CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Education /
Contoh Bacaan Dakwah Pelajaran Agama Materi Tentang Ibu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65f4cf0577a964ea04d940/contoh-bacaan-dakwah-pelajaran-agama-materi-tentang-ibu

Contoh Bacaan Dakwah Pelajaran Agama Materi Tentang Ibu

https://myokenewsit.blogspot.com/201...ran-agama.html

Bissmillahirohmannirohim.
Assallamuallaikum wr.wb

(Alhamdulillahi robill ‘aalamiin washolaatu wassalaamu ‘alaa Asyrofil anbiyaa i wal mursaliin, ammaa ba’du) 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT, karena Ia telah mentakdirkan dan menciptakan makhluk penyayang, yang menyayangi dan mengurus kita dari sejak kita membuka mata di alam dunia. Tiada lain makhluk itu adalah Ibu.

Tak lupa pula Sholawat dan Salam, semoga Alloh senantiasa mencurahkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta Keluarga dan Para Sahabatnya Yang mana Beliau adalah Nabi yang membawa syafaat Alloh. Dan mudah-mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatNya pula di Yaumil Akhir, Aamiin…Aamiin…Allahumma Aamiin.

Berbicara tentang Ibu, tentunya kita sering mendengar kisah tentang maling kundang bukan ? … Malin kundang yang dikutuk menjadi batu. karena apa teman ? ada yang tau ? ... yaa karena dia tidak mengakui pada sesosok wanita tua dan miskin, yang pada kenyataanya ia adalah ibu kandung malin kundang sendiri.

Ibu adalah orang yang paling banyak jasanya kepada kitaKita tidak akan sanggup menghitung jasa seorang ibu kepada kita. Jasa dan pengorbanan yang dilakukannya sedemikian besar, sehingga mustahil bagi kita untuk membalas jasanya.

Pengorbanan seorang ibu sudah dimulai sejak kita masih berada dalam kandungannya. Kita lihat saja sekarang, apa yang dialami oleh seorang wanita yang sedang mengandung. Dengan hati-hati seorang ibu akan berusaha untuk menjaga kandungannya supaya tetap sehat. Belum lagi kesibukannya yang lain, yang dilakukannya sambil membawa kita dalam rahimnya.

Pengorbanan yang paling besar adalah saat kita mau lahir. Perjuangan yang berat dilaluinya untuk melahirkan kita. Bahkan dia rela mengorbankan nyawanya agar kita dapat lahir dengan selamat. Saat kita masih bayi, kita dijaganya siang dan malam tanpa kenal lelah. Dua tahun kita disusuinya, hingga kita tumbuh sehat. Kita selalu dibimbingnya dengan sabar, tanpa mengeluh sedikitpun.

Jika kita renungkan lebih jauh, besarnya jasa seorang ibu tidak akan pernah dapat kita balas. Meskipun kita memberinya harta yang melimpah, memberikan perhatian yang banyak, namun jasanya tidak akan terbalas, sampai akhir hayat. Sayangnya, saat ini tidak sedikit anak-anak yang berani menentang orang tuannya. Jika keinginan tidak dapat dipenuhi, bermacam cara dilakukannya. Dan yang lebih sering menerima perlakuan yang tidak layak dari mereka adalah sang ibu. Bahkan ada yang tega menganiaya sang ibu, yang telah mencurahkan kasih sayangnya kepada mereka.

Fenomena seperti ini sudah banyak terjadi di sekitar kita. Meskipun demikian, seorang ibu tetap menunjukkan kasih sayangnya yang tiada terhingga. Layakkah kita membalas kasih sayang dan kebaikan ibu kita dengan perilaku yang menyakiti hatinya.

Karena itu dalam Al-Quranul karim, Allah SWT memerintahkan kita untuk berbakti kepada kedua orang tua kita, terutama kepada ibu kita. Hal ini terdapat dalam beberapa ayat, yaitu:

وَقَضَى رَبكَ أَلا تَعْبُدُواْ إِلا إِياهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِما يَبْلُغَن عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لهُمَا أُف وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لهُمَا قَوْلاً كَرِيمًا

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذل مِنَ الرحْمَةِ وَقُل رب ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبيَانِي صَغِيرًا

Artinya : Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu. Jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut di sisimu, maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak kedua-nya. Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasing sayang. Dan katakanlah, ‘Wahai Tuhan-ku sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil’ (QS Al-Isra’:23-24)

Sehubungan dengan jatuhnya tanggal 22 desember kemarin dalam memperingati hari ibu , marilah kita semua bersama-sama menyayikan lagu “kasih Ibu”

Kasih ibu ..

kepada beta ..

tak terhingga sepanjang masa ..

hanya memberi tak harap kembali ..

bagai sang surya menyinari dunia ..

bagai sang surya menyinari dunia ..

Marilah mulai sekarang kita rubah perilaku kita kepada orang tua kita, terutama kepada ibu kita menjadi lebih baik. Jangan lagi kita menyakiti hatinya, karena kita takkan pernah mampu membalas jasanya

Akhir kata, marilah kita mendoakan untuk seluruh ibu yang ada di seluruh dunia, agar ia mendapatkan kedudukan yang terbaik di samping Allah kelak. Amiiiiinnn

Robigfirlii waliwaalidaya warhamhumaa kamaa robayaanii soghiiroo.. walhmadullihi robil 'aalamin

wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh.

semoga bermanfaat teman, !!!

😉


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di