CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Setang Motor Matik Goyang? Coba Cek Bagian ini Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65f15b5cf6c45af90b4fc2/setang-motor-matik-goyang-coba-cek-bagian-ini-gan

Setang Motor Matik Goyang? Coba Cek Bagian ini Gan!


Agan dan Sista yang pake motor matic, pernah ngalamin setang motor goyang atau gak stabil? 

Biasanya ketidakstabilan ini terasa pada saat akan berbelok. Setang berasa lebih berat dan sudah pada saat belok. Dari beberapa info yang Ane peroleh, ternyata ada beberapa faktor yang bikin ini terjadi GanSis.

 Setang Motor Matik Goyang? Coba Cek Bagian ini Gan!

Segitiga garpu motor bengkok

Masalah yang pertama ini sebenarnya cukup jarang terjadi GanSis, apalagi pada motor – motor baru. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan oleh dua hal, yang pertama karena motor pernah tabrakan atau kecelakaan parah. Kedua, motor melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatatan tinggi. Kalau cuman sekali, mungkin ini belum berdampak GanSis, tapi kalau sering dilakuin, maka peluang terjadinya bengkok pada segitiga garpu motor akan semakin besar.

Stelan jari – jari velg tidak presisi

Stelan jari – jari pada velg motor juga bisa menjadi pemicu setang goyang GanSis. Jika stelannya gak presisi, maka akan menyebabkan ban menjadi oleng dimana ini akan berpengaruh pada handling setang. Untuk memperbaikinya, Agan dan Sista harus membawa motor ke bengkel khusus servis jari – jari velg unutk di setting ulang.

Laher roda depan rusak

Masalah pada laher roda depan bisa menjadi faktor setang motor tidak stabil. Jika laher ini aus, kering, atau pecah, maka akan membuat handling stang menjadi tidak stabil. Setang berat dan kesulitan saat belok menjadi dampak dari kerusakan pada laher Gansis. Agan dan Sista harus menggantinya jika sudah pecah atau memberi pelumas jika laher kering.

Komstir kering

Komstir menjadi salah satu bagian yang menentukan kenyamanan Agan dan Sista dalam berkendara. Apabila bagian ini kering, maka akan membuat setang menjadi berat dan oleng. Oleh karena itu cobalah untuk mengecek kondisi pelumas pada komstir. Umunya kekeringan ini bisa terjadi karena karat, hujan, atau karena memang udah waktunya untuk di servis.

Bola – bola besi komstir aus

Apabila pelumas pada komstir masih aman, tetapai setang tetap goyang, Agan dan Sista bisa melakukan pengecekan pada bagian bola – bola besi komstir. Bisa saja bagian perlu diganti karena sudah aus. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bunyi “tak – tak” pada saat setang digerakkan.

Kira – kira itulah penyebabnya kalau setang motor matik Agan dan Sista goyang atau tidak stabil. Saran Ane, jangan biarin kondisi seperti ini beberlanjut GanSis, karena akan berdampak kurang baik kedepannya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
surichi90 dan 2 lainnya memberi reputasi
kalo ane pernahnya bengkok gaaann gara gara ane pernah jatoohh... jadinya miring teruuss dan kaku stangnya emoticon-Frown
kalo misalkan stang.nya kya mau putus apa.nya ya gans.?
ohh begitu ya gan.. ane kaga paham soal motor.. tp nice info sih
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Wah nice info gaan, pas banget motor mio ane goyang goyang setangnya euy. Nanti ane cek kenapa jadi goyang
Wawww....

Mantap Sekali Informasi nya Gan..
Izin Menyimak nya ya Gan...
Semoga Bisa Bermanfaat...

Terus Berkarya ya Gan...emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
biasanya sih komstir kering
makanya harus sering sering cek ke bengkel ya gan, begitu ada yang gak beres langsung bawa ke bengkel
Quote:


Pasti bermanfaat gan
emoticon-2 Jempol
Jadi tau nih kendala apa aja di setang motor matic hehe
Quote:


Besok bawa ke bengkel gan
emoticon-Toast
Stir motor goyang..coba cek spionnya gan,kali aja miring..😁😁
Motor ane matic xeon, ga pernah jatuh selama ane yg bawa sih "ga tau kalau yg pinjem ya" setang suka goyang2 kalau jalan lurus kecepatan sedang 40km. Kenapa ya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di