CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Karesidenan Pati /
[COC Regional: Makanan Tradisional] Bubur Pelok: Sudah Punah, Miliki Segudang Manfaat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65ca04af7e93099a06e476/coc-regional-makanan-tradisional-bubur-pelok-sudah-punah-miliki-segudang-manfaat

[COC Regional: Makanan Tradisional] Bubur Pelok: Sudah Punah, Miliki Segudang Manfaat

Bubur Pelok, Bubur dari Biji Mangga dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan


[COC Regional: Makanan Tradisional] Bubur Pelok: Sudah Punah, Miliki Segudang Manfaat

Buah mangga menjadi buah populer yang banyak disukai karena memiliki rasa dan aroma yang lezat. Selain rasanya, ternyata kandungan vitamin dalam buah mangga juga baik untuk kesehatan, lho. Terutama kandungan vitamin C yang tinggi, mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sudah enak, banyak manfaatnya pula.

Ketika sedang musim buah mangga, buah ini banyak sekali tersedia baik di pasar tradisional, pasar buah, maupun supermarket. Bahkan dari pengalaman ane, satu pohon mangga bisa menghasilkan sampai 200 buah mangga selama musim mangga. Wah, banyak sekali ya. Buah sebanyak itu tentu saja akan menghasilkan limbah biji mangga yang banyak juga.

Pelok, begitu orang Jawa menyebut biji mangga. Selama ini orang-orang hanya menganggap pelok sebagai limbah yang berakhir di tempat sampah. Jarang sekali yang mengetahui bahwa pelok dapat dijadikan olahan yang nikmat dan bergizi.

Pada tahun 2000an, berdasarkan hasil browsing di internet, berbagai olahan pelok mulai populer. Dari mulai diolah menjadi tepung, kue, cendol, bahkan bubur. Jauh sebelum itu, Rusmini, nama mbah buyut ane, di tahun 80-90an telah lebih dulu mempopulerkan Bubur Pelok. Yap, bubur yang dibuat dari pelok (biji mangga).

Selama musim mangga, mbah Rus (panggilan untuk mbah buyut) selalu mengumpulkan bijinya untuk dikeringkan. Tujuan pengeringan biji ini agar cangkang bijinya mudah untuk dibuka. Setelah cangkang dibuka, bagian dalam (inti) dari biji mangga diambil. Inti-inti biji mangga tersebut diparut, kemudian diambil patinya. Pati ini lah yang dapat diolah menjadi bubur yang lezat. Namun setelah Mbah Rus meninggal, tidak ada lagi yang melanjutkan membuat bubur pelok. Sampai sekarang pun ane belum menemukan lagi bubur pelok tersebut, sehingga bisa dibilang makanan ini sudah punah.

Kini di tahun 2000an sudah banyak penelitian tentang biji mangga dan manfaatnya. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Claudia (2015), mahasiswi UGM, kandungan karbohidrat biji mangga mencapai 79,15%. Hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan pangan sumber karbohidrat lain seperti ubi jalar dan singkong. Biji mangga juga memiliki kandungan protein, lemak, mineral, dan zat fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin. Zat fitokimia ini lah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti yang telah dilansir oleh liputan6.com dan cnnindonesia.com beberapa manfaat biji mangga adalah sebagai berikut:

1. Mengontrol gula darah
2. Antioksidan dan anti inflamasi (Journal of Pharmaceutical Sciences and Research)
3. Antimikroba sehingga dapat mengurangi resiko diare (Journal of Ethnopharmacology)
4. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
5. Mengurangi obesitas
6. Menunda penuaan pada kulit, mengurangi bekas jerawat, dan menghilangkan komedo
7. Mencegah kerontokan rambut dan menghilangkan ketombe (Health Benefits Times)
8. Mencegah kanker
9. Menurunkan resiko penyakit cacing hati
10. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi
11. Mencegah gigi berlubang

Banyak sekali kan manfaat pelok/ biji buah mangga? Sayang sekali rasanya jika manfaat tersebut tidak kita dapatkan. Gimana Gan & Sis, tertarik untuk mencoba?

Sekian ulasan dari ane yang merindukan rasa bubur pelok. Semoga bermanfaat!



Sumber: opini & pengalaman pribadi, liputan6.com, cnnindonesia.com
Sumber gambar: google
profile-picture
profile-picture
evihan92 dan buruhrokok memberi reputasi
bagi agan & sista yang tau info dimana yang masih menjual bubur pelok ini boleh komen dibawah
semoga bermanfaat
terima kasih bagi yang bersedia mampir
jaman ane kecil dulu pernah bikin jenang pelok gan.
Dulu kita mainan pelok mangga ini, yg menang bisa dapat banyak. Kalo sudah terkumpul, peloknya kita buka lalu diambil isinya.
isi pelok tadi dicuci, dipotong kecil2, lalu dijemur sampe kering.
kalo sudah bener2 kering, lalu digiling dan siap dimasak.
cara masaknya gampang aja, cukup ditambahkan santan dan gula lalu diaduk2 di wajan sampai airnya habis dan terbentuk adonan spt pasta.
pasta ini bisa dicetak atau dituang ke loyang, biarkan sampai dingin, lalu potong2. Jenang pelok siap dihidangkan
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
pelok ( biji mangga ) ternyata berkhasiat emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
wah jadi penasaran sama bubur pelok
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
Quote:


Wahh, mantap nih. Mirip2 kayak gini juga mungkin ya buburnya. Sekarang udah gak ada lagi kan ya gan?
profile-picture
buruhrokok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iyes gan, silahkan dicoba konsumsi
Quote:


Cara satu2nya bikin sendiri. Karena udah gak ada yg jualemoticon-Big Grin
rasanya bijimane tuh gan emoticon-Matabelo
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
Quote:


Iya bener gan. Klo bubur dy makannya sama kuah santan
Quote:


Enak gan, rasa bubur pada umumnyaemoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di