CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Help, Tips & Tutorial Music /
Membedakan Gitar All Solid dan Top Solid
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65d049337f9312ca410650/membedakan-gitar-all-solid-dan-top-solid

Membedakan Gitar All Solid dan Top Solid

Pada dasarnya bodi gitar all solid seluruhnya terbuat dari papan kayu yg ditipiskan dan diberi perlakuan khusus seperti pengeringan, pengawetan, dll yg bertujuan untuk menghasilkan suara gitar yg merdu. Sedangkan bodi gitar top solid hanya bagian depan bodi saja yg terbuat dari papan kayu, pd bagian beck & side terbuat dari kayu laminasi atau triplek. Nah untuk gitar gitar top solid yg bagus, triplek yg digunakan untuk beck & side diambil dari gelondongan kayu pilihan yg diserut melintang dg perhitungan ketebalan tertentu.

Lalu bagaimana membedakan kedua jenis gitar ini saat kita membeli di music store?

Dari segi suara, gitar all solid tentunya harus memiliki kualitas suara yg lebih baik dri pd gitar top solid, tetapi tidak selalu gitar all solid memiliki kualitas suara yg lebih baik dr pd top solid. Gitar brand Yamaha top solid bisa jadi lebih baik kualitas suaranya jika dibandingkan dg gitar all solid buatan lokal, hal ini berkaitan dg pengalaman dan pengetahuan dari si pembuatnya serta kualitas dan perlakuan kayu yg digunakan.
Dari segi berat sebenarnya tidak terlalu terasa beda ketika kita menjinjing antara gitar all solid dan top solid, karena walaupun gitar all solid seluruhnya terbuat dari papan kayu utuh namun kayu tersebut sudah ditipiskan perhitungan yg matang dan sudah diperlakukan khusus mulai pengeringan, pengawetan, dll untuk menciptakan suara gitar yg merdu. Jika ada yg menjumpai gitar all solid terasa lebih berbobot saat dijinjing, hal itu patut dipertanyakan apakah si pembuatnya sudah memperhitungkan ketebalan dan tingkat kekeringan dari papan kayu yg digunakan?! Jadi klo ada anggapan gitar all solid terasa lebih berbobot atau berat ketika kita jinjing, hal itu tidaklah tepat.
Dari segi estetika ada yg mengatakan bahwa untuk membedakannya yakni dg cara melihat alur atau guratan kayu di bagian luar bodi gitar dg bagian dalam bodi gitar, jika di sisi yg sama tampak guratan yg sama maka itu adalah gitar all solid. Tapi ini juga kurang tepat karena gitar top solid pada bagian beck & side terbuat dri kayu laminasi yg berkualitas baik, guratan kayu juga tampak indah dan sama antara luar dan dalam bodi gitar.
Sebenarnya agak sulit membedakan secara kasat mata kedua jenis gitar ini. Yg bisa kita lakukan untuk memastikannya adalah dg melihat spesifikasi gitar tersebut.
Bagi saya all solid atau top solid tidak menjadi soal karena sebagai player yg diutamakan adalah kenyamanan bermain dg gitar tersebut serta nuansa dri suara gitar yg dihasilkan yg setiap player memiliki selera dan kebutuhan musiknya masing-masing.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di