingga terjadi hujan.

 

Cuaca mempengaruhi kehidupan manusia, seperti halnya saat musim hujan, udara jadi dingin krena banyak mengandung uap air dan membuat sinar matahari menyusut intensitasya karena adanya awan dan air hujan.

 

Apa Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia?

1. Pakaian Yang Digunakan

Cuaca berpengaruh terhadap pakaian yang sering digunakan. Pada saat musim hujan, suhu udara akan jadi lebih dingin. Manusia pun butuh pakaian yang terbal untuk menjaga kehangatan yang dibutuhkan dan menghindari penyakit yanmg disebabkan oleh udara dingin.

 

2. Menjemur Pakaian

Cuaca berpengaruh terhadap kegiatan menjemur busana, setelah dicuci busana basah cepat kering karena terpapar sinar matahari yang banyak dibandingkan dengan cuaca mendung atau hujan tapi saat musim kering atau kemarau  air benar-benar sulit diperoleh.

 

3. Bercocok Tanam

Cuaca memicu kurangnya persediaan air karena air cepat menguap dan tanah menjadi kering hal itu bisa bedampak terhadap sektor perkebunan yaitu membuat tumbuhan yang membutuhkan tanah yang basah dan banyak air akan mudah mati.

 

Kesimpulannya hampir 50% aktivitas manusia berada diluar ruangan seperti rekreasi hingga bertani, hal inilah yang mudah terpengaruh oleh cuaca, jika cuaca itu cerah maka seluruh aktivitas dapat berjalan lancar tapi jika cuaca hujan atau ada badai pasti seluruh aktivitas di luar ruangan terhambat gara-gara hujan dan badai.

 

Tak terlepas berasal dari hal itu bahwa kita perlu mengamati situasi cuaca, sehingga kita bisa berhati – hati dan siaga untuk hadapi berbagai keadaan cuaca dan musim, jadi manfaat mengamati cuaca adalah Kita bisa menentukan apakah hari ini hujan atau tidak, apakah kita butuh payung atau jas hujan dan pastinya bisa terhindar berasal dari penyakit yang dipengaruhi perubahan cuaca.

 

Seiring berkembangnya zaman, teknologi sudah canggih dan sudah diciptakan alat khusus untuk memprakirakan cuaca. Alat itu adalah stasiun cuaca. Stasiun cuaca adalah alat instrument atau perangkat alat yang berfungsi sebagai pengamat situasi perubahan cuaca, iklim ataupun situasi atmosfer terhadap suatu wilayah tertentu.

 

Stasiun Cuaca Stasiun Cuaca milik BMKG di Bandung Alat ini bisa merekam perubahan cuaca berikut dan dijadikan kedalam wujud knowledge untuk diolah dan diteliti apakah pola angin, suhu dan pergerakan awan yang dapat memicu cuaca buruk atau dapat cerah.Hasil rekaman berikut yang bersifat knowledge dapat disimpan kedalam knowledge logger dan untuk dipelajari ulang oleh pengguna atau peneliti sebagai arsip.

 

Stasiun Cuacamembawa komponen-komponen yang digunakan untuk merekam cuaca.

Komponen-komponen berikut adalah:

-Data logger
-Sensors
-Cables Tripod or other mounting system
-Grounding
-Solar Radiation Shield
-Rain Gauge Smart
-Solar
-Panel

 


Cara kerja stasiun cuaca ini awalnya alat dapat mendeteksi adanya perubahan suhu, temperatur, angin dan intensitas sinar yang dipancarkan matahari , alat ini termasuk bisa mengukur takaran kelembapan terhadap lingkungan bebas.

 

Sensor pad alat ini dapat mendeteksi perubahan sekecil apa pun dan merekamnya secara otomatis, sesudah itu hasil knowledge disalurkan ke knowledge logger lewat kabel dan dapat diproses dengan mikroprosessor untuk menaruh knowledge yang sudah diproses ke di dalam wujud file “log”.

 

File log ini sudah bisa diubah ke di dalam wujud teks ataupun grafik yang nanti dapat ditampilkan di situs maupun gadget khusus yang membuka dengan alat stasiun cuacanya.

 

Dalam pengaplikasian alat ini, stasiun cuaca itu sendiri bisa termasuk digunakan sebagai pengamatan dan penelitian cuaca untuk pembelajaran. Selain itu, stasiun cuaca atau weather station ini bisa berguna sebagai penelitian cuaca untuk memonitor lebih dari satu bidang yang bergantung terhadap cuaca dan iklim seperti perkebunan , pertanian, klimatologi, metrologi, ekologi, hingga penerbangan atau penelitian udara lainya.

 

Semoga artikel di atas bisa bermanfat, jangan lupa mampir ke web Kami ya : http://www.anm.co.id/

 








GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di